Langsung ke konten utama

6 Bahaya Konsumsi Es Batu Setiap Hari untuk Kesehatan

Kebiasan yang dilakukan ketika meminum minuman dengan adanya es pasti dilakukan dengan mengunyak es batu didalam gelas. Apalagi, cuaca yangs edang panas akan menyegarkan dan mengurangi dahaga. Beberapa orang bahkan gemar mengkonsumsi es batu setiap hari tanpa dicampurkan dalam berbagai minuman atau sejenisnya.

Kebiasaan ini bisa saja tinggalan dari masa kecil yang belum bisa di tinggalkan. terlebih lagi, bicara mengenai anak anak, es batu merupakan kegemaran untuk di konsumsi. walapaun hanya sekedar es batu saja, mereka terlihat bahagia dan sangat senang menikmatinya. kendati demikian, ada juga bahaya mengkonsumsi es batu setiap hari jika ditelaah bersama.

6 Bahaya Konsumsi Es Batu Setiap Hari untuk Kesehatan

Berikut ini bahaya mengkonsumsi es batus etiap hari :

1. Mempercepat perut buncit


Mengkonsumsi es batu secara berkala baik bagi anak anak dan orang dewasaakn mempercepat perut membunciit. Hal ini dikarenakan suhu dingin yang ada di es batu berkontraksi dengan makanan. Jika seseorang sehabis makan makanan yang mengandung banyak minyak seperti mie ayam, rawon, soto bakso dan sejenisnya maka minyak tersebut dalam tubuh akan dibekukan.

Jika demikian, pemecahan yang dilakukan sistem pencernaan akan mengalami kesulitan. sehingga, minyak tersebut akan menumpuk di are perut, pipi dan lipatan lainya. tetapi yang paling menonjol adalah bagian perut yang semakin membuncit akibat konsumsi es batu berlebihan.

2. Menggangu Metabolisme


seperti yang sudah disinggung tadi bahwa. kandungan lemak dalam tubuh dapat dibekukan jika konsumsi es batu berlebihan. padahal, pencernaan makanan harus dilakukan tubuh dnegan penyesuaian suhu dalam tubuh. Jika dibekukan, maka proses pencernaan akan memakan waktu lebih lama.

Apalagi, es batu ini juga berpengaruh pada aliran darah. sehingga pembakaran lemak akan lebih lama dan metablisme tubuh menurun  akibat kekurangan nutrisi dari makanan yang belum dicerna.

3. Merusak Tekstur gigi


Pasti sudah menjdai kebiasaan anak anak jika gigi berlubang dan tanggal akibat terlalu banyak makan permen atau mengkonsumsi es batu ini. Tidak hanya pada anak anak, kaum dewasa akan mengalami penanggalan gigi lebih cepat jika sering mengunyak es batu saat sedang minum es teh atau es jeruk. email gigi akan rusak secara berkala dengan kebiasaan tersebut. email yang rusak akan mengakibatkan pengeroposan gigi dan mudah terpecah akibat kepadatannya berkurang. Pada akhirnya banyak gigi berlubang dan tanggal hanya dengan mengkonsumsi es batu.

4. Mengakibatkan Pusing


Benar, bahwa efek ini sering dialami ketika sering mengkonsumsi es batu atau minuman dingin. Apalagi, seseorang yang sehabis olah raga atau sedang kepanasan mengkonsumsi es batu ini. Sistem tuuh sedang melakukan pembakaran lemak jika Anda sehabis berolah raga. Kondisi demikian tubuh dan oto sedang mengalami ketegangan. jika di tabrak dengan mengkonsumsi es batu atau air es, maka ada perbedaan suhu tubuh dan minuman yang masuk kedalam. sehingga kinerja otot dan jantung mengalami penejangan. Akibatnya Anda akan merasa pusing karena proses pemompaand arah ke area kepala terganggu.

5.  Mengakibatkan sakit tenggorokan


Iritasi pada area mulut dan tenggorokan terjadi akibat terlalu banyak minum es atau es batu. hal ini disebabkan akibat banyaknya bakteri yang masuk dan amandel yang membengkak. Es batu memicu pembesaran amandel sehingga keseimbangan ubuh akn terganggu. Jika sudah demikian, maka peradangan tenggorokan akan terjadi lebih sering dan beresiko terkena batuk berdahak.

6. Mengurangi Sistem Kekebalan Tubuh


kaitanya dengan kebersihan dan air yang digunakan pada es batu. Jika produsen menggunakan air mentah dalam membuat es batu, dan dikonsumsi secara berlebihan, maka kekebalan tubuh akn menurun. Bakteri dalam air yang masuk dan tertelan dalam tubuh akan menumpuk. Biasanya kelebihan esecia coli menyebabkan diaree, mual bahkan sampai muntah. jeli dalam memilih es batu, jika es batu menggunakan air matang tekstur es akan benig berbeda dengan air yang digunkan mentah maka es akan berwarna putih.

Baca Juga: 14 Bahaya Konsumsi Arak Terlalu Banyak untuk Kesehatan

Mengkonsumsi air es atau es batu memang menyenagkan. apalagi bagi anak anak yang gemar akan hal dingin ini. Perhatikan konsumsi nya dan cegah jika sudah berlebihan akan membawa dampak baik untuk kesehatan kedepanya.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …