Langsung ke konten utama

15 Kelainan Pada Retina Mata Paling Berbahaya

Kelainan Retina Mata - Retina adalah lapisan jarigan yang terdapat di bagian belakang mata, yang berfungsi untuk menerima cahay dan mengirim gambar ke otak. Jika retina terkena penyakit akibatnya akan berpengaruh buruk terhadap penglihatan seseorang. Bila anda mengalami perubahan saat melihat seperti penglihatan berkurang sebaiknya segera periksakan bisa jadi anda mengalami kelainan pada retina mata.

Kelainan pada retina mata memang sering di alami oleh orang dewasa tapi bukan berarti pada usia anak-anak tidak bisa terserang kelinan retina mata. Karena kelainan pada retina lebih sering di akibatkan oleh penyakit tertentu yang berhubungan dengan saraf-saraf retina bagian dalam. Seperti terkena diabetes yang menahun sehingga akan mengakibatkan kelainan pada retina mata. Berikut ini beberapa kelainan ratina mata yang sering terjadi :


Kelainan Retina Mata


1. Distrofi Retina Herediter


Hereditary retina dystrophies merupakan salah satu gangguan pada retina mata, yang mana penyakit ini merupakan kumpulan beberapa gangguana retina yang luas da di dapat secara genetik. Karena penyakit inilah anak-anak juga dapat terserang kelainan pada retina mata.

2. Ablasio Retina


Kelainan pada retina ini terjadi karena retina mengalami sobekan pada jaringan saraf, apabila sudah parah akan mengakibatkan lepasnya pelapisan retina. Sehingga seseorang akan mengalami kemunduran penglihatan parahnya lagi akan menjadikan keutaan pada seseorang. Kelainan retina seperti ini biasa terjadi pada penderita katarak yang masih dalam proses pemulihan pada operasi.

3. Infeksi Retina Mata


infeksi retina pada mata di sebt juga dengan endophthalmitis yang mana mata anda sedang terkena bakteri atau mikroorganisme melalui aliran darah yang mengalir menuju retina. Akibatnya orang yang mengalmi infeksi pada retina akan mengalami kebutaan ketika saat malam hari.

4. Degenerasi Makula


Degenerasi macula adalah penurunan kuantitas dan kualitas retina dalam menangkap cahaya dengan cepat dan benar. Biasanya keadaan seperti ini terjadi pada seseorang yang mengalami lanjut usia. Kondisi medis kronik tidak dapat di perbaiki dan dapat menghilangkan central karena kerusakan macula atau bagian retina.

5. Retinis Pigmentosa


Retinitis pigmentosa dapat menurunkan kualitas penglihatan ata ketika malam, orag yang mengalami retinitis pigmentosa di sebabkan karena kemunduran kekuatan saraf secara progresif pada retina mata karena hantaman benda yang tajam. Retinitis pigmentosa juga bisa terjadi akibat keturunan, beberapa betuk penyakit ini diturunkan secara dominan dan hanya karena 1 gen dari orang tua.

6. Retinopati Diabetes


Retinopati diabetes disebabakn karena penyempitan vena secra bertahap yang di karenakan oleh penumpukan gula darah yang menegndap di dalam pembuluh darah atau arteri retina mata. Pada orang yang mengalami retino diabetes biasanya akan mwngalami penglihatan sangat pendek dan sangat kesulitan ketika melihat jarak yang jauh.

7. Retinopati Diabetik


Retinopati merupakan kondisi penyakit yang di sebabkan oleh diabetes mellitus dan dapat merusak pada pembuluh darah retina. Retinopati Diabetik dapat meneybabkan retina menjadi bengkak atau terdapat kapiler darah tidak normal yag pecah sehingga membuat pandangan menjadi kabur. Jika pandangan sudah mulai terganggu tetapi tidak segera mengambil tindakan untuk segera di obati akan mengakibatkan kebutaaan.

8. Retinopati Hipertensi


Retinopati hipertensi adalah kerusakan yang terjadi pada retina mata yang di sebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi. Akibatnya dindingnya bisa mengalami penebaan yang menyerupai plak dan membokir asupan darah berisi oksigen yang mengatur ke retina. Untuk memastikan orang mengalami retinopati hipertensi atau tidak bisa melakukan pemeriksaan yang di namakan funduskopi direk.

9. Kerusakan Pembuluh Darah


Jika pembuluh darah mengalami kerusakan atau pernah mengalami kerusakan akan mengakibatkan retina mata menjadi tidak normal seperti pada umumnya. Hal ini di sebabakan karena pembuluh darah sehingga pasokan darah akan kesulitan untuk berisikan oksigen. Sehingga akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menuju retina mata. Pendarahan ini akan menjadikan pandangan menjadi kabur dan buram.

10. Retinopati Arteriosklerotik


Keadaan seperti ini di akibatkan oleh arteri-arteri kecil yang membawa darah ke mata mengalami penyumbatan parsial di karenakan dindingnya yang menebal. Pembuluh darah yang menebal dapat terlihat dengan menggunakan oftalmoskop. Pembuluh darah darah itu sendiri memang tidak menyebabkan gangguan penglihatan tetapi ini merupakan petunjuk jika bagian tubuh anda mengalami ketidak sehatan.

Kelainan Retina Mata Lainnya :


11. Penyumbatan Vena Retina
12. Retinopati Non-proliferatif
13. Repilopati Proliferatif

Jika anda mengalami gangguan penglihatan seperti di atas bisa jadi anda mengalami kelainan pada retina mata. Ketika anda mengalami hal yang demikian hendaknya segeralah berobat ke dokter, karena jika hal ini terus anda biarkan bisa jadi lama-kelamaan anda mengalami kebutaan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …