Langsung ke konten utama

8 Efek Buruk Tidur di Pagi Hari yang Berbahaya untuk Kesehatan

Istirahat jelas merupakan kebutuhan setiap manusia. Beristirahat biasanya orang melakukan aktivitas berupa tidur. Secara umum bagi orang dewasa kebutuhan tidur setiap hari membutuhkan waktu 6 – 8 jam. Istirahat yang cukup ini akan membuat seseorang kembali bertenaga dan fresh.

Kualitas tidur juga berpengaruh akan hal tersebut. Namun, bagaimana jika seseorang tidur sampai berlebih hingga pagi hari masih berlanjut? Apakah ada bahayanya bagi kesesehatan jika kebiasaan ini terus berlanjut sepanjang hari?

8 Efek Buruk Tidur di Pagi Hari yang Berbahaya untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa bahaya bagi Anda yang melakukan aktivitas tidur di pagi hari :

1. Terganggunya Proses Metabolisme


Metabolisme seseorang tidak akan berproses jika seorang tersebut sedang tidur. sama halnya jika seseorang tidur di waktu pagi hari. Ada Gangguan yang biasanya terjadi berupa proses metabolisme untuk memecah lemak dalam tubuh. Seseorang yang tidur dipagi hari dan tidak melakukan aktivitas seperti berolah raga atau sarapan akan menyebabkan gangguan tersebut. Metabolisme tubuh akan berjalan lambat dan terganggu. Lebih baik, dipagi hari Anda usahakan bangun untuk melakukan beberapa olahraga kecil karena dengan olahraga rutin, proses metabolisme tubuh Anda akan berjalan baik akibat pembakaran dan mengeliuarkan keringat.

2. Tubuh Terasa Tidak Segar


Berbeda dengan seseorang yang bangun dipagi hari. Orang yang lebih bangun awal akan merasa tubuhnya segar. Berbeda dengan orang yang bangun terlalu siang. Biasanya gangguan ini terjadi pada area tubuh Anda. Anda akan merasa layu dan lemas bahkan sampai pada pegal pegal. Inilah yang menyebabkan Anda menjadi malas melakukan aktivitas dan seraya tubuh Anda tidak segar. efek lainya adalah tubuh terasa lesu dan Anda mudah lelah.

3. Malas Bangun


Ya, akibat Anda bangun kesiangan atau tidur dipagi hari, tubuh Anda akan merasa lebih nyaman dan Anda malas untuk bangun. Resiko ini akan mengganggu aktivitas Anda jika dalam keadaan penting. Hal lain yang menyebabkan Anda bangun malas adalah mata Anda terasa layu akibat sudah terkena sinar matahari yang terik. berbeda dengan waktu pagi hari, Anda lebih tenang dan nyaman karena proses adaptasi mata dengan matahari berjalan beriringan.

4. Lesu


Seperti yang dikatakan diawal tadi bahwa bangun kesiangan atau Anda tidur dipagi hari dapat mengakibatkan Anda merasa tidak segar. Hal ini di tunjukkan oleh tubuh Anda yang merasa lesu. Persendian Anda terasa sakit dan pegal pegal. Anda akan lebih condong untuk tidur seharian tanpa melakukan hal apapun. Hal ini berkaitan proses energi yang diolah tubuh berjalan lambat. Sehingga Anda merasa lelah dan lesu padahal tidak melakukan hal apapun.

5. Pusing


Kemungkinan yang biasa dialamiseseorang ketika tidur dipagi hari atau bangun kesiangan adalah kepala Anda. Sakit dan pusing biasanya melAnda Anda jika melakukan hal demikian. Kepala yang sakit dan pusing akan mengganggu aktivitas Anda.

Anda akan merasa mudah stres dan suasana hati yang tidak stabil. sakit kepala ini akibat cairan yang bernama serebrospina terus mengalir ke otak Anda pada waktu tidur. Jika Anda tidur dalam waktu lama, maka cairan ini akan terus mengalir pada kepala Anda yang mengakibatkan pusing.

6. Mengakibatkan gangguan pencernaan


Normalnya setiap orang tidur di waktu malam hari. Sehingga setingan proses metabolisme dan sistem organ dalam akan mengatur kesesesuainya pada tubuh Anda ketika malam hari. Jika Anda melakukan aktivitas tidur di pagi hari, kemungkinan terkena gangguan pencernaan bisa terjadi pada Anda. Sebab, diwaktu pagi hari tubuh akan memproses penyerapan makanan untuk diubah menjadi energi dan membuang sisa makanan melalui fases.

Jika Anda tidur, maka sistem kelancaran pembuangan sisa makanan Anda akan terganggu sehingga adanya resiko susah BAB, sembelit sampai diare dapat menyerang Anda. Usahakan Gunakan waktu pagi Anda untuk sarapan pagi karena itu lebih bermanfaat ketimbang tidur.

7. Resiko Terkena penyakit kanker


Kanker yang terjadi pada Anda ketika sering tidur di pagi hari dapat  terjadi pada darah Anda. Hal ini terjadi akibat darah akan mengalir kemana saja akibat ketinggian yang sama pada saat posisi tidur. apalagi, pada saat Anda bangun tidur, kenaikan sel darah putih pada tubuh berbahaya untuk Anda. terlalu sering melakukan aktivitas tidur dengan kendala seperti diatas Anda akan beresiko terkena kanker darah. Sehingga akan berakibat pada cuci darah. sangat mengerikan bukan

8. Resiko diabetes


Kurangnya aktivitas Anda karena terlau sering tidur dipagi hari menyebabkan penyakit ini. Anda akan berangsur gemuk dan menjadi pemalas. Sehingga energi yang di proses tidak terpakai dan terjdi penumpukan lemak. Apalagi Anda tidur setelah makan, akan lebih memicu penyakit diabetes ini.

Baca Juga: 5 Dampak Berciuman dengan Perokok yang Perlu Diwaspadai

Lebih baik Anda mengubah pola tidur Anda untuk berisitirahat lebih awal di malam hari agar keesokan harinya mampu bangun dengan segar dan lebih menyehatkan bagi Anda. Gaya hidup dengan pola tidur yang benar tentunya akan membuat hidup Anda menjadi lebih sehat.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …