Langsung ke konten utama

9 Bahaya Minum Kopi untuk Wanita Haid yang Perlu Diwaspadai

Bagi kalangan wanita, kebutuhan akan kopi sekarang sudah menjadi trend tersendiri. Banyak wanita saat ini malah bekerja di bidang industri kopi. Barista perempuan di zaman saat ini sudah menjamur dan menjadi trend tersendiri di coffe shop.

Hal ini mengindikasikan bahwa kopi sudah melekat di kalangan perempuan tidak ada batasnya. Namun, perlu digaris bawahi bahwa senyawa aktif dalam kopi bisa menimbulkan berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. Terutama bagi wanita yang mengalami haid atau menstruasi tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi terlebih dahulu.

9 Bahaya Minum Kopi untuk Wanita Haid yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini ada beberapa bahaya mengkonsumsi kopi bagi wanita haid :

1. Meningkatkan resiko Kanker Payudara


Resiko kanker payudara bisa timbul akibat terlalu sering mengkonsumsi kopi pada wanita pada asa menstruasi. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi menyebabkan kadar hormon ekstrogen meningkat dalam tubuh. Efek yang bisa dirasakan adalah badan yang terasa tidak enak danperasaan emosi tinggi. Jadi, upayakan menghindari terlebih dahulu konsumsi kopi bagi wanita saat menstruasi.

2. Kanker Endometrium


Kanker ini merupakan kanker yang menyerang kondisi rahim. Peningkatan kadar hormon ekstrogen dalam tubuh wanita yang dipicu konsumsi kopi pada saat menstruasi merupakan penyebabnya. Jika demikian keadaan sel telur akan memecah dan tidak bisa dibuahi dan sudah menempel pada dinding rahim. Akibatnya, sel telur ini tidak akan lepas dan rusak secara berkelanjutan jika terus mengkonsumsi kopi. Inilah yang menjadi sel kanker dikemudian hari.

3. Gejala Pra Menstruasi Memburuk


Setiap wanita sebelum mengalami menstruasi selalu menghadapi periode PMS. Periode ini merupakan sindrom yang menyebalkan bagi kaum wanita. Jika seseorang wanita masih saja mengkonsumsi kopi saat menstruasi akan memperburuk gejala PMS. Dimana rasa nyeri, sakit kepala, emosi labil bahkan perut yang sakit samoai kram bisa diperparah. Jadi, masih ingin mengkonsumsi saat mens wahai wanita ?

4. Darah Tinggi


Jelas kafein dalam tubuh yang menyebabkan gejala darah tinggi ini. Resiko ini juga menimpa kaum adam juga. Kafein dalam kopi memicu peredaran darah yang tidak lancar. apalagi proses detoksifikasi dalam tubuh akan ikut melemah jika secara terus menerus mengkonsumsi kopi ini. Efek yang ditimbulkan nantinya adalah sering merasa lemas dan cemas. Sehingga suasana hati mampu merubah mood yang bergejolak dan hati yang tidak nyaman.

5. Detak Jantung Tidak normal


Detak jatung wanita pada masa menstruasi akan lebih cepat akibat dipicu konsumsi kopi. Hormon yang meningkat seperti kortisol, epinefrin dan norepinefrin bisa dipicu dengan konsumsi kopi yang mengandung kafein tinggi. Kondisi naiknya hormon ini akan memicu kerja jantung yang berdetak tidak seperti biasanya dan berpengaruh pada hati juga. Sehingga seorang wanita akan lebih condong stress atau depresi.

6. Resiko Stree dan Depresi


Ketika seorang wanita mengalami menstruasi merupakan hal yang tidak bisa ditahan mengenai rasa sakit yang dirasakan. Beberapa masalahnya adalah naiknya hormon dan menahan rasa sakit adalah penyebabnya. Jika ditambah dengan konsumsi kopi, maka hormon akan meningkat dan ini mempengarungi kenyamanan hati. sehingga akan lebih terkena stress atau depresi saat kebiasaan ini dilanjutkan terus menerus.

7. Kram Pada Perut


Rasa sakit pada wanita pada bagian bawah perut di masa menstruasi adalah wajar dirasakan. Jika seorang wanita tetap mengkonsumsi kopi saat masa ini, bisa sangat membahayakan terkena kram perut. Rasa yang timbulkan akan lebih sakit dan berbahaya karena memperburuk kesehatan tubuh. Efek dari kopi yang bersifat deuretik mampu menyebabkan produksi urin lebih besar. Selain kram, seorang wanita akan mengalami dehidrasi.

8. Resiko Benjolan pada payudara


Sindrom ini dinamakan fibrikistik payudara. Banyak nya cairan pada masa menstruasi yang mengakibatkan benjolaan saat menstruasi akan membuat padat payudara dan lebih kenyal. Jika seorang mengkonsumsi kopi ini saat menstruasi maka benjolan tersebut akan meningkat. Jangan khawatir, benjolan ini bukan sebagai kanker atau semacamnya. nantinya saat masa menstruasi selesai keadaan payudara akan kembali normal.

9. Masa menstruasi memendek


wanita memiliki masa menstruasi dengan jangka yang sama biasanya. Siklus ini akan menjadi pendek jika seorang wanita mengkonsumsi kopi saat menstruasi. Kafein mampu mempengaruhi pembuluh darah sehngga darah yang mengair keuterus menjadi tidak lancar. Inilah yang menyebabkan siklus mensruasi memendek.

Baca Juga: 21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Sejatinya mengkonsumsi kopi tidak masalah jika diimbangi dengn banyaknya mengkonsumsi air putih. Apalagi bagi wanita yang sedang mens, harusnya memperbanyak konsumsi air putih ini agar keadaan tubuh stabil dan tidak kekurangan darah.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …