Langsung ke konten utama

28 Tanda Tanda Anemia Berat dan Ringan Wajib Diketahui

Tanda - Tanda anda Anemia Berat dan Ringan - Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah. Anemia ini mampu mengakibatkan daya tahan tubuh penderita menurun, karena metabolism di tubuh menurun dan ketahanan tubuh menurun. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang sangat membahayakan. Bahkan dengan adanya anemia memungkinkan untuk seorang terserang penyakit-penyakit lainnya dikarenakan anemia tersebut.

Tanda Tanda Anemia, Gejala Anemia, Penyebab Anemia, Cara Mengobati Anemia


Gejala anemia tentunya sangat menggangu aktifitas manusia, gejala tersebut masuk kedalam gejala yang ringan, akan tetapi pada gejala yang berat dapat berujung hilangnya kesadaran, bahkan menuju kematian hal tersebut tidak dapat disepelekan mengingat anemia menyerang darah, yang menjadi pusat pengangkutan oksigen dan nutrient serta zat sisa di dalam tubuh. Berikut ini merupakan tanda tanda anemia berat dan ringan yang wajib diketahui.

1. Lelah berlebih


Lelah berlebihan  memang merupakan salah satu tanda tanda anemia yang akan dirasakan oleh penderita . Karena anemia akan mengurangi asupan darah yang membawa oksigen menuju seluruh tubuh dan otak, Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah yang mengangkut kedua zat tersebut.

2. Mual


Mual disebabkan oleh kondisi syaraf yang memicu untuk memuntahkan makanan dalam perut, hal ini dipicu sebagai respon penolakan dalam tubuh dan bentuk kekurangan oksigen, anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah, sel tersebut yang menjadi agen pengangkut dalam tubuh maka dapat dipastikan kekurangan oksigen akan menyebabkan mual..

3. Cepat marah


Cepat marah dapat menjadi salah satu pertanda dari seorang yang menderita darah tinggi namun ternyata tidak hanya itu saja, anemia atau kekurangan darah pun mengakibatka cepat marah, Hal ini tentu saja, saat seorang terkena anemia dia akan merasakan kelelahan. Kelelahan itu akan mengganggu konsentrasi penderita, sehingga akan mengakibatkan penderita sulit mengontrol amarah..

4. Perut nyeri


Perut nyeri merupakan respon terhadap kurangnya asupan oksigen di otot bagian perut yang menyebabkan otot menjadi terus berkontraksi tanpa bisa kembali relaksasi sehingga menimbulkan sensansi yang nyeri.

5. Denyut jantung tidak teratur


Anemia dapat memicu penyebab penyakit jantung. denyut jantung yang tidak teratur. Untuk itu hal ini perlu diatasi dengan baik seperti melakukan olahraga dan melakukan aktivitas lainnya untuk melatih jantung bekerja dengan normal lagi, selain olahraga diperlukan juga supan nutrisi yang cukup untuk membentuk sel darah merah.

6. Tangan mudah berkeringat


Tangan mudah berkeringat ini sejatinya merupakan tanda-tanda dari penyakit jantung koroner namun dapat juga menjadi tanda dari anemia. Saat anemia jantung tidak dapat berfungsi dengan baik, itulah mengapa menjadi mudah lelah atau yang sering menyerang penderita.. Jika hal ini sudah terjadi maka bukan penyakit anemia lagi yang diderita tetapi akan mengakibatkan penyakit jantung.

7. Pucat pada kelopak mata


Pada orang yang mengalami anemia akan memperlihatkan matanya yang pucat. Hal ini pun dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang asupan oksigen karena sel darah merah pembawa oksigen berkurang  sehingga ia akan  menampakkan pucat pada bagian bawah matanya itu terutama pada bagian kelopak mata,.

8. Wajah pucat


Ciri utama pada anemia adalah pucat, hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen menuju wajah yang menyebabkan wajah terlihat pucat, apabila dibiarkan akan menyebabkan sel sel kulit wajah menjadi mati dan menua.

9. Ujung jari pucat


Pada bagian ujung jari akan mengalami gangguan yaitu memucat. Seperti halnya orang yang kedinginan terlalu lama, maka tangan akan tampak mati dan putih. Hal ini disebabkan oleh kurang asupan oksigen dalam darah yang diedarkan menuju jari.

10. Kekebalan tubuh menurun


Anemia akan menyebabkan kekebalan tubuh menjadi menurun, pada beberapa kondisi anemia menyebabkan rendahnya metabolisme tubuh. Tentu karena anemia ini menyerang sel darah merah yang mengakibatkan darah merah tidak dapat memfungsikan fungsinya dengan baik, yaitu menyebarkan darah ke seluruh tubuh. Sehingga memicu lemahnya kondisi antibody dalam tubuh


Baca Juga: 17 Makanan Sehat untuk Anemia yang sangat dianjurkan

Tanda Tanda Anemia Berat dan Ringan Lainya :


11. Rambut rontok
12. sakit kepala
13. Nyeri dan pegal pada leher
14. sesak nafas
15. Nafsu makan berkurang
16. Konsentrasi menurun
17. Lidah terasa kering
18. Kuku terasa sangat rapuh
19. Luka sulit sembuh
20. Sering pingsan
21. Terkadang tidak sadar
22. Insomia
23. Stress
24. Selaput merah pada mata menjadi pucat
25. Telinga berdengung
26. Masalah haid
27. Elastisitas kulit menurun
28. Menjadi pendiam

Baca Juga: 30 Penyebab dan Gejala Anemia yang Wajib Diwaspadai




Tanda tanda anemia diatas dapat dideteksi dengan dini sehingga kamu dapat mencegah sejak dini sebelum masuk ke stadium lanjutan. Ketika mencapai stadium lanjut penyakit anemia  dapat menjadi sesuatu yang mematikan. Sayangi dirimu karena harta yang paling berharga adalah kesehatan. Anda juga dapat melihat jenis penyakit yang perlu diwaspadai.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …