Langsung ke konten utama

6 Dampak Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Es batu atau batu es merupakan hasil pemadatan air minum pada freezer atau lemari pembeku. Biasanya es batu ini sering dimanfaatkan untuk membuat sebuah minuman segar yang sangat cocok diminum disiang hari yang panas. Namun selain menyegarkan, bahaya makan es setiap hari bisa saja muncul karena kelebihan mengonsumsi es akan menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan.

Suhu Indonesia yang sangat panas membuah es batu sangat di gemari di negara ini. Tidak heran orang Indonesia sering melupakan efek bahaya yang bisa ditimbulkan oleh es batu. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa bahaya makan es batu setiap hari bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari, Dampak Buruk Makan Es Setiap Hari, Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari untuk Kesehatan

1. Mengganggu Metabolisme tubuh


Bahaya makan es setiap hari akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh terganggu dan menghambat pembakaran lemak dalam tubuh manusia. Mengonsumsi es secara berlebihan akan membuat lemak yang ada di aliran darah menjadi beku. Akibatnya proses metabolisme tubuh serta pembakaran lemak akan terganggu.

2. Menyebabkan perut buncit


Mengonsumsi es batu secara berlebihan terutama apabila dikonsumsi setiap hari akan menyebabkan penyempitan pada organ usus. Menyempitnya usus akan berdampak pada terhambatnya kinerja usus untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya perut akan membesar dan buncit. Oleh sebab itu es batu harus kamu hindari apabila menginginkan bentuk tubuh yang ideal.

3. Sering pusing


Sangat tidak dianjurkan minum es langsung setelah kelelahan beraktivitas sebab saat olahraga terjadi proses pembakaran lemak serta kondisi seluruh bagian otot dalam tubuh akan menegang. Ketika mengonsumsi es, suhu tubuh akan mengalami perubahan yang signifikan karena awalnya suhu tubuh dan es tidak selaras.

Karena terjadi perubahan suhu secara signifikan akan menyebabkan otot  dan jantung menjadi tegang. Hal ini akan menyebabkan proses pemompaan darah ke otak akan terhambat. Gejala awal yang akan dirasakan yaitu kepala sering mengalami pusing.

4. Dapat merusak gigi


Mengonsumsi es batu dengan cara dikunyah juga tidak baik bagi kesehatan gigi. Dengan mengunyah es batu berpotensi untuk merusak email gigi dan berujung pada rusaknya gigi secara keseluruhan. Kerusakan tersebut terjadi saat gigi berusaha untuk memecahkan substansi yang keras. Oleh sebab itulah gigi yang digunakan untuk mengunyah tidak dapat digunakan secara maksimal.

5. Mengandung bakteri berbahaya


Es batu yang ada di pasaran tidak sedikit yang menggunakan air mentah untuk membuatnya. Keuntungan yang besar dan proses pembuatan jauh lebih singkat merupakan faktor utama mengapa banyak pedagang es menggunakan air mentah sebagai bahan dasar pembuatan es.

Padahal air mentah banyak mengandung bakteri yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Bakteri yang sangat gemar hidup dalam air mentah yaitu bakteri Ecoli yang merupakan bakteri penyebab utama diare.

6. Kembung dan begah


Perut kembung dan begah tidak hanya dirasakan oleh penderita maag yang memiliki asam lambung yang tinggi. Namun juga bisa dirasakan oleh seseorang yang sangat gemar mengonsumsi es secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh es batu dapat mengubah irama organ pencernaan dalam mencerna makanan.

Baca Juga 6 Pengaruh Berbahaya Alkohol Terhadap Sistem Saraf Manusia

Dari 6 bahaya tersebut, tentu kita harus mengetahui cara yang tepat untuk mengonsumsi es batu dengan benar agar tidak menimbulkan bahaya yang dapat merugikan kesehatan. Caranya yaitu jangan mengonsumsi es batu dengan sering apalagi setiap hari terutama saat cuaca sedang panas atau setelah melakukan olahraga yang membuang banyak keringat. Dengan menghindari minuman es akan membuat tubuh tetap fit.

Untuk meminimalisir kerusakan gigi, konsumsi es batu yang dicampur dengan minuman lain. selain akan menyegarkan, dengan cara ini akan membuat kamu tidak mengunyah es batu yang keras karena akan merusak email gigi. Kurangi juga kebiasaan mengunyah es batu agar gigi tetap sehat.

Mulailah dengan membuat es batu sendiri yang tentunya terbuat dari air matang. apabila tidak memiliki lemari pembeku, kamu bisa membeli kepada pedagang terpercaya yang memperlihatkan proses produksinya. Air mentah yang digunakan untuk membuat es sangatlah membuat resah masyarakat karena berpotensi mengandung bakteri bahaya seperti ecoli yang dapat menyebabkan diare.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …