Langsung ke konten utama

16 Obat Eksim Tradisional, Alami dan Herbal Paling Mujarab

Obat Eksim Tradisional - Penyakit eksim merupakan salah satu gangguan pada tubuh yaitu kulit. Jika seseorang terserang oleh penyakit ini, biasanya di tandai berbagai macam gangguan pada kulit seperti munculnya benjolan-benjolan kecil, berubahnya warna pigmentasi, kulit berwarna kemerahan, mengerasnya kulit tubuh, gatal-gatal, gelembung yang ber air dan banyak juga yang lainya.

Obat Eksim Tradisional, Obat Eksim Alami, Obat Eksim Herbal, Obat Eksim Kering, Obat Eksim Basah


Berbicara tentang eksim bisa di akibatkan dari berbagai macam elemen. Penyakit ini pada umumnya oleh masyarakt di kenal dengan alergi pada kulit tubuh seseorang. Penyebab alergi ini juga bisa di sebabkan oleh berbagai hal, salah satunya alergi terkena paparan cahaya matahari dan bisa juga alergi karena makanan. Penyakit tersebut dapat semakin parah di sebabkan karena beberapa faktor udara dingin, terkena debu dan lain sebagainya. Berikut inilah berbagai obat eksim tradisional dan alami sangat aman untuk dicoba.


1.  Kunyit dan asam jawa


Obat eksim alami yang pertama anda bisa munggunakan kunyit dan asam jawa di campur aduk menjadi satu.  Hal ini di sebabkan karena ke dua bahan tersebut mengandung nutrisi ynag sangat banyak, sehingga baik untuk menyehatkan kulit. Cara menggunakanya, siapkanlah 2 kunyit serta satu buah asam jawa. Kemudian tumbuklah sampai halus, lalu oleskan pada kulit yang terserang eksim. Anda bisa melakukanya 2 kali sehari secara rutin.


2. Belerang dan bengkuang


Selain kunyit dan asam jawa anda bisa memperpadukan belerang dan bengkuang. Belerang merupakan salah satu bahan alami yang di gunakan  orang zaman dahulu untuk mengatasi segala penyakit luar, dan hal ini tentu sudah di percaya kemampuanya. Bengkuang mengandung vitamin serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Cara untuk mengobati eksim anda tinggal menghaluskan belerang, bengkuang dan minyak kelapa kemudian campurlah setelah itu oleskan.

3. Daun sambiloto dan temulawak


Selanjutnya anda bisa juga menggunakan daun sambiloto dan temulawak, bahan ini merupakan salah satu bahan tradisional yang dapat anda gunakan untuk mengobati eksim. Siapkanlah 5 rimpang temulawak serta satu genggam daun sambiloto. Rebuslah semua bahan ini dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Minumlah ramuan tersebut secara teratur untuk kesembuhan eksim anda.

4. Biji mahoni


Biji mahoni ternyata memiliki manfaat yang dapat membantu anda untuk mengobati eksim. untuk cara penggunaanya haluskan mahoni, selanjutnya larutkanlah serbuk biji mahoni dengan air hangat. Jika anda tidak suka pahit, untuk mengurangi rasa pahitnya anda bisa menggunakan madu.

5. Daun kecubung


Anda bisa juga menggunakan daun kecubung untuk mengatasi eksim. Anda tinggal mengambil daun kecubung 3 lembar, kemudian haluskanlah daun tresebut hingga lumat, tambahkan minyak kelapa kira-kira  satu sendok makan. Panaskanlah racikan tersebut di atas kompor, setelah itu anda bisa menggunakanya dengan cara mengoleskan pada kulit yang terserang oleh eksim secara hangat.

6. Wortel dan kapur sirih


Obat untuk mengatasi eksim ini berbagai macam dari tumbuh-tumbuhan termasuk wortel dan kapur sirih. Cara selanjutnya anda bisa memarut wortel setelah itu ambil sarinya saja. Lalu anda dapat mencampurkan sari wortel dangan kapur sirih secukupnya, setelah itu anda bisa mengoleskan ke dua bahan tersebut.

7. Daun ketapang


Daun ketapang bisa juga anda gunakan untuk mengobati penyakit eksim. anda bisa menambahkan  asam jawa serta satu rimpang kunyit. Kemudian ketiga bahan tersebut tumbuklah hingga benar-benar halus. Sesudah itu, anda dapat mengoleskan ramuan yang sudah halus tadi untuk di oleskan pada kulit yang terserang eksim saja. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore sampai sembuh.

8. Daun meniran


Jika anda terkena eksim, anda bisa juga menggunakan daun meniran untuk menyembuhkanya. Tetapi cara yang satu ini di minum dengan tambahan bahan lain. Siapkan 7 lembar daun remujung, 1 sendok daun meniran dan 1 rimpang temulawak yang sudah dirajang. Setelah itu, cucilah bahan-bahan terbut hingga bersih dan rebuslah dengan mengunakan 3 gelas air sehingga tersisa 1 gelas. Minumlah ramuan ini secara teratur pada waktu pagi dan sore hari.

9. Kangkung


Kanngkung merupakan salah satu daun hijau yang dapat membantu anda untuk meghilangkan eksim pada kulit. Jika anda ingin menggunakan kangkung sebagai obat eksim, rebuslah sayur kangkung kurang lebih selama 10 menit. Kemudian air rebusan tersebut diamkanlah samapai hangat, selanjutnya anda bisa mengompreskan pada kulit yang terserang eksim.

10. Biji bungur


Tanaman bungur ini biasanya di gunakan sebagai tanaman hias oleh masyarakat. Ternyata biji tanaman tersebut dapat anda gunakan untuk mengobati eksim. cara untuk menggunakanya, siapkanlah satu genggam biji bungur setelah itu sangrailah biji bungur tersebut. selanjutnya anda harus menghaluskan biji bungur, ditambahkan 5 lembar daun ketepeng serta 3 rimpang kunyit. Berilah satu sendok minyak kelapa kemudian balurkan obat tradisional yang anda racik tadi.

Selain 10 obat eksim tradisional yang aman ada 6 lagi obat tradisional yang perlu anda ketahui. Berikut ini obat obat eksim alami lainnya:

11. Daun bayam
12. Lidah buaya
13. Daun Sirih
14. Bawang Putih
15. Minyak Kelapa
16. Asam

Baca Juga: 20 Gejala dan Penyebab Eksim Kering

Jika anda merasa sembuh ketika menggunakan obat eksim tradisional di atas, maka saya sarankan tidak usah membeli obat di apotik dengan tujuannya menghemat biaya.Tetaplah untuk menjaga pola makan yang sehat dan kebersihan badan agar anda terhindar dari berbagai macam jenis penyakit kulit. Percuma menggunakan berbagai macam obat kalau kita tidak menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lingkungan maupun badan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …