Langsung ke konten utama

27 Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Rakitis

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Rakitis - Apa itu rakitis? Rakitis adalah penyakit yang umumnya terjadi akibat kekurangan vitamin D dan terjadi pada anak-anak.
Adanya suatu penyakit yang bersarang dalam tubuh, tentu patut diwaspadai, karena dikhawatirkan menimbulkan komplikasi penyakit kronis lainnya. Untuk itu, perlu anda untuk mengenal penyebab taupun gejala dari suatu penyakit. Berikut uraian mengenai penyebab dan gejala rakitis.

Penyakit Kaki, Kaki, Penyakit


1. ASI yang miskin Vit D


Penyebab dan gejala rakitis perlu diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan jiwa. Gejala rakitis yang sering ditemui di banyak negara berkembang adalah ASI yang miskin vitamin D. Ibu yang kurang asupan vitamin D akan memproduksi ASI yang miskin vitamin pula. Sehingga bayi atau anak akan rentan terkena rakitis

2. Cacat genetika


Rakitis yang terjadi pada anak-anak juga dapat disebabkan adanya cacat genetika. Pada kasus ini, penderita mengalami kelainan ginjal, menjadikan ginjal tidak dapat bekerja secara optimal dalam menyerap kalsium fosfat dalam tulang dan darah.

3. Memakai baby walker


Memakai baby walker umum digunakan pada bayi yang berusia 12 bulan. Pada usia tersebut orang tua beranggapan sudah waktunya anak untuk berjalan, sehingga baby walker digunakan sebagai alat bantu. Faktanya penggunanan baby walker merupakan tindakan kurang tepat karena pada anak yang belum mampu menopang berat badan hanya akan menggunakan satu kaki untuk menyangga, yang menyebabkan ketidakseimbangan otot.

4. Penyakit celiac


Penyakit celiac adalah kondisi yang menggambarkan reaksi negatif pada pencernaana karena mengkonsumsi gluten. Celiac bukan termasuk alergi, namun merupakan  kondisi autoimun dimana tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung dalam gluten sebagai zat yang membahayakan tubuh.

5. Kekurangan asupan makan yang kaya Vit D


Penyebab ini merupakan penyebab utama yang menjadikan seseorang terserang rakitis.  Asupan vitamin D dapat diperoleh dari susu, jamur, hati sapi, telur, minyak ikan kod, ikan berlemak, tahu tempe, tiram dan susu kedelai.

6. Cystic fibrosis


Cystic fibrosis adalah penyakit yang menggambarkan adanya penyumbatan di saluran nafas dan pencernaan, yang disebabkan mengentalnya lendir-lendir dalam tubuh. Pada saluran pencernaan, cystic fibrosis menimbulkan gejala sembelit, penurunan berat badan, warna kulit bayi berubah kuning dan tekstur tinja yang abnormal.

7. Kurang terkena sinar matahari


Sinar matahari adalah sumber alami untuk mendapat vitamin D. Kebanyakan seseorang takut untuk berjemur bukan karena alasan yang masuk akal, tetapi hanya tidak mengingikan warna kulit menjadi lebih gelap. Sebagai catatan, sinar matahari tidak akan merusak kulit bila berjemur dilakukan pada pukul 7 hingga 9 pagi. Sebagai tambahan, berjemur setidaknya 10 menit setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Menderita gangguan usus hati dan ginjal


Seseorang yang menderita gangguan usus, hati dan ginjal akan sangat rentan terkena rakitis. Ini terjadi karena terganggunya fungsi organ tersebut dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan mineral dan vitamin.

9. Efek samping obat-obatan


Rakitis mungkin terjadi pada seseorang yang sering menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya seseorang yang mengkonsusi obat-obatan anti kejang rentan terhadap rakitis, karena reaksi obat tersebut  dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengelola vitamin D.

10. Kelahiran prematur


Prematur adalah istilah yang menggambarkan kondisi lahirnya janin yang keluar tiga minggu atau lebih dulu sebelum waktu kelahiran normal. Kelahiran prematur ini menyebabkan pembentukan penyimpanan atau perbekalan vitamin D ketika dalam rahim belum terbentuk sempurna.

Selain sepuluh penyebab rakitis, anda juga perlu mewaspadai adanya penyebab lain dari rakitis. Dengan mewaspadai penyebabnya anda akan berpotensi lebih besar mengetahui cara untuk terhindar dari rakitis. Dua poin di bawah ini merupakan penyebab rakitis lainnya.

11. Gangguan fungsi ginjal
12. Penyakit radang pencernaan

Setelah mengatahui secara lengkap penyebab dan gejala rakitis, ada baiknya anda juga mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan rakitis. Lebih jauh lagi, apabila anda ataupun orang terdekat anda menunjukkan gejala yang sama, segera temui dokter guna mendapat penanganan yang tepat.

1. Nyeri tulang
2. Harrison alur
3. Ganguan pertumbuhan
4. Deformities rangka
5. Masalah gigi
6. Malleoli ganda dengan tanda akibat hiperplasil metaphyseal
7. Meningkat resiko patah tulang
8. Kelemahan otot
9. Hipokalsemia
10. Tetani atau kejang otot
11. Pembengkakan
12. Tengkorak lunak
13. Pelebaran pergelangan tangan yang mampi menimbulkan kecurigaan awal

Untuk mengobati penyakit rakitis anda dapat memperbanyak asupan gizi yang kaya dengan kalsium dan vitamin D. Perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada diri anda, karena itu sebagai bentuk pencegahan anda terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Tetap sehat dengan waspada pada setiap penyebab penyakit dan gejalanya.  

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …