Langsung ke konten utama

20 Obat Kesemutan Alami Yang Baik Digunakan

Obat Kesemutan - Kesemutan pada dasarnya adalah peristiwa normal. Jika anggota gerak tertekan terlalu lama, aliran darah yang mengalir ke anggota gerak tersebut menjadi kurang lancar, sehingga akan muncul rasa kebas, selain kesemutan. Ini terjadi karena serabut syaraf pada bagian tersebut mengalami gangguan. Mengkonsumsi obat kesemutan adalah salah satu cara penyembuhannya.

Kesemutan juga bisa terjadi jika syaraf pada anggota gerak menurun fungsinya. Dalam kasus ini, kesemutan sering disertai dengan rasa tidak enak di ujung jemari, bahkan bisa sampai terasa panas seperti terkena air cabai. Keadaan ini disebut neuritis perifer. Namun, jangan khawatir. Kondisi demikian dapat diatasi dengan obat kesemutan berikut:

Kesemutan


1. Kedelai


Kedelai efektif digunakan sebagai obat kesemutan karena mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan otot serta mencegah terjadinya kebas, mati rasa, dan kesemutan pada anggota tubuh. Konsumsi kedelai secara rutin dapat menghilangkan dan mencegah jenis penyakit yang menyerang syaraf.

2. Cabai Rawit


Cabai Rawit, atau Capsicum frutescens, mengandung kalium, mangan, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, yang dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan sirkulasi darah.

3. Rosemary


Rosemary adalah penghasil rempah-rempah dan bumbu masak. Tanaman tahan kering ini berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk kesemutan. Cara mengkonsumsinya, cukup jadikan teh atau bahan makanan.

4. Sage


Daun tanaman sage, atau nama ilmiahnya Salvia officinalis, dikenal sebagai bumbu masakan Eropa.  Tanaman ini beraroma harum dengan rasa sedikit pahit. Sage ampuh untuk mengatasi sensasi mati rasa di bagian tubuh tertentu. Konsumsi sage secara teratur untuk mengatasi semua masalah terkait sirkulasi darah.

5. Ginkgo Biloba


Ginkgo biloba mujarab untuk meningkatkan aliran darah, fungsi otak, dan beralih fungsi menjadi antioksidan. Mengkonsumsi suplemen ginkgo biloba tiga kali sehari dapat mengatasi kesemutan.

6. Kayu Manis


Tanaman yang berwarna coklat ini mengandung banyak bahan kimia dan nutrisi, seperti kalium, mangan, dan vitamin B. Kayu manis dapat membantu meningkatkan aliran darah di tangan dan kaki, sehingga dapat menghindarkan dari rasa kebas, kesemutan, dan baal. Para ahli merekomendasikan 2-4 gram bubuk kayu manis setiap hari guna melancarkan sirkulasi darah.

7. Kunyit


Tanaman mirip jahe ini memiliki kandungan curcumin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lebih dari itu, anti-inflamasi berguna untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada bagian tubuh yang mengalami kesemutan.

8. Minyak Mustard


Minyak mustard yang dibuat dari biji sawi juga dapat digunakan sebagai obat kesemutan. Penggunaan minyak ini dapat dilakukan dengan cara menghangatkan biji sawi terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada kulit dan pijat selama 10-20 menit. Lakukan dua atau tiga kali sehari untuk merasakan perbedaannya.

9. Olahraga


Kesemutan dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur karena cara ini dapat melancarkan peredaran darah. Sirkulasi yang buruk atau kekurangan suplai darah ke tangan atau kaki bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Kondisi ini sering terjadi saat melakukan olahraga otot yang berat atau saat udara dingin.

10. Kompres Hangat


Menerapkan kompres hangat dapat membantu meningkatkan suplai darah ke daerah yang terkena kesemutan dan memberikan kelegaan instan dari ketidaknyamanan. Rendam kain lap dengan air hangat dan peras kelebihannya. Letakkan kain lap hangat di daerah yang terkena dampak selama 5-7 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai mati rasa atau ketidaknyamanan lainnya hilang.

Jika kesepuluh obat kesemutan di atas tidak memberikan efek apa-apa, atau efeknya kurang terasa, mungkin karena tidak cocok dengan tubuh. Alternatifnya, gunakan obat kesemutan lainnya, yaitu:

11. Kamomil
12. Minyak Lavender
13. Minyak Zaitun
14. Alpukat
15. Minyak Kelapa
16. Indian Gooseberry
17. Garam
18. Yoga

Kesemutan banyak dianggap sepele. Ternyata, kesemutan bisa berarti sinyal kalau ada sesuatu yang salah dengan aliran darah atau syaraf. Bahkan, kesemutan juga bisa menjadi gejala awal penyakit yang lebih serius. Selain mengkonsumsi obat kesemutan di atas, tangkal kesemutan dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …