Langsung ke konten utama

25 Obat Vertigo Alami dan Aman Digunakan

Obat Vertigo - Vertigo adalah suatu kondisi dimana muncul perasaan pusing disertai mual, muntah, hilang keseimbangan, kelelahan, dan bahkan tidak sadarkan diri. Jika tidak meminum obat vertigo, penderita akan merasa lemah, tidak mampu berdiri, dan pusing selama beberapa jam setelah serangan.

Kata 'vertigo' berasal dari bahasa Yunani vetere yang berarti berputar-putar. Sensasi gerakan berputar ini sering diikuti dengan banyaknya keringat dingin yang dikeluarkan sehingga suhu tubuh menjadi tidak normal. Yang membuat vertigo berbahaya adalah karena dapat menyerang tubuh secara tiba-tiba sehingga penderita tidak merasakan adanya kelainan namun mendadak pusing dan disorientasi. Simak daftar obat vertigo berikut ini:

Vertigo


1. Jahe


Obat vertigo yang pertama adalah jahe. Semua orang pasti sudah mengenal jenis rempah-rempah yang satu ini. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe juga berguna untuk mengobati vertigo. Kandungan zat baik dalam vertigo dapat meningkatkan aliran darah di otak sehingga pusing dan kepala berputar dapat diatasi dan hilang dengan sendirinya.

2. Susu Almond


Almond kaya akan asam lemak esensial, vitamin dan mineral. Nutrisi di dalamnya juga membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Campurkan bubuk almond dalam susu panas dan minum di pagi hari.

3. Kembang Sepatu

Kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis, merupakan bunga yang bentuknya menyerupai lonceng dengan variasi warna yang bermacam-macam. Tanaman ini dinamakan kembang sepatu karena pada jaman dahulu tanaman ini sering digunakan untuk menyemir sepatu.

Kembang sepatu ternyata juga mampu mengatasi vertigo karena mengandung flavonoid, saponin, tanin, vitamin C, glikosida, peptin, dan antosianin yang dapat mematikan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga mampu melancarkan peredaran darah.

4. Ginkgo Biloba


Ekstrak tanaman ini cukup sering dijumpai dijual di berbagai apotek. Sebagai alternatif lain untuk mengatasi vertigo, siapkan 4-5 helai daun ginkgo biloba dan rebus dengan 3 gelas air. Sebelum meminumnya, dinginkan sejenak jika sudah mendidih dan tersisa hanya 1 gelas air.

5. Biji Ketumbar


Untuk menggunakannya sebagai obat vertigo, rendam biji ketumbar selama 24 jam kemudian ambil airnya. Air hasil rendaman ini juga bisa dicampur dengan madu dan diminum selagi hangat.

6. Yoghurt dan Stroberi


Bagi penderita vertigo, nutrisi tubuh adalah hal terpenting yang harus terpenuhi. Dengan begitu, tubuh akan lebih segar dan selalu prima. Konsumsilah yoghurt dan stroberi sebagai nutrisi tambahan. Konsumsilah campuran yoghurt dan stroberi dalam dua kali seminggu secara rutin.

7. Minyak Zaitun


Obat vertigo selanjutnya adalah minyak zaitun. Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengobati vertigo adalah dengan meminumnya langsung. Jika teratur dikonsumsi, vertigo akan sembuh dengan cepat.

8. Minyak Wijen


Ini juga merupakan cara alami yang mudah, efektif, dan tanpa efek samping dalam mengobati vertigo. Campur minyak wijen dengan bubuk kapulaga, lalu tempelkan di kepala, sambil melakukan pemijatan. Cara ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di otak.

9. Cabe Rawit


Tanaman ini mengandung zat piperin yang berguna sebagai anti-inflamasi yang akan mencegah infeksi dari bakteri dan virus di tubuh. Persiapkan 5 gram cabe rawit yang sudah dikeringkan. Tumbuk sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air panas dan segera minum.

10. Daun Sirsak


Daun sirsak memiliki kandungan acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. Senyawa acetogenins dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, stres, serta depresi. Kandungan ini juga dapat menyeimbangkan sistem syaraf yang kurang baik.

Berbagai macam bahan di atas sangat mudah ditemukan. Pun, jika kesulitan memperolehnya, janganlah khawatir, karena masih ada bahan-bahan lain yang juga dapat digunakan sebagai obat vertigo, seperti berikut:

11. Daun Kemangi
12. Bawang Putih
13. Alpukat
14. Pisang
15. Mengkudu
16. Bayam
17. Putih Telur
18. Jus Lemon
19. Paprika
20. Biji Semangka dan Almond
21. Delima Merah
22. Tomat
23. Kulit Manggis
24. Buah Sitrus

Selain murah dan aman, bahan-bahan di atas dapat digunakan sebagai obat vertigo dengan efek samping minimal. Ingat yang membuat vertigo berbahaya adalah karena dapat menyerang tubuh secara tiba-tiba sehingga penderita tidak merasakan adanya kelainan namun mendadak pusing dan disorientasi.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …