Langsung ke konten utama

20 Pencegahan dan Pengobatan Kista Ganglion


Kista ganglion adalah salah penyakit yang juga disebut dengan kista di dalam alkitab. Kista ganglion ini merupakan sebuah benjolan yang biasanya ada di tangan dan juga kaki. Benjolan tersebut mempunyai isi yang berupa cairan sinovial yang sangat kental. Besar dari benjolan ini kurang lebih sama dengan kacang dengan diameter hampir 1 inci. Apabila Anda mengidap penyakit ini bisanya gejala yang akan timbul adalah rasa sakit pada benjolan jika mengenai tendon, merasa seperti kesemutan, mati rasa dan melemahnya otot. Semua gejala tersebut tergantung pada seberapa besar kista ganglion yang anda derita.

20 Pencegahan dan Pengobatan Kista Ganglion

Pencegahan Kista Ganglion:


1. Menjaga sendi agar tetap aman dari benturan
2. Hindari konsumsi banyak buah nangka dan nanas
3. Jangan mengkonsumsi alcohol
4. Kurangi mengkonsumsi seafood
5. Hindari makanan sepeti junkfood

Jika sudah terjangkit penyakit ini, segera periksakan dan lakukan pengobatan. Berikut beberapa pengobatan kista ganglion yang sederhana...

1. Kompres dengan air hangat


Untuk pengobatan yang dapat Anda lakukan adalah, Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan karena kista ganglion dengan penggunaan air hangat yang dijadikan kompres. Dengan menggunakan cara yang seperti ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena kista ganglion dan mengalirkan drainase cairan. Ini juga akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Anda dapat melakukan setiap hari untuk mengkompres sampai benar- benar mengecil.

2. Kantung teh hitam


Bagi Anda yang suka minumam teh hitam maka kantung teh bekas minuman Anda dapat di jadikan obat untuk kista ganglion, memang benar adanya jika teh hitam ini sangat dipercaya untuk mengatasi penyakit. Zat asam pada kandungan teh hitam membantu untuk menyembuhkan dan mengecilakn benjolan kista ganglion dan mencegah dari keadaan yang semakin buruk. Sifat anti- inflamasi dari teh juga memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

3. Minyak kemenyan


Dapat pula menggunakan minyak kemenyan yang merupakan zat yang efektif yang dapat membantu mengurangi ukuran kista ganglion dan mencegah dari berulangnya kejadian kista ganglion dalam tubuh Anda. Minyak kemenyan juga dapat mengurangi rasa sakit.

4. Jahe


Anda bisa menggunakan jahe untuk mengurangi rasa sakit yang di timbulkan oleh kista ganglion. Zat anti- inflamasi yang terdapat pada jahe ini akan sangat membantu meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan. Sebuah studi 2011 yang sudah diterbitkan dalam ebuah The Journal of Fitoterapia menunjukkan bahwa jahe merupakan agen dari anti- inflamasi yang dapat memblok aktifitas Cox-2, yang kemungkinan menyebabkan rasa sakit.

5. Kunyit


Anda juga dapat menggunakan kunyit untuk meredakan nyeri akibat kista ganglion. Bumbu dapur yang satu ini tak hanya digunakan dalam memasak saja namun kunyit ini memiliki efek positif pada peradangan dan nyeri. Pada sebuauh penelitian juga menunjukkan bahwa curcumin dalam kunyit menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dengan mengatur sitokin, status redoks, protein kinase, molekul adhesi, enzim dan banyak faktor transkripsi yang terkait dengan peradangan.

6. Echinacea


Echinacea meningkatkan tingkat bahan kimia properdine dalam tubuh Anda, yang merangsang sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mengecilkan kista ganglion. Sebuah studi dan juga penelitian yang di lakukan oleh ahlinya bahwa penggunaan echinacea peningkatan produksi properdine.

7. Lidah buaya


Lidah buaya memanglah merupakan tumbuhan yang sangat dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lidah buaya ini juga memiliki zat anti- inflamasi juga dapat merangsang penyembuhan kista ganglion. Zat ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

8. Arnica


Arnica adalah salah satu agen zat anti- inflamasi yang sangat baik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan juga peradangan jadi arnica ini sangatlah baik untuk menyembukan kista ganglion. Arnica juga meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu kista lebih cepat sembuh.

9. Garam


Garam adalah juga dapat menyembuhkan luka yang akan membantu mengurangi dan menyembuhkan kista dalam beberapa hari. Garam juga memiliki sebuha kandunagn zat yang sangat mmebanut untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait.

10. Makanan anti- inflamasi


Untuk lebih mengurangi rasa sakit dan juga bengkak akibat dari kista ganglion maka sangatlah di anjurkan untuk makan lebih banyak makanan yang memiliki sifat anti- inflamasi. Beberapa makanan anti-inflamasi yang baik adalah salmon, biji rami, alpukat, jahe, kunyit, minyak zaitun, ceri tart, kenari, blueberry, blackberry, ubi jalar dan bayam.

Baca juga: 55 Penyebab dan Gejala Sakit Maag

5 Pengobatan kista ganglion lainnya :


- Mengoles bawang pada benjolan
- Melakuakan olah raga persendian
- Banyak minum air putih
- Dengan penanganan imobilisasi
- Melakukan operasi

Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengatasi kista ganglion. Selain itu, hindari makan atau minum makanan yang memperburuk inflamasi seperti produk tepung, nasi putih, makanan manis, soda dan makanan kaya lemak jenuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu untuk menyembuhkan dan mencegah kista ganglion. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …