Langsung ke konten utama

7 Bahaya Minum Teh Setelah Makan untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi teh merupakan kenikmatan tersendiri yang dirasakan akibat kehangatanya dan aromanya. Bahkan bagi orang tua, meminum teh dilakukan setiap pagi demi meningkatkan energi dan merasa kurang jika belum mengkonsum teh ini.

Apalagi penambhaan gula batu menambah nikmat tiada tara. terlebih lagi setelah makan makanan panas atau apapun itu, akan lebih lengkap dengan mengkonsumsi teh ini. Rasa dan aromanya yang menggugah selera tidak bisa tergantikan. Banyak manfaat sebenarnya teh ini bagi kesehatan, tetapi jika dikonsumsi setelah makan justru kebalikanya.

7 Bahaya Minum Teh Setelah Makan untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa bahaya yang bisa diakibatkan setelah mengkonsumsi teh yang dilakukan sehabis makan :

1. Terhambatnya Penyerapan Zat besi


Minuman teh ini memang sangat cocok dengan segala makanan. tetapi, dengan mengkonsumsi teh sehabis makan akan mengakibatkan penyerapan zat besi dari nutrisi makanan yang dikonsumsi akan terhambat. Penyerapan zat besi akan melambat karena kadar kafein dalam teh bisa mengurangi kinerja lambung dalam menyerap makanan.

2. Mampu memicu anemia


Jika hal ini dibairkan saja makan tubuh akan kekurangan zat besi. Jika konsumsi teh terus dilakukan sehabis makan, bisa saja Anda terkena penyakit anemia. Anemia sendiri merupakan penyakit yang mengindikasikan tubuh kekurangan sel darah merah. Jika hal ini sudah terjadi, maka indikasi awalnya adalah sering terkena sakit kepala. Bahkan sangat ebresiko bagi ibu hamil jika mengalami anemia ini. Karena, penyakit ini tidak hanya menyerang sang ibu, tetapi calon bayi juga terjangkit dampaknya.

3. Malnutrisi


Malnutrisi sama halnya dengan kekrungan gizi dalam tubuh.Zat kafein dalam teh bisa mengikat gizi dalam makanan yang dikonsumsi. seperti vitamin, protein, atau zat besi yang menyebabkan tubuh kekurngan gizi seimbang. Akan lebih baik jika mengkonsumsi teh ini dilakukan setelah makan dengan jeda waktu setidaknya 2 jam setelah makan. Lebih baik, ganti konusmis teh Anda dengan air putih biasa agar lebih menyehatkan.

4. Permasalahan Fisiologis


Pemicu dari masalah ini adalah terlalu sering mengkonsumsi teh baik itu es teh, tawar atau hangat ketika makan dan setelah makan. Seperti dalam dunia medis dikatakan sebagai penurunan bioavailabilitas katekin. Senyawa ini akan berkurang kadar dalam tubuh yang mengakibatkan penyakit fisiologis. Karena fungsinya yang sangat vital dan terkandung dalam teh apapun. masih mau mencoba teh setelah makan ? coba pertimbangkan lagi

5. Kelahiran cacat


Seperti yang sudah disinggung pada point sebelumnya, teh mampu memicu kelainan pada bayi. Khususnya pada ibu  hamil, konsumsi teh perlu dibatasi agar dampak buruk ini tidak terjadi. Apalagi, ini mampu mengakibatkan kecacatan sang buah hati ketika lahir.

Keadaan dimana seorang ibu sering mengkonsumsi air teh setelah makan menyebabkan neural tube defects atau kelainan kelahiran pada tulang belakang bayi. hubunganya adalah pengikatan zat besi yang bisa dilakukanoleh teh sendiri terhadap makanan yang dikonsumsi ibu hamil sebagai penopang kesehatan janin.

6. Dehidrasi


Kesegaran pada teh dan kehangatanya bukan dirasakan dalam jangka panjang. Justri dengan mengkonsumsi teh malah menyebabkan Anda kekurangan cairan tubuh. bahkan mampu menyebabkan dehidrasi. rasa haus dengan mengkonsumsi teh setelah makan akan meningkat dan berbanding terbalik jika Anda mengkonsumsi air putih biasa. Sifat deuretik pada daun teh lah yang menyebabkan hal ini.

7. Depresi pasca melahirkan


Akibat lain yang bisa diderita seseorang ketika mengkonsumsi teh setelah makan adalah akibat ini. Dimana mengancam pada kondisi depresi pasca melahirkan bagi ibu. Pola makan dan minum yang belum diatur dan kecenderungan mengkonsumsi teh ini setelah makan mengakibatkan depresi berat setelah melahirkan.

Penyebabnya adalah sama yaitu pengikatan zat besi dalam nutrisi makanan yang dilakukan zat dan senyawa teh. Baik itu teh tawar, manis atau Anda tambahkan dengan es sekalipun. Kondisi ini dalam medis sering disebut postpartum depression.

Baca Juga: 7 Bahaya Air Kelapa untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Kehangatan dalam setiap tegukan air teh memang tidak bisa tergantikan. Perlu perhatian dalam cara mengkonsumsinya akan jauh lebih baik ketimbang secara serampangan menikmati aroma dan rasanya yang khas. Jika dilihat dari bagaimana efek sampingnya, setelah makan lebih baik mengkonsumsi air putih akan lebih aman dan menyehatkan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …