Langsung ke konten utama

12 Penyebab BAB Berdarah

Penyebab BAB Berdarah - BAB berdarah bisa menjadi hal yang sangat menakutkan, namun tidak semua BAB berdarah merupakan masalah yang serius. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui apa saja yang menjadi penyebab BAB berdarah.

Banyak faktor yang jadi penyebab BAB berdarah, salah satunya adalah ambeien atau wasir. Selain itu, BAB berdarah juga bisa disebabkan karena adanya kanker usus. Berikut penyebab BAB berdarah yang perlu anda ketahui.

Bab Berdarah


1. Divertikular


Penyebab pertama BAB berdarah yaitu divertikular. Jika kondisi ini terjadi, maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi sesuai dengan resep dokter. Divertikula sendiri merupakan kantong kecil sebagai proyeksi dari dinding usus besar. Ketika timbul luka pada dinding usus ditambah dengan peradangan serius, terjadilah pendarahan saat buang air besar, darah pun turut mengalir keluar bersama feses.

2. Fisura ani


Fisura ani juga menjadi penyebab BAB disertai darah. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada saat buang air besar. Fisura ani terjadi akibat ketegangan dan sulit buang air besar. Kerasnya feses menjadikan fisura ani dialami oleh penderita dan bisa jadi menyebabkan keluarnya darah bersama dengan feses.

3. Cedera internal


Penyebab BAB berdarah bisa ditimbulkan karena cedera internal. Pembuluh darah yang rusak dan menyebabkan feses berdarah bisa terjadi pada pembuluh darah pada saluran pencernaan. Ketika pembuluh darah rusak atau pecah, otomatis darah akan mengalir dan lebih banyak dari biasanya. BAB disertai darah yang terjadi terus-menerus bisa langsung diperiksakan agar cedera internal serta tempat terjadinya pendarahan dapat teridentifikasi.

4. Kanker usus


Penderita kanker usus juga bisa menjadi penyebab BAB berdarah. Pada beberapa kasus penderita BAB berdarah, terdeteksi adanya kanker di dalam tubuh. Saat dokter memiliki kecurigaan bahwa kondisi ini berkaitan erat dengan kanker, biasanya pasien akan dianjurkan menempuh tes carcinoembryonic antigen. Tes satu ini diperlukan oleh pasien agar kejelasan ada tidaknya kanker bisa diperoleh.

5. Ambeien


Ambeien atau wasir menjadi penyebab buang air besar berdarah yang paling sering anda jumpai. Ambeien sendiri adalah kondisi pembesaran atau pelebaran pembuluh darah vena yang melemah tepat di bagian dalam anus. Iritasi dan pendarahan ini menimbulkan darah akan mengalir keluar saat feses keluar.

6. Kolitis


Kolitis merupakan infeksi atau penyakit radang usus yang bisa menyebabkan fases berdarah. Kondisi inilah yang menjadi penyebab mengapa pembuluh darah akhirnya lebih rentan untuk pecah. Saat pembuluh darah pecah otomatis darah akan mengalir sendiri saat buang air besar dan menjadikan feses keluar bersama darah tersebut. Segera periksakan ke dokter jika anda sering mengalami hal ini atau bahkan setiap kali BAB.

7. Tukak lambung


Selain kolitis, tukak lambung juga sangat beresiko dengan BAB berdarah. Radang yang terjadi pada lapisan lambung biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus. Keadaan dapat berisiko makin buruk apabila obat anti-inflamasi dikonsumsi oleh penderitanya, seperti ibuprofen dan aspirin. Kedua obat tersebut bukannya dapat meringankan penyakit tukak lambung tapi justru mampu menimbulkan pendarahan di dalam.

8. Pendarahan rektal


Ada lagi penyebab saat buang air besar feses keluar bersama darah, yaitu pendarahan rektal. Pendarahan seperti ini berpotensi tinggi dialami pada bagian rektum dari usus besar dan juga di bagian sigmoid. Anda perlu memeriksakan diri apabila memang BAB berdarah terjadi cukup sering.

9. Penyakit maag


Penyakit maag yang tergolong serius bisa menjadi penyebab buang air besar disertai dengan darah. Anda perlu mewaspadai penyakit maag ini sebagai kondisi maag kronis di mana keadaan ini dapat memicu perdarahan di lambung serta usus dua belas jari. Inilah yang menjadi gejala awal dari BAB berdarah.

10. Angiodisplasia


Angiodisplasia memang masih terdengar asing, namun kondisi ini bisa menyebabkan BAB berdarah. Angiodisplasia sendiri merupakan sebuah kondisi di mana pembuluh darah abnormal, rapuh, sehingga menyebabkan perdarahan saat buang air besar.

Selain 10 penyebab BAB berdarah, ada 2 penyebab lainnya yang menjadikan BAB berdarah, Seperti:

11. Masalah pada esofagus
12. Polip

Selain itu, gangguan fungsi pembuluh BAB berdarah juga dapat menyebabkan tinja berdarah. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah buang air besar berdarah maka sebaiknya didiagnosis oleh dokter yang berkualitas.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …