Langsung ke konten utama

8 Makanan untuk Penderita Penyakit Gondok yang Disarankan

Mengalami penyakit gondok sangat menyebalkan jika tidak segera ditanggulangi. Penyakit yang menyerang area leher ini bisa mengganggu aktivitas terutama saat makan dan minum. Pembengkakan pada leher juga berpengaruh pada segala aktivitas baik itu bekerja, bersekolah atau berisitirahat.

Penyakit ini timbul akibat kurangnya zat yudium dalam tubuh dan terlalus ering mengonsumsi es juga pemicu penyakit gondok ini. Namun, tidak perlu khawatir karena penyakit ini tergolong ringan, hanya saja perlu perlakuan khusus agar segera membaik. Lantas bagaimana caranya ?

8 Makanan untuk Penderita Penyakit Gondok yang Disarankan

Nah berikut ini ada beberapa alternatif makanan yang dihususkan bagi penderita penyakit gondok ini agar membantu asupan gizi dan bisa mengurangi penyakit yang diderita. Berikut pemaparanya :

1. Bawang Putih


Salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat ini sangat berguna bagi penderita penyakit gondok. Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat ampuh sebagai obat dan makanan alternatif penderita berbagai penyakit, termasuk penyakit gondok. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa selenium dalam bawang putih yang berfungsi sebagai penawar pembengkakan pada kelenjat tiroid di area leher. Sehingga akan mempercepat  baiknya  kondisi pembengkakan akibat gondok yang diderita.

2. Brokoli


Salah satu sayuran ini adalah yang terbaik sebagai alternatif makanan untuk penderita penyakit gondok. Sayuran ini digunakan sebagai pencegah sekaligus penyembuh penyakit tersebut. Hanya dengan mengkonsumsi secara rutin, permasalahan pembengkakan kelenjar tiroid yang diderita dapat segera di sembuhkan dan dicegah.

3. Telur


Kekayaan kandungan protein dalam telur sangat bermanfaat untuk menambag gizi dan asupan nutrisi dalam tubuh. Protein sendiri juga berfungsi aktif sebgai zat anti penyakit gondok. Senyawa didalamnya seperti zat besi dan yudium ternyata sangat banyak dan bagus untuk membantu menyembuhkan penyakit gondok yang diderita.

Hal ini sudah dibuktikan secara medis dan laboratorium bahwa telur mampu dijadikan alternatif pengobatan alami bagi penyakit ini. Namun, perlu disadari bahwa telur yang baik bagi penyakit gondok dimasak hanya direbus saja dan usahakan menggunakan telur bebek atau ayam kampung bukan dari hasil peternakan atau ras.

Karena kandungan di dalam telur ras atau peternak justru mengandung senyawa aktif yang bersifat racun karena pemeliharaanya menggunakan obat obatan kima berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

4. Bayam


Klaster sayuran lainya yang sangat bermanfaat sebagai makanan bagi penderita penyakit gondok adalah bayam. Fungsinya sebagai penyuplay nutrisi tubuh seperti protein, mineral, zat besi dan vitamin sangat membantu dalam pengobatan penyakit tersebut. Hal ini juga sudah digambarkan dalam sebuah film popeye yang terkenal akan kekuatanya dengan mengkonsumsi bayam saja. Nah, film tersebut ternyata tidak semata mata sebagai hiburan saja melainkan dalam kenyataan mampu dijadikan alternatif makanan untuk mencegah penyakit gondok.

5. Tomat


Salah satu klaster buah yang bertekstur air dan memiliki rasa asam ini condong kurang digemari. Padahal buah ini kaya akan manfaat sebagai alternatif pencegah penyakit gondok. Senyawa likopen dalam toman memiliki antioksidan tinggi dan mampu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. selain itu, kegunaanya juga sebagai alternatif makanan dalam menyembuhkan penyakit gondok dari vitamin c tinggi didalamnya.

6. Daging merah


Mendapatkan makanan sumber protein hewani ini juga terbilang mudah. Apalagi bagi penderita penyakit gondok yang harus menambah asupan gizi terutama zat besi dan yodium. Daging merah merupakan alternatif pilihan yang tepat karena mengandung zat besi tinggi. Dengan mengkonsumsi daging merah ini secara rutin, bisa membantu proses menghilangkan pembengkakan akibat penyakit gondog yang diderita.

7. Jamu


Sumber makanan lain yang kaya akan selenium adalah jamur. Kegunaan dari selenium sendiri untuk penderita godnok adalah mengurangi bakteri dan pembengkakan kelenjar tiroid di area leher. Sehingga akan berfungsi maksimal jika dimasak secara baik. Olahan tepat untuk menu jamur bagi penderita gondok adalah membuatnya menjadi sup dan jangan digoreng. Karena itu akan mengakibatkan infeksi kembali di area leher akibat proses penggorengan.

8. Gandum


Makanan pengganti nasi yang memiliki kadar nutrisi lebih baik ini sangat berguna membantu kinerja kelenjar tiroid. Karbohidrat vitamin dan nutrisi lain sangat berperan bagi penderita penyakit gondok agar cepat sembuh. Konsumsilah gandum secara rutin dan bisa mengurangi kelebhian kalori dalam tubuh agar tidak kelebihan berat badan.

Baca Juga: 7 Efek Buruk Air Tebu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Berbagai alternatif makanan yang sudah disajikan tidak akan bekerja secara maksimal jika kondisi dan pola hidup tidak di perbaiki. Jika penyakit gondok tidak kunjung sembuh juga alangkah baiknya dibawa  ke rumah sakit agar ditangai secara medis. Karena alternatif makanan tersebut digunakan hanya untuk membantu dan mencegah terjadina pembengkakan kelenjar tiroid (gondok).

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …