Langsung ke konten utama

20 Penyebab dan Gejala Darah Tinggi

Darah tinggi atau biasa disebut juga dengan hipertensi adalah kondisi medis dengan tekanan darah yang meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah normal pada manusia saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100- 140 mmHg dan diastolik  60- 90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

20 Penyebab dan Gejala Darah Tinggi

Penyebab Darah Tinggi :


1. Gaya hidup yang tidak sehat
2. Suka minum mimunan alkohol
3. Kurangnya beraktivitas
4. Terlalu stress
5. Sering merokok

Darah tinggi ini adalah penyebab utama untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terkait komplikasi kesehatan.
Ada beberapa gejala darah tinggi atau hipertensi yang harus Anda ketahui...

1. Sakit kepala


Bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala maka Anda perlu berhati- hati. Sakit kepala merupakan salah satu tanda yang paling jelas terlihat jika tekanan darah seseorang sangat tinggi dan apabila tekanan darah mencapai 180/110mmHg yang kerap disebut sebagai hipertensi maligna atau akselerasi. Kondisi ini termasuk dalam krisis hipertensi dan perlu perawatan medis secara cepat.

2. Mimisan


Karena tekanan darah yang cukup kuat dapat menimbulkan mimisan karena pada area hidung, karena hidung ini memiliki pembuluh darah yang sangat halus. Akan tetapi, mimisan biasanya hanya terjadi pada penderita tahap awal. Jika penderita memiliki tekanan darah tinggi dan tiba- tiba mengalami mimisan berat yang sulit dihentikan akan lebih baik jika penderita tersebut berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya lebih lanjut.

3. Bercak darah pada mata


Bercak darah pada mata atau dalam dunia menis disebut dengan subconjunctival hemorrhage dapat menjadi menjadi gejala darah tinggi atau diabetes. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada urat mata. Jika penyebabnya tidak berhubungan dengan mata, kemungkinan Anda menderita darah tinggi dapat dikesampingkan.

4. Kesemutan di kaki dan tangan


Darah tinggi yang tidak segera diatasi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada otot. Akibatnya, muncul rasa kesemutan atau baal di area tangan atau kaki yang dapat menjadi gejala awal stroke.

5. Mual dan muntah


Kemudian ada gejala lainnya yang sering muncul pada penderita tekanan darah tinggi adalah mual dan muntah. Karena gejala ini juga dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain dan akan lebih baik perhatikan apakah ada tanda lain yang menyertai seperti pandangan mata yang kabur atau sesak nafas.

6. Pusing


Jika Anda mengalami lightheadedness yaitu kepala terasa ringan dan seperti mau pingsan, serta vertigo yang mana Anda merasa pada sekelliling Anda seperti berputar. Keduanya sama- sama tidak boleh diabaikan. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi secara mendadak. Rasa ingin pingsan, kehilangan keseimbangan, dan sulit berjalan bisa menjadi tanda-tanda stroke.

7. Hidung berdarah


Pendarahan di bagian hidung atau sebut saja dengan mimisan merupakan salah satu genjala dari penyakit darah tinggi dan menjadi  salah satunya gejala yang akibatkan oleh kecapean karena kebanyakan kegiatan atau aktivitas yang di jalani. Dan gejala hipertensi pada wanita adalah mengalami hidung berdarah. Kita tidak boleh membiarkan, bila hal ini terjadi karena akan membuat kita banyak kehilangan darah.

8. Pandangan buram


Penderian darah tinggi akan mengalami buram saat melihat seperti saat meilihat benda atau apa saja yang di lihat tidak jelas atau kabur, berarti mata Anda mengalami masalah dan harus segera di tindak lanjuti dan jangan di biarkan begitu saja yang akan membuat penyakit ini semakin memburuk keadaannya. Gejala hipertensi pada wanita pun juga akan terjadi kondisi dimana penglihatan menjadi tidak jelas. Inilah yang akan di alami oleh penderita hipertensi.

9. Sesak nafas


Penderita darah tinggi akan merasakn sesak nafas dan sakit pada dada dan ini dikarenakan ada masalah pada bronchitis dan merupakan gejala bahwa kalian mengalami bermasalah di anggota tubuh. karena beberapa penyakit mengatakan, ada penyakit yang awalnya ditandai oleh hal seperti ini gejala hipertensi pada wanita adalah sesak nafas. Gejala ini termasuk tanda atau ciri yang cukup serius yang wajib diobati dengan cepat, karena jika tidak akan memicu terjadinya penyakit lainnya.

10. Kesemutan


Bagi mereka yang memiliki darah tinggi ataupun hipertensi maka pasti penderita akan mengalami kesemutan pada bagian kaki dan juga tangannya. Dan jika gejala ini muncul akan membuat penderitanya susah untuk bergerak dan sangat sulit untuk menggenggam sesuatu.

Baca juga: 20 Penyebab dan Gejala Ambeien

5 Gejala Darah Tinggi lainnya :

1. Tekanan jantung berubah
2. Pegal pada area leher
3. Tubuh menjadi lemah
4. Faktor makanan tak sehat
5. Selalu mengkonsumsi rokok

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala darah tinggi. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …