Langsung ke konten utama

21 Cara untuk Melakukan Pengobatan Batu Ginjal yang Disarankan

Ginjal merupakan salah satu organ vital pada manusia yang berguna untuk menyaring darah dari segala zat yang sekiranya tidak dibutuhkan tubuh dan berakhir untuk dibuang keluar tubuh melalui urine. Terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang ginjal, salah satunya batu ginjal. Maka dari itu, anda harus mengetahui cara pengobatan batu ginjal.

Batu ginjal diakibatkan oleh pengendapan Kristal pada saluran kemih manusia yang disebabkan oleh pengendapan bahan-bahan kimiawi yang disaring dalam tubuh dan menumpuk hingga akhirnya terbentuklah batu ginjal. Batu ginjal akan diperburuk apabila tubuh kekurangan cairan. Berikut ini merupakan pengobatan batu ginjal.

21 Cara untuk Melakukan Pengobatan Batu Ginjal yang Disarankan

1. Saxifraga Ligulita


Pengobatan batu ginjal yang pertama adalah Saxifraga Ligulita. Tanaman yang satu ini mungkin jarang terdengar di telinga anda semua. Namun tanaman ini dapat membantu penyembuhan batu ginjal menjadi lebih efektif. Dalam tanaman Saxifraga Ligulita mengandung antiseptik kemih tinggi yang dapat diandalkan oleh penderita batu ginjal.

2. ESWL


ESWL merupakan salah satu metode untuk menghancurkan batu dalam ginjal yang mengganggu. Untuk melakukan metode ini, tenaga medis biasa menggunakan gelombang berfrekuensi suara yang nantinya akan ditembakkan ke bagian ginjal untuk menghancurkan batu ginjal.

3. Minyak Zaitun


Minyak zaitun biasnya digunakan untuk perawatan kecantikan pada kulit. Tetapi, minyak ini juga bisa anda gunakan untuk mengobati batu ginjal. Dengan mencampurnya dengan jus lemon. Kandungan asam sitrat dalam minyak zaitun ini yang akan memecah batu ginjal dan menyembuhkannya.

4. Cuka Sari Apel


Cuka sari apel merupakan obat herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit yang serius seperti tekanan darah tinggi, batu empedu dan batu ginjal ini. Selain itu, cuka sari apel juga akan mengobati kolesterol tinggi. Caranya cukup mudah konsumsi lah 2 sendok makan dan campurkan dengan air hangat.

5. Semangka


Semangka merupakan buah yang sangat kaya akan cairan dan biasanya berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Dengan rasa semangka yang segar, semangka dapat anda manfaatkan untuk mengobati batu ginjal anda. Semangka kaya akan kandungan kalium dan kandungan air yang tinggi akan membantu penyembuhan batu ginjal.

6. Bedah Terbuka


Selain menggunakan obat-obatan, anda juga bisa menggunakan operasi untuk menghilangkan batu ginjal yang salah satu contohnya adalah operasi terbuka. Apabila ukuran batu dalam ginjal sudah sangat besar, maka operasi bedah sangatlah diperlukan agar tidak terjadi risiko yang lebih berbahaya bagi tubuh.

7. Delima


Delima merupakan buah yang sangat digemari oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Tetapi, delima juga bisa mengobati batu ginjal yang berbahaya. Bahkan ahli herbal dapat mengandalkan buah ini dengan cara mengonsumsi minimal satu buah dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. PCNL


PCNL digunakan untuk menghancurkan batu ginjal menggunakan alat yang bernama nephroscope untuk memecah batu ginjal  dan akhirnya batu dapat dikeluarkan. Namun, cara ini hanyalah alternatif apabila cara ESWL tidak sukses dilakukan. Anda harus selalu memeriksakan diri ke dokter untuk kondisi anda agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

9. Daun Sendok


Pada beberapa penelitian dibuktikan bahwa daun sendok akan bermanfaat pada pemecahan batu ginjal. Pembentukan kristal akan terhambat hanya dengan mengonsumsi daun sendok ini. Dengan daun sendok yang direbus dan diminum secara teratur akan mempercepat penyembuhan batu ginjal.

10. Kacang Merah


Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang kaya serat dan berguna untuk memperlancar BAB. Selain itu, kacang merah juga akan sangat efektif untuk mengobati batu ginjal dan mengobati beberapa gangguan pada saluran kantung kemih. Akan tetapi, di beberapa kasus kacang ini tidak bekerja tergantung ukuran dari batu ginjal tersebut.

Baca Juga: 10 Gejala Awal HIV yang Patut Anda Waspadai

Cara untuk Melakukan Pengobatan Batu Ginjal Lainnya


11. Daun Kemangi
12. Tanjung
13. Seledri
14. Rumput Upas-Upasan
15. Kumis Kucing
16. Ureteroskopi
17. Ajwain
18. Jus Lemon
19. Meniran Hijau
20. Konsumsi Mentimun
21. Minum air putih dengan cukup

Anda harus memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang benar agar tidak terjadi risiko yang lebih berbahaya dan berujung kerusakan ginjal dan gagal ginjal. Maka dari itu jagalah kesehatan ginjal anda, mengingat fungsinya yang sangat vital untuk tubuh agar tidak mudah diserang penyakit.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …