Langsung ke konten utama

21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Minuman herbal berkhasiat sudah menjadi alternatif pilihan banyak orang untuk mengurangi rasa sakit bahkan menyembuhkanya. Biasanya orang akan mengkonsumsi jamu dari berbagai tanaman herbal yang sudah diekstraksi. Misalnya kencur, kunyit, temulawak, lengkuas dan jahe.

Keberadaan bahan alami tersebut dirasa memiliki efek samping yang lebih aman dibandingkan dengan obatan kimia sehingga banyak orang beralih mengkonsumsinya. Tetapi, perlu di pahami bahwa mengkonsumsi jamu juga berdampak pada kesehatan

21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Berikut ini ada macam bahaya mengkonsumsi jamu :

1. Gagal Ginja Akut


Bahaya penyakit gagal ginjal ini merupakan efek dari pencapuran ramuan herbal dengan obat kimia. Pencampuran ini sangat berbahaya dan mampu merusak ginjal. Jamu yang dicampur dengan obat kimia berjenis fenibutason mampu menjadi racun dalam tubuh. Sehingga ginjal akan bekerja keras untuk menyaring cairan ini. secara perlahan dan berkelanjutan jamu yang dikonsumsi justru merusak ginjal.

2. Infeksi lambung


Jamu tradisional sangat berkhasiat dalam mengurangi berbagai penyakit. Salah satunya kadar asam dalam lambung bisa di netralisir dengan jamu ini. Tetapi, memang dengan jamu tradisional harus memakan waktu lama. Ketika jamu ini di konsumsi berlebih dan di tambahkan asam mefenamat atau fenibutason justru merusak lambung. Peningkatan asam dalam lambung akan bekerja cepat dan merobek dinding lambung.

3. Pendarahan dalam usus


sama halnya dengan peradangan dan infeksi lambung, usus pun bisa terkena infeksi jika mengkonsumsi jamu ini dengan oat obatan kimia. Peradangan usus dan berakibat pada pendarahan bisa saja terjadi kapan saja. Ketika jamu dicampurkan dengan obat kimia semacam asam mefenamat salah satunya. Akan menimbulkan infeksi sampai peradangan akut pada usus Anda,

4. Sakit Kepala


Efek ini cenderung ringan dirasakan oleh penikmat jamu tradisional. Biasanya efek ini terjadi ketika tubuh sedang meredup dan metabolisme menurun. Jika mengkonsumsi jamu penghilang pusing akan mengurangi resiko sakit kepala. tetapi, jangan mencampurkan obat kimia apapun ketika sehabis mengkonsumsi jamu. Biarkan kandungan alaminya bekerja secara perlahan.

5. Infeksi Hati


Hati sebagai produsen insulin dalam tubuh berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh. Fungsinya selain memproduksi insulin adalah menyaring protein dalam darah. Fungsi ini akan melamban jika sering mengkonsumsi jamu tradisional yang ditambahkan dengan obat metampiron. Akumulasi cairan dalam darah akan mengganggu kinerja hati secara perlahan.

6. Pengeroposan Tulang


Pengawasan terhadap jamu tradisional oleh badan POM belum secara menyeluruh dan harus berhati hati memilah nya. Beberapa jamu tradisional sudah di campurkan beberapa obat kimia berbahaya. Jika campurannya terdapat jenis obat prenison dalam jangka panjang kepadatan tulang akan menurun. Sehingga muncul penyakit osteoporosis.

7. Gangguan ritme pada Jantung


Sama halnya pada obat obatan kimia, jamu bisa berpengaruh terhadap ritme jantung. fungsinya sebagai obat pasti berpengaruh terhadap darah, konsistensi tubuh, kekebalan dan tekanan, Inilah yang perlu dikhawatirkan ketika mengkonsumsi jamu tradisional. Jika terlalu banyak maka ritme akan berjalan cepat sesuai dosis yang dikonsumsi.

8. Pelebaran Pembuluh darah


Penolakan terhadap jamu yang tiadk sesuai bisa saja dihadapi sebagain orang. Tubuh secara otomatis menolak keberadaan zat kima atau herbal lain dari konsumsi jamu. Reaksi ini akan mengakibatkan oelebaran pembuluh darah disekitaran wajah. Jadi ketika Anda salah mengkonsumsi jamu, bisa terindikasi dengan wajah yang membengkak.

9. Sembelit


Kesulitan membuang air besar ketika mengkonsumsi jamu tradisional bisa saja terjadi. Sembelit ini diakibatkan oleh sulitnya sistem pencernaan mencerna bahan kimia atau herbal dalam jamu. Sehingga konsistensi fases akan memadat dan bahaya pada jaringan anus Anda.

10. Kram Perut


Masalah lain adalah terjadinya kram pada perut. beberapa masalah perut dan organ pencernaan mudah diserang akibat kelebihan jamu tradisional. Biasanya timbul nyeri, perih dan perut terasa kembung dan mual. Segera hentikan konsumsi jamu daripada menimbulkan permasalahan baru.

Baca Juga: 14 Bahaya Konsumsi Es Teh Manis Terlalu Banyak untuk Tubuh

Beberapa bahaya kesehatan lain akibat konsumsi jamu terutama yang dicampurkn dengan obat kimia adalah

11. Kematian
12. Gangguan Pernafasan
13. Kerontokan Rambut
14. Ejakulasi Dini
15. Penurunan Daya tahan tubuh
16. Stamina menurun
17. Peningkatan tekanan darah
18. Pertumbuhan Bulu
19. Radang Hidung
20. Kehilangan Nafsu Makan
21. Gangguan Pengelihatan

Teliti dalam mengkonsumsi jamu perlu dilakukan. Jangan sampai obat kimia masuk dan Anda konsumsi bersamaan dengan jamu herbal Anda. Karena ketika pencampuran ini dilakukan, maka kesehatan Anda justru mengalami penurunan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …