Langsung ke konten utama

15 Penyebab dan Gejala Bibir Sumbing pada Tubuh

Bibir sumbing dan langit mulut sumbing yang dikenal secara teknis sebagai celah orofasial. Biasanya penderita akan  menderita bibir yang sumbing atau yang terdapat pada langit mulut sumbing dan bisa saja keduanya dapat mengalami hal itu secara bersamaan. Bibir sumbing ini adalag celah yang akan terlihat dengan jelas pada atas bibir yang biasanya terhubung ke hidung. Bibir sumbing ini adalah kelainan bawaan yang pada aat pembentukan janin di dalam perut yang membuat celah di antara kedua sisi kiri dan juga kanan.

Untuk pendeirita yang dilahirkan dengan cacat seperti bibir sumbing ini akan mengalami kesulitan dalam pernafasan dan ini akan membuat anak yang terlahir seperti itu akan merasa bingung karena pada saat menghisap asi, asi tersebut masuk kedalam hidung. Medis mengatakan bahwa bibir sumbing ada di karenakan adanya velofaringeal closure dan juga inkompetensi yang mana aliran rongga seharusnya terpisah dengan saluran makan.

15 Penyebab dan Gejala Bibir Sumbing pada Tubuh

Dan sedangkan anatomis normalnya manusia itu memiliki langit mulut yang digunakan untuk membatasinya. Sehingga pada saat makan dan juga minum pun tidak membuat makanan dan juga minuman tidak masuk kedalam saluran pernafasan.

Gejala dari bibir sumbing


1. Lubang pada yang menghubungkan kepada hidung
2. Sulit untuk berbicara
3. Mengalami masalah kesehatan gigi
4. Suara yang sangau
5. Kesulitan menghirup oksigen

Penyebab dari bibir sumbing


1. Faktor genetik


Biasanya penderita bibir sumbing tidak menyadari bahwa penderita ini mengalami hal ini di karenakan factor genetic. Bibir sumbing ini memang salah satu cacat bawaab sejak lahir jadi yang sering mengalami bibir sumbing adalah bayi. Untuk factor genetic yang paling mempengaruhi adalah karena memiliki saudara ataupun salah satu orang tua yang pernah mengalami bibir sumbing.

2. Pengaruh obat selama kehamilan


Untuk penyebab bibir sumbing selanjutnya adalah karena sang ibu pada saat masih hamil sering mengkonsumsi obat- obatan yang tanpada adanya pengawasan dari dokter. Karena dengan mengkonsumsi obat- obatan yang tidak aman ini dapat memengaruhi dan juga menghambat pembentukan celah pada bibir dan juga langit- langit mulut.

3. Paparan bahan kimia


Untuk penderita bibir sumbing juga dapat di sebabkan oleh adanya papara radiasi dari bahan kimia yang berbahaya sehingga paparan bahan kimia ini mengganggu kinerja pertumbuhan yang  terjadi pada janin dan anak pun terlahir dengan kondisi bibir sumbing. Dan bia juga ibu yang sedang hamil mengkonsumsi air yang sudah tercemar bahan kimia.

4. Ibu menderita diabetes sebelum hamil


Untuk wanita yang pada saat hamil mengalami diabetes maka bisajadi anak yang nanti akan di lahirkan pun akan terlahir dengan fisik yang cacat seperti bibir sumbing. Ibu hamil yang mempunyai diabetes akan lebih kekurangan insulin dan itulah yang membuat bayi akan tumbuh dengan bibir sumbing.

5. Ibu hamil mengalami obesitas


Untuk ibu hamil yang mengalami diabetes memanglah hal yang buruk karena tak  hanya dapat membahayakan sang ibu namun juga akan membahayakan perkembangan dari janin karena bisa saja janin akan terlahir cacat dengan bibir yang sumbing. Dan ini tentu bayi yang akan lahir akan mengalami masalah dalam metabolism.

6. Pembentukan jaringan mulut yang tidak sempurna


Dalam masa kehamilan yang sudah mencapai 12 minggu adalah salah satu perbengkakan tengkorak seperti tulang tengkorang pada wajah. Dan dalam masa- masa pembentukan ibu hamil juga harus memperhatikan makanan yang bergizi yang di gunakan untuk menunjang kesempurnaan yang sempurna.

7. Ibu memiliki kebiasaan merokok sebelum dan saat hamil


Asap rokok memang sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh penggunanya apalagi jika pengguna rokok ini adalah wanita yang sedang hamil. Walaupun ibu hamil tidak merokok jika di sekitarnya ada orang yang merokok dan ibu hamil menghirup asapnya maka hal itu juga akan memabhayakan janin yang di kandungnya.Paparan asap rokok mengandung nikotin yang bisa masuk ke dalam aliran darah ibu hamil dan akan menghambat janin tumbuh dengan sempurna dan bisa jadi akan mengalami bibir sumbing.

8. Bayi dari ras Asia


Untuk penyebab selanjutnya adalah dari ras yang dimiliki oleh penderita miliki. Karena menurut penelitian dari badan kesehatan dunia mengatakan bahwa bayi yang memiliki ras Asia memang lebih rentan dan juga banyak terkena bibir sumbing.

9. Ibu hamil kekurangan vitamin B


Selama dalam masa hamil memang harus lebih memerhatikan kandungan dari makanan yang akan di konsumsinya karena jika ibu yang hamil ini tidak memiliki vitamin B yang cukup maka bisa jadi akan membuat bayi akan cacat jika lahir seperti bibir sumbing.

10. Kurangnya nutrisi dalam tubuh


Selain kandungan makanan vitamin B nya yang banyak, Anda juga harus memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan karena hal ini dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi dan bayi pun akan lahir dengan sehat.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Diabetes Tipe 2 di Tubuh

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda tentang penyakit dan semoga artikel ini dapat membantu dan terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …