Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas Dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas Dengan Mudah - Salah satu masalah yang sering dialami oleh motor adalah mesin yang cepat panas atau kepanasan. Walaupun telah menggunakan oli motor terbaik, terkadang masih ada faktor lain yang membuat motor cepat memanas, terutama untuk motor yang sering digunakan di kota-kota dan sering mengalami kemacetan. Selain berisiko terhadap kondisi mesin, overheating juga dapat mengganggu pengendara lain.

Mesin motor panas Bantuan pertama yang dapat Anda lakukan adalah mematikan mesin dan mendinginkannya. Namun, bagaimana jika ada kebutuhan mendesak yang tidak memungkinkan Anda untuk mendinginkan mesin terlebih dahulu? Anda bisa melakukan pencegahan. Ya, lebih baik mencegah daripada mengatasi, bukan? Simak selengkapnya dibawah ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga motor agar tidak cepat panas.

Cara Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas Dengan Mudah

Cara Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas Dengan Mudah yang Tidak Banyak Diketahui


1. Panaskan dulu sepeda motor

Sebelum berangkat, Anda harus memanaskan sepeda motor selama dua hingga tiga menit terlebih dahulu sehingga oli diedarkan dengan baik ke semua bagian mesin. Lebih baik menunggu dua hingga tiga menit daripada mengambil risiko di jalan, kan?

2. Pilih oli yang sesuai

Selain melindungi mesin, oli juga berfungsi untuk mengatasi masalah ini. Oli sangat berpengaruh untuk mengontrol suhu di ruang mesin. Oleh karena itu, wajib untuk memilih minyak yang tepat dan menggantinya secara teratur sehingga dapat bekerja secara optimal. Tidak perlu bingung memilih oli yang cocok dengan mesin sepeda motor Anda. Lihat saja manual penggunaan oli di sepeda motor. Sudah ada jenis oli yang sudah direkomendasikan dan sesuai dengan spesifikasi mesin untuk bekerja secara optimal.

3. Periksa pendinginnya

Cairan pendingin atau yang lebih dikenal dengan water coolant berfungsi untuk mendinginkan mesin saat dihidupkan. Jika cairan pendingin berkurang, tentu mesin akan lebih cepat panas. Karena itu sangat dianjurkan bagi pengendara untuk secara rutin memeriksa dan mengganti pendingin, terutama ketika jarak tempuh sepeda motor cukup jauh.

4. Periksa kinerja kipas radiator

Komponen ini juga perlu dipertimbangkan untuk mencegah terlalu panas pada sepeda motor Anda. Apalagi jika usia sepeda motor Anda sudah cukup tua, biasanya kinerja kipas radiator sudah berkurang sehingga suhu mesin menjadi lebih cepat panas.

5. Sesuaikan densitas piston

Posisi piston yang terlalu ketat bisa membuat piston dan piston tidak bisa bergerak dengan lancar sehingga menghalangi saluran pelumasan oli. Ini juga bisa membuat mesin cepat panas. Jika Anda tidak benar-benar memahami pengaturan piston yang sesuai dengan standar pabrik, Anda harus membawa sepeda motor ke bengkel terdekat.

Itulah Cara Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas Dengan Mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah motor terlalu panas. Saya harap ini membantu! Dan silahkan dishare.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas Dengan Mudah "