Langsung ke konten utama

34 Penyebab dan Gejala Bibir Hitam

Bibir juga memiliki melanin yang sama dengan kulit walaupun jumlah melanin dari bibir tidak sebanyak kulit. Dan sama seperti kulit bibir juga memiliki jumlah pigmen dengan warna yang alami karena memang warna dari bibir dan juga adalah factor genetic. Akan tetapi, bibir ini memiliki lapisan kulit yang sangat tipis jika di bandingkan dengan kulit lainnya seperti wajah. Dan karena itulah pembuluh darah yang ada di dalam tubuh akan semakin terlihat dan sehingga memberikan warna pada bibir seperti merah muda dan juga warna merah.

Perlu Anda ketahui bahwa bibir juga dapat menjadi hitam dan tentu saja hal ini sangat membuat penderita bibir hitam tak akan lagi dapat percaya diri di khalayak umum dan bibir hitam ini juga adalah salah satu indikasi dari berbagai macam masalah pada kesehatan yang ada pada tubuh si penderitanya. Akan tetapi, banyak dari penderita yang tidak tahu mengenai penyebab dari bibir hitam sehingga hal ini tentu saja akan membuat penderita akan semakin tidak berhati- hati dalam memilih makanan dan minuman dan juga menjaga kesehatannya. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari masalah bibir hitam.


Gejala Bibir Hitam :


1. Bibir sering mengelupas
2. Bibir kering
3. Mulut terasa pahit
4. Bibir akan sering berdarah
5. Kulit bibir juga akan sering mengelupas

Beberapa Penyebab Bibir Hitam yang harus Anda ketahui...

1. Panasnya terik matahari


Untuk penyebab yang pertama adalah dari terpaparnya sinar matahari yang sangat panas. Dan bibir yang hitam akibat paparan sinar matahari memang menjadi salah salah factor apalagi jika Anda adalah seseorang yang sangat aktif di luar ruangan. Sangat disarankan kepada Anda untuk menggunakan lips balm yang dapat melindungi bibir Anda.

2. Seringnya pakai lipstik


Banyak dari wanita yang tidak menyadari bahwa dengan terlalu sering menggunakan lipstick dapat membuat bibir lebih mudah menghitam. Padahal banyak sekali wanita yang sangat menyukai dan sangat sering menggunakan lipstick untuk menunjang penampilan. Lipstick memiliki kandungan paraffin dan juga logam yang membuat kesehatan bibir menghilang. Sebenarnya tidak papa menggunakan lipstick akan tetapi, juga harus membersihkan lipstick dari bibir dengan bersih.

3. Kebiasaan merokok


Merokok adalah salah satu penyebab dari bibir hitam akan tetapi, masih saja yang banyak yang memiliki kebiasaan merokok. Dan tidak hanya dapat membuat bibir menjadi menghitam, dengan kebiasaan yang sering merokok akan membuat organ yang ada di dalam tubuh menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

4. Mengeringnya bibir


Kelembapan dari bibir juga mejadi indikasi bahwa bibir masih sehat dan jika Anda merasakan bahwa bibir Anda mengering maka dapat di pastikan jika itu adalah penyebab dari bibir yang menghitam.

5. Kebiasaan menggigit bibir


Penyebab bibir menjadi hitam yang selanjutnya adalah penderita memiliki kebiasaan untuk menggigit bibir. Pada umumnya penderita yang akan menggigiti bibir jika mengalami kecemasan, khawatir dan juga takut

6. Konsumsi teh dan kopi


Kemudian penyebab yang selanjutnya adalah penderita sering mengkonsumsi teh dan juga kopi. Karena kandungan kafein yang terdapat di teh dan juga kopi sangatlah tinggi sehingga akan merusak warna pigemn pada kulitnya. Dan sangatlah di anjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi kafein.

7. Kurang buah


Untuk yang selanjutnya adalah penderita kekurangan asupan buah- buahan untuk tubuh. Hal ini tentu sangatlah penting karena mengingat buah- bauahan sangat banyak yang mengandug vitamin C yang dapat memerahakan bibir dan juga menyehatkan bibir. Selain dapat mengatasi bibir hitam, vitamin C juga dapat memperkuat system imun.

8. Alergi


Penyebab yang selanjutnya adalah, penderita mengalami alergi seperti alergi kosmetik misalnya. Karena jika tidak cocok dengan kosmetik yang digunakan tentu akan sangatlah fatal. Banyak sekali bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik, dan untuk itu Anda pun harus hati- hati dalam memilih.

9. Kurang nutrisi


Kekurangna nutrisi yang ada di dalam tubuh juga dapat membuat bibir menjadi hitam. Biasanya orang yang kekurangan nutrisi adalah orang yang melakukan progam diet yang sangat ketat, sehingga tubuh kekurangan asupan nutrisi yang biasa di peroleh melalui makanan sehari- hari.

10. Keadaan tubuh menua


Kemudian yang terakhir adalah adalah karena factor umur dan ini biasanya di sebabkan karena aktivitas hormone yang tidak seperti dulu. Karena jika usia yang semakin tua akan membuat esterogen yang ada pada wanita menurun.

Baca Juga: 21 Penyebab dan Gejala Sirosis Hati

19 Penyebab Bibir Hitam Lainnya :


1.Konsumsi obat
2.Keturunan biologis
3.Konsumsi Alkohol
4.Konsumsi Narkoba
5.Anemia
6.Kedinginan
7.Sering begadang
8.Kurangnya istirahat
10.Kurangnya tidur
11.Kurang minum
12.Karena darah mengakir tidak lancar
13.Menggunakan lipstick bermercury
14.Kebanyakan merokok
15.Faktor genetik
16.Sering menggunakan lipstik
17.Kurangnya oksigen
18.Kurangnya vitamin
19.Tidak segera diobati.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda. Silahkan membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …