Langsung ke konten utama

10 Efek Buruk Minum Kopi ketika Perut Kosong untuk Tubuh

Karakter seseorang yang cenderung lebih menyukai kopi ketimbang teh atau air putih tidak bisa di atur oleh orang lain. kecenderungan konsumsi kopi sebagai penopang semangat atau sekedar pelepas dahaga sering dilakukan banyak orang. Apalagi banyaknya jenis kopi dibelahan bumi nusantara membuat kopi menjadi daya tari tersendiri dan komoditi minuman kelas.

Sayangnya, Kondisi tubuh yang masih belum terisi (perut kosong) akan bereaksi pada seseorang yang mengkonsumsi kopi. Kandungan kafein dalam kopi membentuk senyawa baru dalam tubuh dan dapat mengganggu metabolisme apabila dikonsumsi pada kondisi perut yang kosong.

10 Efek Buruk Minum Kopi ketika Perut Kosong untuk Tubuh

Beberapa gejala akibat permasalahan diatas dapat Anda pelajari sebagai berikut :

1. Cepat Haus


Permasalahan ini sering terjadi pada pagi hari. Mengkonsumsi kopi sebagai sarapan pagi banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Kondisi perut yang masih kosong mampu memicu dehidrasi. Tenggorokan akan cepat merasa kering dan bibir pucat.

2. Gangguan pencernaan


Bagi beberapa orang memang mengkonsumsi kopi tanpa mengisi perut terlebih dahulu bisa saja tidak berdampak pada sistem pencernaan. Tetapi, banyak kalangan orang merasa mual dan perut terasa perih. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi yang bersinggungan pada sistem pencernaan. Dimana kafein merupakan senyawa aktif yang bisa menjalar pada setiap sistem tubuh manusia. Bahayanya ketika mengkonsumsi kopi ini dalam kondisi tersebut ulu hati akan terasa sakit dan sampai pada diare.

3. Menghambat Hormon Kortisol


Senyawa kopi yang secara aktif masuk kedalam tubuh dikala perut masih kososng mampu menghambat produksi hormon kortisol. Hormon ini merupakan senyawa alami tubuh yang digunakan sebagai alaram untuk membangunkan diri pada waktu pagi.

Hal ini berkaitan dengan keadaan dimana setiap pagi hari, otak akan menyebarkan hormon kortisol yang telah diproduksi ke dalam tubuh sebagai hormon untuk membangunkan tubuh secara alami. Jika seseorang mengkonsumsi kopi setiap bangun pagi, maka produksi hormon akan turun dengan sendirinya.

4. Kenaikan Asam lambung


Asam Lambung merupakan cairan dalam tubuh manusia yang membantu dalam sistem pencernaan. Sifat korosi asam lambung yang kuat mampu membantu menghancurkan segala makanan untuk diserap dalam tubuh. Ketika sesesorang mengkonsumsi kopi disaat pagi dalam kedaan perut kosong, makan bahaya kenaikan asam lambung bisa terjadi.

Ini akan berbahaya karena dapat merusak lapisan lambung. Resiko magh dan robek pada lapisan lambung dapat terjadi. Kaitanya adalah bahwa senyawa dekafein pada kopi mampu merangsang percepatan produksi asam. sehingga kurang disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi kopi disaat perut belum terisi.

5. Detak Jantung Meningkat


Kopi dengan zat  kafein di dalamnya mampu membuat jantung Anda terasa cepat berdetak.  Rangsangan kafein yang bersinggungan dengan sistem syaraf merupakan penyebab hal ini. waspadai konsumsi kopi apabila Anda memiliki resiko penyakit jantung dan kurangi ketika kondisi Anda belum makan.

6. Perubahan emosi


Emosi akibat rangsangan kopi bisa saja berubah. tatkala seseorang meminum kopi biasanya merasakan rileks dan tenang. tetapi ada juga ketika dapat rangsangan kopi menjadi lebih semangat dan emosional karena jantung yang terpicu cepat serta aliran darah yang cepat.

7. Bahaya Stres


Stres karena merasa pikiran buntu atau tidak menemukan jalan keluar bisa saja terjadi akibat mengkonsumsi kopi dipagi hari tanpa sarapan terlebih dahulu. Bahaya ini terjadi akibat senyawa srotonin yang rendah di pagi hari yang diperburuk dengan mengkonsumsi kopi.

8. Kecanduan


Kafein juga mengakibatkan seseorang merasa kecanduan. Apalagi kopi yang nikmat dengan sejuta rasa pahit dari berbagai wilayah nusantara bisa Anda dapatkan. Waspadai bahaya kecanduan kopi bagi diri Anda, karena setiap apapun yang berlebih akan berakibat buruk termasuk mengkonsumsi kopi dipagi hari tanpa sarapan terlebih dahulu.

9. Kekurangan Nutrisi


Kafein sendiri mampu merangsang seseorang dalam memproduksi segala cairan dalam tubuh. Bahayanya ketika cairan asam, cairan ekskresi dan keringat berlebih maka Anda akan mengalami gejala kekurangan nutrisi untuk diserap. Padahal cairan ini penting dalam membantu sirkulasi darah dalam mengambil nutrisi setiap makanan.

10. Tingkat kecemasan tinggi


Perubahan ini terjadi akibat penyalah gunaan kopi secara berlebihan sejatinya. Karena kafein yang membantu merelaksasi otot dari ketegangan dapat mengakibatkan kecanduan tadi. sehingga apabila Anda kekurangan zat kafein dalam tubuh Anda akan cepat merasa cemas.


Baca Juga: 9 Efek Samping Sarapan dengan Nasi untuk Kesehatan Tubuh

Mewaspadai gejala gejala konsumsi kopi dalam keadaan perut kosong perlu untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda penikmat kopi nusantara. Jangan sampai cinta Anda terhadap minuman yang satu ini membuat Anda justru terserang beberapa penyakit, termasuk penyakit pencernaan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …