Langsung ke konten utama

3 Tips Mengatasi Penyakit Diabetes dengan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Siapasangka daun sirsak memiliki kekayaan manfaat yang luar biasa. Walaupun hanya sebagai daun dan terkadang disepelakan, fungsi daun sirsak dalam mengatasi penyakit diabetes sangat efektif dan sudah dipercaya ampuh sebagai obat alami. Jangan salah sangka Anda menikmati buahnya saja yang manis dan nikmat bila di jus, daunya pun kaya manfaat tidak kalah dengan buahnya.

Apalagi tumbuhan sirsak ini sangat mudah berkembang didaerah tropis dengan semua jenis tipe tanah. Sehingga mudah untuk menanamnya dimana saja baik didaerah perkotaan ataupun didaerah yang bertektur tanah keras, tumbuhan sirsak dapat tumbuh dengan baik. Lantas bagaimana cara mengolah daun sirsak ini agar menjadi obat untuk penderita diabetes?

3 Tips Mengatasi Penyakit Diabetes dengan Daun Sirsak untuk Kesehatan

Nah perlu diketahui terlebih dahulu bahwa penyakit diabetes yang efektif diobati dengan daun sirssak ini adalah diabetes tipe kering. Berikut metode atau cara pengolahanya :

1. Merebus


Cara yang paling mudah dan sering digunakan untuk mengambil manfaat dari daun sirsak adalah dengan merebusnya. Cara ini terbilang cukup kuno namun ampuh dan sering dilakukan bagi orang yang sudah tau manfata daun sirsak ini. Caranya adalah cukup dengan mengambil seitar 10-15 lembar daun sirsak. Usahakan daun yang tidak begitu tua dan jangan terlalu muda.

Artinya pas pada area tengah tengan batang dari pucuk dan bagian bawah. Kemudian bersihkan daun dengan air bersih lalu didihkan dengan 3 gelas air biasa. Tunggu hingga air menyusut kira kira menjadi 1 gelas saja. Langakh selanjutnya adalah menyaringnya selagi masih panas panas. Diamkan sejenak sampai hangat dan konsumsi rebusan daun sirsak ini setidaknya 3-4 kali dalam sehari.

Lakukan hal ini secar rutin maksimal 5 hari saja jangan berlebihan.Jika sudah diketahui kadar diabetes atau gula turun segera hentikan konsumsi karena proses turunya kadar gula dalam darah dari obat ini cukup drastis dan sangat cepat. Jika berlebihan maka akan berakibat pusing kepala serta menimbulkan gejala lain seperti mual dan perih pada area lambung.

2. Mengeringkanya di terik matahari


Nah cara ini tergolong baru dan cukup membutuhkan waktu. Proses pengeringan dengan bantuan cahaya matahari sangat bergantung pada cuaca yang ada. Jika sering hujan dan mendung maka proses ini membutuhkan sekitr 4-5 hari tergantung intensitas cahaya yang dipaparkan matahari. Jika cuaca cerah hanya dalam waktu 2-3 hari saja daun sirsak sudah kering.

Cara mengeringkanya juga tidak secara langsung melainkan harus ditutup dengan kain hitam agar senyawa dalam daun sirsa tidak hilang atau pudar. Hasil dari pengeringan daun tersebut kemudian Anda rebus dalam air. Cukup menambahkan 2 gelas saja dan didihkan sampai tersisi setidaknya ¾ gelas. Jika sudah mendidih segera saring dan tunggu hingga dingin atau hangat.

Konsumsi minuman ini paling tidak 2-3 hari. Proses pengobatan dengan teknik ini lebih cepat dibanding dengan langsung merebusnya seperti pada pint sebelumnya. Hal ini dikarenakan senyawa dalam daun sirsak yang dikeringkan lebih cepat diserap oleh tubuh sebagai penawar diabetes Anda.

3. Kombinasikan dengan berbagai obat herbal


Daun sirsak juga sangat berguna sebagai obat penyakit diabetes dengan cara dikombinasikan menggunakan sedikit bumbu dapur. Langkah yang bisa di gunakan adalah dengan menambahkan sedikit bawang putih, sedikit garam dan gula. Usahakan menambahkanya dengan gula merah yang lebih aman bagi penderita.

Apalagi rasanya dari olahan di poin kedua dan pertama akan menyebabkan ketidak sukaan karena pahit dan sedikit sepet. Langkahnya cukup mudah yaitu sama siapkan daun sirsak seperti pada penjelasan sebelumnya dan dicampurkan dengan beberapa bumbu tersebut.

Didihkan dan konsumsi secara rutin. Ini digunakan hanya untuk mengurangi rasa yang tidak disukai agar konsisten dalam mengkonsumsi obat herbal ini tanpa mengurangi senyawa didalamnya sebagai kasiat untuk penyembuhan penyakit diabetes.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Penderita Penyakit Gondok yang Disarankan

Pengolahan daun sirsak yang secara medis memang belum diketahui bagaiman dampak dan manfaatnya. Namun, banyak yang sudah membuktikan bahwa kasiatnya cukup ampuh dan efektif tanpa menimbulkan efek samping bagi penderita. Asalkan pemanfaatanya tidak berlebihan dan sesuai dengan patron tersebut niscaya penyakit diabetes yang diderita akan sembuh secara berkelanjutan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …