Langsung ke konten utama

7 Obat Batuk Alami untuk Mengatasi Gejala Batuk

Anda bisa mencoba mengonsumsi obat batuk alami jika Anda ingin menghindari jenis obat batuk medis atau kimia. Mengapa perlu mencoba obat batuk alami untuk mengatasi gejala batuk? Faktor pertama tentunya efek samping. Obat batuk alami tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya ke tubuh Anda seperti yang terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi obat batuk kimia.

Faktor kedua yaitu cara mendapatkan obat batuk alami sangat mudah dan juga murah meriah. Ada banyak bahan-bahan alami di sekitar Anda yang dapat digunakan sebagai bahan obat batuk. Anda tidak perlu membuang-buang uang obat batuk kimia di apotik yang harganya mungkin bisa puluhan ribu rupiah. Cara mengolah bahan-bahan alami menjadi obat batuk siap konsumsi pun cukup mudah.

7 Obat Batuk Alami untuk Mengatasi Gejala Batuk

Berikut ini ada beberapa macam jenis bahan obat batuk alami yang dapat membantu Anda untuk mengatasi dan menyembuhkan gejala batuk.

Obat Batuk Alami untuk Mengatasi Gejala Batuk


1. Jeruk nipis


Selain dipercaya sebagai salah satu bahan kecantikan, jeruk nipis juga ampuh untuk diolah menjadi salah satu bahan obat batuk alami. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk mampu mengurangi gejala batuk dan juga flu karena vitamin ini dapat menaikkan kekuatan imun tubuh Anda.

Cara yang paling mudah mengonsumsi jeruk nipis sebagai obat batuk alami yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan madu. Pastikan Anda mengonsumsi air perasan jeruk nipis ini dengan teratur.

2. Jahe


Siapa yang tidak mengenal jahe? Jahe tidak hanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, namun juga bahan yang alami untuk mengatasi gejala batuk. Kandungan alami di dalam jahe merupakan kandungan anti bakteri yang baik untuk tubuh.

Anda bisa merebus jahe terlebih dahulu. Tambahkan gula jawa atau gula aren ke dalam air rebusannya lalu minum dengan teratur. Efek hangat dari jahe akan membantu menghangatkan tenggorokan Anda.

3. Sirih merah


Ada dua jenis daun sirih yang perlu Anda ketahui, yaitu sirih yang berwarna hijau dan sirih yang bewarna merah. Jenis daun sirih yang bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk yaitu daun sirih merah.

Sama seperti bahan lainnya, Anda cukup merebus daun sirih saja dan mengonsumsi air rebusannya. Rasa air rebusannya memang tidak terlalu enak namun khasiatnya dijamin dapat mengatasi batuk yang Anda alami.

4. Kunyit


Kunyit hampir sama dengan jahe, mengandung senyawa antiseptik yang dapat mengatasi bakteri penyebab penyakit, termasuk bakteri yang mengakibatkan batuk di tenggorokan Anda. Rempah dapur yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi batuk kering.

Rebuslah kunyit sampai air rebusan berubah warna. Anda bisa menambahkan gula aren jika ingin lebih merasa enak ketika mengonsumsinya. Ramuan ini harus diminum dengan teratur sampai batuk Anda sembuh.

5. Cabe jawa


Sejak dulu banyak orang yang sering menyarankan untuk mengonsumsi makanan pedas ketika batuk karena sensasi pedasnya mampu mengatasi batuk. Itulah mengapa menggunakan cabe jawa pun dirasa tepat untuk dijadikan bahan obat yang pedas dalam menyembuhkan batuk.

Anda bisa menumbuk atau menghaluskan cabe jawa kemudian ditambahkan dengan sedikit madu. Setidaknya Anda perlu mengonsumsi cabe ini sekali dalam satu hari saja sampai batuk Anda sembuh atau hilang.

6. Kencur


Anda bisa memadukan kencur dengan jahe jika ingin membuat obat batuk alami. Kombinasi dua rempah ini mampu membuat gejala batuk Anda berkurang. Selain baik untuk mengatasi batuk, keduanya juga dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda.

7. Bunga mawar


Satu lagi bahan alami yang dapat Anda jadikan obat batuk, yaitu bunga mawar. Bunga ini sudah sering dijadikan sebagai salah satu bahan kecantikan. Manfaatnya pun tidak hanya sampai di situ karena seduhan air bunga mawar ternyata juga ampuh untuk mengatasi batuk.

Baca Juga: 12 Efek Samping Obat Batuk Kimia untuk Kesehatan Tubuh

Nah, jika Anda sudah memilih salah satu obat batuk alami di atas, ada baiknya Anda mengonsumsi obat batuk alami tersebut dengan teratur. Hal ini dilakukan agar efek positifnya ke tubuh Anda bisa menyerap dengan baik. Selain mengonsumsi obat batuk, Anda juga sebaiknya menjaga pola makan dengan baik.

Hindarilah makanan yang terlalu manis atau sering mengonsumsi es ketika Anda batuk. Khusus untuk Anda yang mengalami batuk berdahak, sebisa mungkin keluarkanlah terus dahak yang menempel di tenggorokan Anda. Dahak yang dikeluarkan akan mempercepat penyembuhan tubuh Anda dari batuk berdahak.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …