Langsung ke konten utama

14 Gejala Radang Panggul pada Tubuh yang Wajib Diwaspadai

Dalam istilah medisnya, radang panggul juga disebut juga PID atau Pelvic Inflammatory Disease dan penyakit ini merupakan peradangan di organ-organ pada panggul wanita. Infeksi atau peradangan tersebut rata-rata muncul di bagian leher rahim, ovarium, rahim, tuba fallopi, atau panggul wanita. Bila Anda bertanya-tanya apakah kiranya pemicu utama infertilitas, maka radang panggul adalah salah satunya dan untungnya masih tergolong dapat dicegah.

Kebanyakan para wanita yang usianya 15-24 tahunlah yang terkena kasus radang panggul karena pada usia tersebutlah seorang wanita sangat aktif secara seksual. Radang panggul tak hanya menjadi salah satu faktor penyebab infertilitas, tapi juga pemicu dari kehamilan ektopik serta nyeri panggul kronis. Berikut ini gejala radang panggul yang perlu Anda ketahui

14 Gejala Radang Panggul pada Tubuh yang Wajib Diwaspadai

1. Perut Bagian Bawah Terasa Nyeri


Gejala radang panggul yang pertama yakni perut bagian bawah yang rasanya tiba-tiba sakit, memang bisa jadi adalah rasa nyeri yang biasanya dirasakan ketika memasuki masa datang bulan. Tapi ketika rasa sakit ini berkelanjutan dan dapat muncul meski sudah lewat dari masa menstruasi, Anda perlu curiga. Rasa sakit tersebut dapat diartikan sebagai gejala radang panggul.

2. Nyeri Panggul


Ketika terjadi peradangan atau inflamasi di bagian panggul, maka tak heran kalau salah satu gejalanya adalah ada rasa nyeri di bagian panggul. Saat panggul mulai sakit, mungkin Anda akan mengabaikannya bila hal tersebut hanya sementara dan beberapa hari saja. Tapi saat sudah berkelanjutan,

3. Terasa Sakit saat Buang Air Kecil


Infeksi saluran kencing juga, batu ginjal serta infeksi kandung kemih adalah kondisi gangguan kesehatan lainnya yang memiliki gejala sakit saat buang air kecil. Jadi jika rasa sakit tersebut selalu muncul terus-menerus, Anda wajib memastikan apa yang tengah terjadi, khususnya bila Anda tak merasa sering menahan buang air kecil. Dengan diagnosa Anda akan tahu apakah ini ada kaitannya dengan radang panggul.

4. Terasa Sakit saat Berhubungan Intim


Berhubungan intim dengan suami dan terasa sakit di area kewanitaan Anda dapat menandakan ada yang tak beres pada bagian panggul Anda. Kemungkinan adanya kondisi penyakit lain pun cukup besar, namun saat gejala ini timbul bersama beberapa gejala lain yang sudah disebutkan, Anda patut mewaspadainya sebagai radang panggul.

5. Demam Tinggi


Ada banyak penyakit yang dapat ditandai dengan adanya kondisi demam ini, namun ketika rasa sakit di area panggul kerap muncul ditambah dengan demam ini, bisa jadi radang panggul adalah masalahnya. Demam ini juga biasanya disertai dengan menggigil.

6. Perubahan Warna saat Keputihan


Saat seorang wanita mengalami keputihan biasanya keluar lendir berwarna putih, pada penderita gejala radang panggul akan keluar lendir yang warnanya kuning atau hijau. Keputihan yang warnanya sudah berubah kemungkinan besar adalah tanda infeksi mulai menyerang organ reproduksi.

7. Mual dan Muntah


Rasa mual pun terjadi dan sangat membuat penderitanya tidak nyaman. Biasanya ini bakal terjadi ketika penderita mengalami demam, dan kemungkinan besar akan selalu diikuti dengan muntah-muntah. Jika gejala ini muncul cukup lama dan berjangka panjang, jangan lagi abaikan.

8. Datang Bulan Sangat Lama


Kalau normalnya datang bulan yang dialami wanita paling lama adalah sekitar 5 hari sampai 1 minggu, datang bulan sebagai gejala radang panggul bisa terjadi sangat lama. Masa menstruasi bakal lebih panjang dari biasanya ini termasuk tak normal.

9. Rasa Nyeri Berlebih ketika Datang Bulan


Selain menstruasi waktunya jauh lebih panjang, Anda juga bakal merasakan ada yang tak beres pada bagian perut Anda di mana rasa sakit atau nyerinya begitu tak nyaman. Rasa sakitnya jauh lebih menyiksa ketimbang saat menstruasi di hari-hari biasa dan normalnya.

10. Pendarahan Lebih Banyak saat Datang Bulan


Jika pendarahan lebih banyak dari hari-hari biasanya Anda mengalami datang bulan, ini bisa jadi adalah tanda adanya masalah di bagian panggul. Bahkan pendarahan ini bisa saja tidak berhenti dan terus berlanjut di antara periode datang bulan. Kalau seharusnya Anda tahu bahwa masa datang bulan sudah selesai tapi justru pendarahan masih terjadi.

Baca Juga: 10 Obat Hipertiroid yang Paling Ampuh untuk Tubuh

Selain 10 gejala tersebut, ada 4 gejala juga yang perlu Anda ketahui:


11. Cepat-Lelah
12. Cairan Keputihan Berbau Tak Sedap
13. Pingsan
14. Kram karena menstruasi

Gejala penyakit radang panggul yang mengintai apabila penderita tak menyelesaikan masa perawatan dan pengobatannya hingga benar-benar total. Radang panggul adalah jenis kondisi penyakit yang mampu datang kembali lagi dan lagi. Ketika radang tersebut kembali, area yang sama bakal terinfeksi sehingga memicu kondisi organ reproduksi lebih gampang terserang bakteri.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …