Langsung ke konten utama

20 Obat Paru Paru Basah yang Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

Paru-paru basah juga dikenal dengan istilah medis pneumonia di mana ini dikatakan sebagai sebuah kondisi penyakit infeksi yang menyerang salah satu atau kedua sisi paru-paru. Penyebab munculnya infeksi tersebut bisa dikarenakan virus, bakteri, atau jamur. Saat paru-paru basah terjadi, ini tandanya sedang ada infeksi atau peradangan di bagian kantong udara paru-paru atau alveoli.

Alveoli akan penuh dengan nanah atau cairan sehingga inilah asal di mana kondisi pneumonia terjadi dan dinamakan dengan istilah paru-paru basah. Gejala paru-paru basah paling umum yang disebabkan oleh bakteri perkembangannya cukup cepat.

20 Obat Paru Paru Basah yang Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mengobati paru-paru basah, ada obat-obat kimia dan juga obat tradisional yang bisa dicoba selama perawatan di rumah. Anda dapat mencoba berbagai rekomendasi obat paru-paru basah di bawah ini demi kesembuhan Anda:

1. Antibiotik


Obat paru-paru basah yang pertama adalah antibiotik, jenis obat yang penderita paru-paru basah bisa gunakan ketika kondisi disebabkan oleh bakteri. Meminum obat antibiotik tak boleh Anda hentikan, hati-hati karena ini bakal memicu lebih mudahnya paru-paru basah untuk kambuh lagi lebih cepat. Banyak orang yang menghentikannya ketika sudah merasa baikan sedikit. Teruskanlah konsumsinya walau sudah terasa enakan demi mencegah agar paru-paru basah tidak kambuh terus-terusan.

2. Minyak Oregano


Dalam memerangi kuman yang memicu pneumonia, minyak oregano adalah salah satu bahan alami yang dapat Anda andalkan. Sifat antivirusnya cukup tinggi berikut juga antijamur dan antibakterinya. Ketika paru-paru dipenuhi lendir sehingga membuat saluran pernapasan menjadi terhambat, minyak inilah yang bertugas mengencerkan lendir dan melancarkan jalur pernapasan.

3. Obat Antivirus


Selain dari antibiotik, penderita paru-paru basah kemungkinan juga membutuhkan obat antivirus. Ini karena antibiotik hanya berguna untuk memerangi gejala atau kasus paru-paru basah yang dipicu oleh bakteri, dan tidak untuk yang penyebabnya adalah virus. Jadi, obat antiviruslah yang sebaiknya digunakan dalam mengobati karena gejala diyakini dapat membaik hanya dalam kurun waktu 1 sampai 3 minggu.

4. Minyak Terpentin


Anda bisa mencoba menggunakan minyak terpentin. Caranya: Ambil beberapa tetes minyak terpentin secukupnya dan gosokkanlah ke area tulang rusuk Anda berada. Boleh juga bila ingin dicampur dengan kapur barus, lalu pijat-pijatlah bagian tersebut lalu tutupi dengan kapas hangat. Rasa sakit akibat pneumonia ini akan reda secara alami.

5. Lada Hitam dan Daun Kemangi


Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi yang dikombinasikan dengan lada hitam ternyata dapat menjadi obat paru paru basah. Cara penggunaan keduanya pun tergolong sederhana untuk dilakukan tanpa membutuhkan waktu banyak.

6. Kunyit


Kunyit memang adalah rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi jantung lemah, tapi ada manfaat lainnya yang bisa Anda ambil, yaitu cara mengobati paru-paru basah. Supaya lendir di dalam kantong paru-paru dapat berkurang, Anda dapat menggunakan kunyit yang memang bersifat antibakteri dan antivirus dalam memerangi infeksi.

7. Biji Wijen


Bila Anda membutuhkan obat alami atau tradisional yang mampu mengusir lendir serta dahak, ekspektoran alami dari biji wijen akan sangat menolong Anda. Supaya lendir berkurang, biji wijen adalah pilihan tepat dan sederhana untuk dijadikan obat.

8. Biji Fenugreek


Ada sifat mukolitik pada biji fenugreek yang dapat diandalkan sebagai pelega alami bagi kemacetan pernapasan yang terjadi di paru-paru. Bila penderita paru-paru basah mengalami demam, fenugreek ini juga akan menurunkannya dengan cepat serta mendukung keluarnya racun dari dalam tubuh.

9. Cabe Rawit


Cabe rawit merupakan bahan alami dengan kandungan tinggi akan capsaicin yang bertugas menstimulasi pelepasan lendir yang asalnya dari saluran pernapasan. Ketika menggunakan cabe rawit sebagai obat, lendir akan dibersihkan dari pernapasan dan akan menjaga kesehatan paru-paru dengan beta karoten-nya.

10. Jus Sayuran


Untuk mengembalikan fungsi paru-paru dan menghilangkan lendir berlebih pada alveoli, Anda bisa menggunakan jus sayuran sebagai obat alami tanpa efek samping. Jus mentimun, jus bit, jus bayam, jus wortel dan lainnya dapat Anda gunakan untuk mengatasi pneumonia. Ini karena sistem daya tahan tubuh akan meningkat dan lendir pun bakal terencerkan ditambah pula ada proses detoksifikasi yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga: 14 Gejala Radang Panggul pada Tubuh yang Wajib Diwaspadai

Selain 10 obat paru-paru basah, ada 10 obat lainnya yang perlu Anda ketahui:

11. Kaldu Kalium
12. Bawang Putih
13. Baking Soda
14. Daun Labu
15. Air Garam
16. Daun Sembung
17. Daun Salam Koja
18. Minyak Kayu Putih
19. Tanaman Ciplukan
20. Bunga Sepatu

Informasi di atas merupakan obat penyakit paru paru basah kimia dan tradisional yang bisa Anda pertimbangkan serta coba di rumah. Perubahan gaya hidup juga diperlukan supaya paru-paru basah tidak lagi kambuh.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …