Langsung ke konten utama

14 Bahaya Konsumsi Arak Terlalu Banyak untuk Kesehatan

Arak merupakan minuman yang memiliki kadar alkohol tinggi dan memabukan. Beberapa arak di Indoneisa sangat terkenal di daerah wilayah imur seperti bali, NTT, NTB, Maluku dan Papua. Keberadaan minuman ini bisa dikaitkan dengan pesta adat yang sudah melekat sejak zaman dahulu. Beberapa orang juga menyebutnya khomar.

Arak ini biasanya terbuat dari fermnetasi nira yang disuling melalui beberap proses penyulingan. Lama penyimpanan mempengaruhi kadar alkohol didalam arak tersebut. penggemar arak pun semakin merasaj lela, dikarenakan konsumsi alkohol yang bermerk susah ditemukan dan harganya mahal.

14 Bahaya Konsumsi Arak Terlalu Banyak untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi arak bagi kesehatan :

1. Putusnya syaraf


arak memiliki kadnungan alkohol yang bersfat senyawa aktif bila dikonsumsi. Senyawa ini mampu berkontraksi dengan sistem syaraf manusia. Jika meminum arak, dipastikan banyak urat syaraf mengalami terputus. Sehingga sangat beresiko bila dilakukan dengan jangka waktu yang panjang dan lama.

2. Gangguan Berfikir


Jika seseorang mengalami gangguan jiwa maka dengan sendirinya orang it tidak memiliki nlar atau daya tangkap yang bagus. Sama halnya dengan arak yang dikonsumsi mampu menyebabkan gangguan mental dan cara berfikir. Jika batas maksimal sudah dilampaui, maka orang akan cenderung gila dan daya ingat menurun drastis. Sebab jarngan sel sel otak dan syaraf terputus.

3. Sisitem Kekebalan Tubuh Menurun


Kekebalan tubuh akan menurun seiring berjalanya waktu. Sistem kekebalan tubuh akan menurun setiap hari sesuai dosis arak yang dikonsumsi setiap harinya. Kondisi ini akan mempermudah masuknya banyak penyakit dari virus dan bakteri. Apalagi radikal bebas akan menyerang tubuh dan mengakibatkan penyakib berbahaya seperti kanker.

4. Kanker


Sudah dijelaskan tadi bahwa alkohol dalam tubuh tidak boleh sama sekali masuk. Organ dalam berikus sistem kekebalan tubuh akan menurun. Inilah yang memicu tumbuhnya sel sel kanker dalam tubuh secara berkala. beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi arak cenderung lebih beresiko terkena kanker.

5. Ketagihan


Bahaya sekali jiak sudah mengalami penyakit ketagihan ini. Arak yang dikonsumsi mampu menyembuhkan kegelisahan, kecemasan dan kepanikan namun hanya bersifat semu. Ketika perasaan itu datang kembali, maka arak akan menjkadi solusi dan dosisnya akan terus bertambah. Kondisi ini disebut sebagai sindrom alkohol yang sulit untuk di sembuhkan dalam waktu cepat.

6. Gula darah menurun


Jangan sangka ketika seseorang sedang mengalami penyakit gula darah harus meminum arak. Justru kestabilan gula dalam darah akan terganggu dengan konsumsi arak. kebutuhan gula dalam tubuh jelas diperlukan, tetapi gula darah yang terlalu rendah dapat mengakibatkan tubuh cepat lemas dan tidak bertenaga.

7. Darah tinggi.


Ya, sebaai efek negatif dari arak ini akibat adanya alkohol adalah memuncaknya tekanan darah. Jika demikian, maka alkohol akan menciderai dinding pembuluh darah. Iritasi ini akan berkelanjutan karena sifatnya yang panas dan tajam mampu merobek saluran arteri. Jika seseorang gemar mengkonsumsinya secara otomatis tekanan darah akan naik dan lebih cepat emosi.

8. Hilang kesadarn


Ketika sudah terlalu banyak meminum arak ini, maka kesadaran semakin menghilang. Fokus baik pAndangan, pendengaran dan cara berfikir akan berubah total. Orang akan terlihat nglantur atau tidak jelas. Sehingga beresiko terjadi kekacaun akibat kehilangan kesadaran.

9. Gagal Jantung


Penyait ini sering menyerang penikmat arak. Kelebihan alkohol yang memicu kerja jantung dapat beresiko terkena penyakit ini. beberpa orang bahkan akan mengalami gagal jantung seketika tanpa sadar. Sehingga kematian akan menghantui Anda.

10. Penyakit ginjal


Organ yang paling riskan terkena efek dari arak adalah ginjal. Jika sering mengkonsumsi arak, maka ginjal akan merespon dan menyaring cairan lebih keras. Jika sudah tidak mampu, maka ginjal akan membengkak dan tidak berfungsi. Akibatnya orang akan sering cuci darah setiap bulan dan resiko kematian lebih besar.

Baca Juga: 13 Fungsi Mentimun untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Beberpa permasalahan lain akibat efek dari arak bagi kesehatan adalah :

11.    Sering Sakit Kepala
12.    Gangguan Liver
13.    Peradangan Pangkreas
14.    Resiko Asam Urat tinggi

Minuman arak memang sudah membudaya bagi beberapa kalangan. Tetapi alangkah baiknya jangan sampai meminumnya walaupun hanya setetes. Jika sudah ketagihan, akan sulit untuk disembuhkan dan berbahya bagi kesehatan. Lebih baik ganti dengan minuman menyehatkan seperti susu, madu atau jus buah yang menyegarkan ketimbang mengkonsumsi arak.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …