Langsung ke konten utama

22 Tips Menghilangkan Ngantuk ketika Bekerja saat Siang Hari

Seorang saat bekerja baik siang atau malam pasti mengalami kendala. Selain masalah kerjaan, ternyata kendala seperti mengantuk bisa mengakibatkan pekerjaan Anda terganggu. Kondisi mengantuk yang tidak tertahankan membuat Anda semakin malas dalam bekerja.

Kepala Anda kemudian menjadi pusing dan fokus akan hilang. Kerjaan banyak dengan kondisi demikan pasti membuat Anda stres. Tapi tenang, ada cara ampuh menghilangkan rasa kantuk saat bekerja. Jadi tidak usah khawatir mengenai premasalahan ini, ikuti langkah di bawah ini maka kantuk Anda dalam bekerja akan sirna.


21 Tips Menghilangkan Ngantuk ketika Bekerja saat Siang Hari

1. Mencuci Muka


Cuci muka merupakan alternatif pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk. Sensasi segar air memberikan efek rileks dari otot tegang Anda. Relaksasi ini membuat aliran darah Anda normal kembali dan Anda pun bisa beraktivitas kembali secara normal. Efek dari membasuh muka tidak sepenuhnya menghilangkan rasa kantuk secara permanen.  Tetapi bisa dijadikan alternatif yang cukup efektif menghilangkan mengantuk sesaat.

2. Jalan-jalan

Jalan-jalan sedikit juga membantu Anda mengurangi rasa mengantuk. Jalan jalan ini mampu membantu meregangkan otot segaligus membuat Anda fres. Kepenatan dalam kantor membuat Anda boring dan stres. Ini yang kerap kali membuat Anda mersa mengantuk saat bekerja. Luangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk berjalan jalan keluar agar Anda menghirup udara segar sebagai nutrisi otak Anda.

3. Tidur cukup di malam hari


Usahakan Anda tidur cukup pada waktu malam hari. Kebiasaan begadang yang membuat waktu tidur Anda terpotong menyebabkan gangguan pada siang hari. Rasa mengantuk pada waktu siang hari akan menyebabkan Anda terganggu aktivitasnya. Kurangi kebiasaan begadang Anda apalagi enikmat kopi yang sering melakukan aktivitas malam hari dengan nongkrong atau jalan jalan.

4. Streching


Streching atau sering dikenal sebagai pelemasan otot perlu Anda lakukan sebagai upaya menghilangkan rasa mengantuk Anda. cukup dengan meregangkan lengan dan kaki serta lakukan lari lari kecil disekitar  meja tempat kerja Anda sudah cukup untuk menghilangkan rasa mengantuk.

5. Ubah posisi kerja


Mengubah posisi adalah alternatif yang cukup sering dicoba dan berhasil. Mengubah posisi duduk saat bekerja akan membuat suasana hati dan pikiran Anda lebih fresh. Ketika otak Anda merasa demikian maka aliran darah akan lancar dan tidak menyebabkan Anda mengantuk.

6. Main gadget


Bermain gadget juga efektif menghilangkan rasa mengantuk Anda. Beberapa game dan aneka media sosial dapat dijadikan alternatif bagi Anda untuk menghilangkan rasa bosan yang berakibat pada rasa mengantuk. Tetapi batasi memainkan gadget Anda jangan terlalu keasyikan.

7. Tidur sejenak


Tidur sejenak juga efektif bagi Anda mengurangi permasalahan mengantuk saat bekerja. Hal ini dapat dilakukan jika Anda tidak bisa menahan rasa mengantuk yang luarbiasa. Karena hal ini mampu membuat Anda merasa lebih baik daripada menahannya. Cukup merebahkan badan 10-15 menit saja sudah cukup untuk mengumpulkan tenaga.

8. Canda dengan teman kerja


Bercanda dengan rekan kerja juga mampu menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda hanya terdiam saja maka mengantuk akan terus menghantui Anda. lakukan cAndaan dengan teman atau rekan kerja Anda dengan guyonan atau cerita lucu. Relaksasi dari ketawa akan membawa hormon baik untuk perasaan Anda dankembali semangat bekerja.

9. Ngemil


Makan makanan ringan juga membantu Anda mengurangi permasalahan mengantuk disiang hari saat bekerja. Beberapa orang condong kepada makanan yang memiliki rasa pedas karena membuat mata Anda melek akibat kepedasan.

10. Tonton video


Menonton video lucu ini dimaksudnkan untuk menjaga suasana hati Anda agar tetap bergembira dan terhibur. Kesegaran yang bisa ditimbulkan oleh perasaan senang mambu merespon hormon pada otak sehingga ras mengantuk berangsur pudar.

Baca Juga: 7 Efek Samping Sering Mengonsumsi Santan untuk Tubuh

Dari penjelasan ini masih lagi alternatif cara menghilangkan rasa mengantuk saat siang hari dan dikala Anda bekerja. Beberapa diantaranya adalah:


Tips Menghilangkan Ngantuk Lainnya


11. Menari
12. Menyalakan Musik
13. Mendinginkan Kepala
14. Meminum Air putih
15. Meminum Kopi
16. Mengatur pernafasan
17. Memancing otak bekerja lebih
18. Mebersihkan meja kerja
19. Memakai wewangian
20. Meminum Teh panas
21. Browsing
22. Memacu adrenalin

Semoga alternatif mengatasi permasalahan mengantuk saat Anda bekerja ini dapat dijadikan upaya yang efektif untuk Anda yang mengalaminya. Lebih baik, atur pola tidur, gaya hidup, dan istirahat Anda karena itu lebih berpengaruh pada kebugaran Anda saat bekerja.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …