Langsung ke konten utama

12 Penyebab Ginjal Bengkak Harus Diwaspadai

Penyebab Ginjal Bengkak - Penyebab ginjal bengkak atau pembesaran ginjal atau dalam istilah medisnya disebut hidronefrosis adalah penumpukan urine di salah satu ginjal (hidronefrosis unilateral) atau kedua ginjal (hidronefrosis bilateral). Hal ini dapat terjadi karena urine tidak bisa dikeluarkan menuju kandung kemih sehingga kembali naik ke ginjal.

Kondisi ginjal bengkak ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bayi. Pada bayi, kondisi ini bahkan sudah dapat dilihat sebelum bayi lahir melalui proses USG. Kenali penyebab ginjal bengkak berikut agar dapat menentukan langkah penanganan yang tepat.

Ginjal Bengkak


1. Tumor ginjal


Penyebeb ginjal bengkak yang pertama dapat  disebabkan oleh adanya tumor pada ginjal. Ginjal adalah organ penting  yang berfungsi untuk menyaring urine. Walaupun manusia mempunyai dua ginjal, tetapi tumor ginjal hanya menyerang satu ginjal saja.  Kelompok usia senja, sekitar 50an, beresiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Tidak ada keluhan yang dirasakan di awal munculnya tumor ginjal, tetapi nyeri dan pembengkakan di area pingggang akan muncul di stadium lanjut. Selain itu, disertai dengan keluhan lain seperti penurunan berat badan, anemia,  demam tinggi, hipertensi, perubahan warna urine dan adanya pembengkakan pada area testis.

2. Kehamilan


Kehamilan adalah penyebab ginjal bengkak khusus pada golongan perempuan. Pada ibu hamil terjadi ketidakseimbangan hormon. Pelepasan hormon dapat menyebabkan terjadinya penahanan sodium dan cairan lebih banyak didalam tubuh.

3. Pembekuan darah


Pembekuan darah sebenarnya proses yang wajar, karena ada saatnya pembekuan darah diperlukan untuk mencegah adanya pendarahan yang berkelanjutan, yang dapat membahayakan keselamatan jiwa. Namun, pada kasus ini pembekuan yang dimaksud adalah adanya pembekuan aliran darah ke organ ginjal. Bila dibiarkan terus-menerus tanpa adanya penanganan, maka dapat terjadi penumpukan cairan dan menjadi penyebab ginjal bengkak.

4. Batu ginjal


Batu ginjal atau disebut juga nefrolitiasis adalah keadaan yang menunjukkan adanya material dengan tekstur keras yang terbentuk  dari limbah atau racun pada darah di dalam ginjal. Racun dan limbah mengalami pengkristalan di dalam ginjal seiring berjalannnya waktu. Sehingga, susah untuk keluar bersama dengan urine. Kondisi ini dapat  memicu terjadinya gesekan antara batu tersebut dengan lapisan dinding ureter . Akibatnya dapat menimbulkan  luka atau iritasi. Inilah yang kemudian menjadikan pembengkakan ginjal.

5. Penyempitan ureter


Ureter adalah saluran berbentuk tabung yang  berfungsi menghantarkan urine dari ginjal ke kandung kemih. Untuk mendapat diagnosis yang tepat perlu adanya  pemeriksaan pencitraan pada saluran kemih, karena penyempitan ureter tidak dapat dideteksi hanya dengan menggunakan pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine. Untuk mengatasi kondisi ini penderita harus di operasi, karena belum tersedianya obat untuk menangani penyakit ini

6. Batu kandung kemih


Kandung kemih juga dapat menjadi salah satu penyebab ginjal bengkak. Batu kandung kemih terbentuk karena adanya pengendapan yang membatu di daerah saluran keluar urine. Adanya batu kandung kemih menyebabkan penderita kesulitan buang air kecil, perubahan warna pada urine dan adanya pembengkakan pada ginjal.

7. Pembesaran prostat


Untuk penyebab ginjal bengkak yang satu ini khusus terjadi pada pria, yakni adanya pembesaran di area prostat. Prostat adalah sebuah kelenjar pada  sistem reproduksi lelaki, yang berfungsi mengeluarkan cairan untuk menutrisi dan melindungi sperma. Gejala yang terjadi pada penyakit  ini meliputi, urin yang keluar secara tersendat-sendat, mengejan saat buang air kecil dan urine berdarah.

8. Trauma ginjal


Trauma ginjal dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kecelakaaan, tertembak dan tertusuk pada organ ginjal. Adanya trauma ini dapat menjadi faktor pemicu pembengkakan pada organ ginjal dan biasanya disertai keluhan sakit pada organ lain.

9. Kerusakan fungsi saraf kandung kemih


Kerusakan fungsi saraf kandung kemih bisa memicu pembengkakan pada ginjal. Kerusakan ini biasanya disertai adanya kondisi abnormal saat buang air kecil seperti anyang-anyangan dan perasaan tidak tuntas. Segera perikasakan apabila anda mengalami keluhan ini.

10. Tumor ureter


Tumor ureter adalah tumor yang tumbuh dan menyerang kandung kemih.  Bila kondisi ini tidak segera mendapat penanganan yang tepat dapat menjalar dan mengganggu kinerja organ lainnya. Selain itu, adanya tumor pada ureter juga dapat menjadi penyebab ginjal bengkak.

Adanya pembengkakan pada ginjal dapat menghambat proses pembuangan urine. Ini bukan hanya tidak nyaman namun juga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lain. Selain kesepuluh penyebab ginjal bengkak diatas, dua poin dibawah ini juga patut untuk anda ketahui.

Penyebab Ginjal Bengkak Lainnya :


11. Infeksi ginjal
12. Sindroma pilikistik ginjal

Ginjal adalah organ yang sangat penting guna menunjang kesehatan tubuh.Maka sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan ginjal anda, apalagi jika terjadi bengkak. Jangan biarkan dan segera periksakan ke dokter bila anda mengalami hal serupa. 

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …