Langsung ke konten utama

11 Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku yang Paling Jitu

Kebiasaan menggigit kuku mungkin biasa dilakukan oleh anak-anak. Namun apa jadinya jika orang dewasa pun masih kerap melakukannya. Stikma kurang baik seperti jorok, kekanak-kanakan, dan kurang berwibawa akan melekat pada orang dengan kebiasaan yang satu ini.

Menggigit kuku biasa dilakukan saat merasa bosan, stress dan juga malu. Padalah kebiasaan gigit kuku ini bisa membahayakan kesehatan. Ada beberapa cara efektif  dan aman menghilangkan kebiasaan menggigit kuku yang patut Anda coba. Berikut ini cara dan tipsnya.

11 Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku yang Paling Jitu


Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku


1. Niat yang Kuat


Langkah awal dan yang paling penting adalah menanamkan niat yang kuat untuk berhenti. Keinginan dari dalam diri akan menjadi dorongan bagi Anda untuk tidak lagi melakukan kebiasaan gigit kuku. Sehingga Anda akan menjalaninya dengan ikhlas dan tanpa terpaksa. Karena sejatinya kebiasaan gigit kuku erat kaitannya dengan masalah mental.

2. Menatap Cermin


Cara yang amat mudah untuk dilakukan. Berdiri di depan cermin dan perhatikan diri Anda saat menggigit kuku. Pasti akan terlihat tidak menarik dan dapat merusak citra Anda. Menyadari hal tersebut pasti Anda akan berfikir dua kali saat akan melakukakan kebiasaan itu. Efeknya kebiasaan yang kurang baik itu dapat dikurang.

3. Identifikasi Masalah


Mengigit kuku bukanlah solusi dari masalah yang sedang dihadapai. Kebiasaan ini hanyalah pengalihan perhatiaan saat seorang sedang ada masalalah. Penting segera mengidentifikasi sumber masalah dan mencari solusi sebenarnya. Masalah umum yang menjadi penyebab adalah stress. Maka mencari solusi stress Anda berarti menghilangkan kebiasaan menggigit kuku.

4. Mengunyah Permen Karet


Saat mulut dan gigi Anda sibuk mengunyah permen karet maka tak ada lagi waktu untuk si kuku. Mengunyah permen karet bebas gula juga memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan bau mulut, menguatkan gigi dan rahang serta mengjauhkan stress. Jadi lebih baik alihkan kebiasaan gigit kuku dengan mengunyah permen karet.

5. Potong Pendek Kuku


Kuku yang panjang adalah tempat kuman dan bakteri bersarang. Memotong kuku hingga pendek selain baik untuk kesehatan juga akan menghindarkan Anda dari kebiasaan gigit kuku. Dengan memotongnya hingga pendek maka tak ada lagi bagian kuku yang bisa Anda gigit. Selain itu,  kuku yang pendek juga akan terlihat lebih bersih dan rapi.

6. Cat Kuku


Bagi seorang perempuan cara ini cukup efektif dilakukan. Membuat kuku tampil cantik dengan warna favorit adalah pilihan bagus. Bagi yang hobi menggigit kuku ini akan membuat mereka sayang untuk menggigit kuku mereka. Selain itu, menggigit kuku yang telah di cat akan memberi rasa pahit di mulut.

7. Memakai Lotion di Tangan


Cara menghilangkan kebiasaan gigit kuku selanjudnya adalah dengan memakai lotion pada tangan. Pemakaian lotion selain berfungsi melembabkan kulit tangan juga dapat mengurangi kebiasaan gigit kuku. Rasa pahit saat menggigit kuku akibat lotion akan membuat rasa yang tidak nyaman.

8. Alihkan Perhatian


Kebiasaan buruk menggigit kuku bisa Anda alihkan pada aktivitas lainnya yang lebih bermanfaat. Menggambar, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat sebagai pengganti kebiasaan gigit kuku. Mencari kesenangan lain dengan menyalurkan hobi, membuat Anda akan lupa kebiasaan gigit kuku.

9. Memakai Karet Gelang


Cara ini fungsinya hampir sama dengan penggunaan lotion di tangan. Aroma yang tidak enak dari karet gelang serta rasanya yang pahit saat terjilat akan membuat Anda enggan mendekatkan mulut dengan tangan. Karet gelang juga dapat menjadi hukuman saat Anda mencoba mengigit kuku. Setiap mencoba menggigit kuku, tarik karet gelang dan lepaskan sampai mengenai kulit. Rasa sakit yang ditimbulkan akan membuat Anda merasa kapok.

10. Mempercantik Kuku


Secara psikologis orang akan enggan merusak sesuatu yang terlihat indah. Begitu juga kuku. Kuku yang tampil cantik dan terawat akan sayang untuk digigit. Bagi para perempuan bisa mempercantik kuku ke salon dengan hiasan-hiasan lucu. Tak ada salahnya mencoba cara yang satu ini agar kebiasaan menggigit kuku dapat dihilangkan.

11. Memberi Hadiah


Catatlah seberapa sering menggigit kuku dalam sehari. Memberi hadiah kepada diri sendiri atau orang lain yang mampu mengurangi kebiasan tersebut dapat juga menjadi solusi. Hadiah kecil berupa permen atau coklat dapat Anda berikan. Pemberian hadiah akan memotivasi untuk terus berusaha mengurangi kebiasaan buruk ini hingga hilang.

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Tidur Setelah Shubuh untuk Kesehatan Tubuh

Sadar atau tidak sadar gaya hidup dengan kebiasaan menggigit kuku tidak lah baik dilakukan. Dari segi penampilan maupun kesehatan, kebiasaan ini akan merugikan Anda. Menghilangkan kebiasaan tersebut adalah solisi terbaik. 11 cara yang telah dijeaskan dapat Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan buruk gigit kuku.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …