Langsung ke konten utama

17 Penyebab dan Gejala Bau Mulut yang Mengganggu Kesehatan

Bau mulut atau dalam dunia medis di sebut dengan halitosis adalah suatu keadaan yang mana akan terciumnya bau dari nafas mulut yang mengeluarkan bau yang tak sedap. Untuk bau mulut biasanya aka nada karena terlalu sering memakan makanan yang mengandung senyawa sulfur yang akan di serap kedalam tubuh dan juga pembuluh darah hingga ke paru- paru yang kemudian bau sulfur tersebut tercium pada saat mengeluarkan nafas. Selain itu, kebersihan dari mulut yang memang kurang di jaga.

Di dalam mulut sendiri akan terdapat sekitar 400 bakteri dan itu adalah jumlah dari bakteri mulut yang normal. Akan tetapi, masalah akan semakin membesar jika penderita sendiri tidak merawat dan juga menjaga keberihan maka akan semakin banyak bakteri yang akan berkembang di dalam mulut. Dan banyak dari bakteri ini yang berkemabnag dan juga bertempat tinggal pada leher gigi yang juga menyatu dengan plak dan juga karang gigi, juga di balik lidah karena daerah tersebut merupakan daerah yang aman dari kegiatan mulut sehari. Karena bakteri itu mengahasilkan toxin atau racun dengan mengurai sisa- sisa makanan dari gigi.

17 Penyebab dan Gejala Bau Mulut yang Mengganggu Kesehatan

Dan dengan adanya racun inilah yang membuat bau mulut penderita akan menjadi tidak sedap.

Gejala dari bau mulut


1. Adanya lapisan kuning pada lidah
2. Mulut yang kering
3. Masalah sinus
4. Masalah gigi
5. Adanya bakteri berkembang pada mulut

Penyebab dari bau mulut atau halitosis


1. Kurang minum air


Untuk masalah bau mulut dapat di sebabkan oleh penderita yang kurang minum air dalam kehidupan sehari- hari. Karena dengan kurangnya minum air akan menyebabkan mulut terasa kering sehingga mulut pun akan mengeluarkan bau yang tak sedap. Seperti halnya orang yang berpuasa karena tidak minum amak banyak orang yang mengeluarkan bau yang tak sedap.

2. Tingginya kadar asam lambung


Penyebab yang kedua adalah karena kadar asm lambung yang tinggi karena memang orang yang mengalami kadar asam lambung yang tinggi akan mengalami masalah dalam bau mulut. Orang yang memiliki asam lambung tinggi akan sering bersendawa dan disitu akan mengeluarkan bau yang tak sedap.

3. Gigi kurang bersih


Kurang kebersiahna gigi juga menjadi pemicu masalah bau mulut yang di derita dan dalam penelitian memang mengatakan bahwa masalah bau mulut ini 85 persen di sebabkan oleh karena kurang bersihna menjaga dan juga merwat gigi. Bau mulut yang terjadi ini dikarenakan adanya sisa makanan yang menempel pada gigi.

4. Lidah kurang bersih


Penyebab selanjutnya adalah kurang bersihnya dalam menjaga kebersihan dari lidah  karena memang banyak dari penderita yang lebih focus membersihkan giginya saja dan lupa untuk membersihkan ludahnya. Dan jika lidah masih di biarkan kotor sampai lidah memiliki lapisan yang berwarna kuning maka bau mulut akan tetap terjadi.

5. Makanan berbau tak sedap


Untuk penyebab yang selanjutnya adalah penderita sering mengkonsumsi makanan yang mempunyai bau yang tak sedap sehingga bau mulut pun juga tidak sedap. Makanan yang perlu di hindari bagi penderita bau mulut agar baunya tidak semakin menjadi adalah seperti kopi, jengkol, petai, bawang putih serta bawang merah.

6. Mulut kering


Mulut yang kering juga menjadi salah satu penyebab dari kurang sedapnya bau mulut dari penderitanya. Biasany mulut yang kering terjadi karena di sebabkan oleh dehidrasi akan  tetapi, bisa juga di karekan karena penderita mengalami masalah dalam pernafasan melalui hidung sehingga membuat penderita menghidup udara melalui mulut yang membuat mulut kering.

7. Infeksi sinus


Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita mengalmai infeksi pada sinusnya dan inilah yang membuat terjadinya infeksi dan inilah yang lalu memicu keluarnya aroma tak sedap. Jika bau mulut di sebabkan oleh adanya infeksi dari infeksi sinus maka penderita dapat menggunakan antibiotiklah yang bisa menjadi solusi terbaiknya dan pastikan jika menggunakan resep dokter agar bau mulut pun cepat sembuh.

8. Radang tenggorokan


Penderita bau mulut juga akan mengalami gejala peradangan pada tenggorokannya dan radang ini ada pada bagian amandelnya. Karena memang pada saat itu amandel mengalami infeksi sehingga membuat amandel bengkak dan juga menghasilkan butiran- butiran Kristal dan butiran itulah yang penyebab dari bau mulut.

9. Penyakit kanker


Banyak yang mengalami bau mulut yang di sebabkan karena penderita memiliki penyakit kanker dan juga banyak peneliti yang menyatakan seperti itu.

10. Merokok


Penyebab yang paling sering dijumpai adalah merokok karena memamng merokok adalah satu penyebab bau mulut yang tak sedap.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Epilepsy Orang Dewasa yang Perlu Diketahui

Penyebab bau mulut lainnya


11. Karena adanya infeksi gusi
12.  Masalah bronchitis

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai bau mulut. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga dapat bermanfaat memberikan informasi tentang penyakit. Terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …