Langsung ke konten utama

30 Penyebab dan Gejala Badan Lemas Setiap Hari

Penyebab dan Gejala Badan Lemas - Badan lemas sering kali dirasakan sebagai reaksi normal tubuh karena banyaknya aktivitas yang menimbulkan kelelahan.  Meski tergolong hal biasa, badan lemas sebenarnya patut diwaspadai, karena bisa jadi sinyal adanya gangguan kesehatan lainnya.

Ketika badan terasa lemas, hal yang paling mudah dilakukan untuk menanganinya adalah dengan mengistirahatkan badan. Namun bila badan lemas terus anda rasakan, tidak ada salahnya anda segera memeriksakan diri untuk mendapat diagnosis yang akurat terhadap kesehatan anda. Berikut ini bahasan mengenai penyebab dan gejala badan lemas yang mungkin saat ini anda keluhkan.


1. Diabetes


Penyakit dan gejala badan lemas perlu untuk diketahui, karena bisa jadi badan lemas menunjukkan adanya kondisi penyakit yang lebih kronis. Salah satu penyebab badan lemas yang  tergolong mengindikasikan penyakit kronis adalah diabetes.  Diabetes  adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan tingginya kadar glukosa dalam darah.

Penderita diabetes sering merasakan badan lemas karena seringnya mengalamin dehidrasi. Selain badan menjadi lemas penderita diabetes juga mengalami keluhan lain, seperti sering buang air kecil, sering merasa lapar, pandangan kabur, berat badan turun, luka yang lama sembuh dan berkurangnya massa otot.

2. Masa penyembuhan


Masa penyembuhan berati periode waktu tertentu dimana sel-sel tubuh beregenerasi untuk menjadi normal kembali. Dalam masa penyembuhan, terutama pasca operasi, tubuh akan terasa lemas. Untuk itu, dokter biasanya menyarankan untuk banyak beristirahat. Pada masa ini tubuh akan menyesuaikan diri untuk bekerja kembali sesuai dengan kondisi pada saat normal.

3. Anemia


Kondisi anemia atau kurangnya darah juga dapat menyebabkan tubuh lemas. Anemia adalah keadaan tubuh yang kekurangan sel darah, dimana sel darah tersebut mengandung hemoglobin yang berguna untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Pada awalnya anemia sering tidak disadari, hingga akhirnya penderita anemia merasakan kondisi keadaan yang kian memburuk. Pada tahap awal penderita anemia akan sering merasa sakit kepala, kaki kram, nyeri dada, pusing, insomnia, sulit berkonsentrasi dan lain-lainnya.

Untuk anda yang saat ini mengalami anemia, segeralah memberi penanganan dan pengobatan yang tapat, kerena bila dibiarkan anemia dapat memicu adanya penyakit kronis lain.  Penderita anemia akan rentan terhadapa infeksi, gangguan kehamilan, gangguan jantung bahkan pada tingkat yang paling parah dapat menyebabkan kematian.

4. Dehidrasi


Kandungan air di dalam tubuh manusia seharusnya sejumlah 60 persen dari total berat badan. Kandungan air pada tubuh berguna untuk menunjang kinerja, seperti membantu sistem kerja pencernaan, media transportasi nutrisi dan menyehatkan kulit. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa air sangat diperlukan tubuh,

Pada kondisi dehidrasi, tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan, sehingga keseimbangan gula garam menjadi terganggu. Saat dehidrasi datang reaksi ditumbulkan adalah nafas cepat, denyut jantung melemah, pusing, kesadaran menurun dan badan terasa lemas.

5. Gangguan kelenjar tiroid


Penyebab lain dari tubuh yang terasa lemas adalah adanya gangguan tiroid. Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur penggunaan energi. Sehingga adanya gangguan pada kelenjar ini dapat menyebabkan keabnormalan kondisi tubuh.

Kekurangan hormon tiroid pada tubuh dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kerapuhan kuku, kulit kering, rambut menipis dan tubuh terasa lemas. Sedangkan pada kasus kelebihan hormon tirod, penderita akan mengalami penurunan berat badan, detak cantung cepat dan badan terasa lemas.

6. Kurang gizi


Kurang gizi atau malnutrisi adalah kondisi tubuh yang kekurangan asupan zat  yang dibutuhkan untuk mempertahankan kondisi agar tetap sehat. Tubuh memerlukan banyak zat pendukung untuk mempertahankan kinerja organ agar tetap berfungsi normal. Pada kondisi kekurangan gizi ,badan akan terasa lemas dan mudah terinfeksi oleh berbagai penyakit, karena menurunnya sistem imun.

7. Pilek atau flu


Pilek atau flu mungkin menjadi salah satu penyakit yang sering anda rasakan. Kondisi ini umum terjadi, sering kali disebabkan oleh berbagai hal-hal ringan seperti kehujanan, minum es ataupun pergantian cuaca. Pada saat terserang flu, daya tahan tubuh akan menurun. Itu sebabnya, flu sering kali disertai keluhan lain seperti demam, batuk, sakit kepala dan badan lemas.

8. Gagal ginjal


Kondisi gangguan kesehatan lain yang juga menjadikan badan terasa lemas adalah gagal ginjal. Gagal ginjal terjadi karena adanya penumpukan racun atau bahan-bahan kimia maupun mineral lain yang berbahaya dalam darah. Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami kelelahan hingga badan terasa lemas. Selain itu, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan, dan pendarahan juga meyertai kondisi ini.

9. Myasthenia Gravis


Myasthenia gravis adalah penyakit yang terjadi karena terputusnya komunikasi antara saraf dan otot. Gejala dari penyakit ini adalah melemahnya beberapa otot, terutama otot di daerah wajah yang mengontrol pergerakan bola mata, ekspresi wajah, proses mengunyah, menelan, dan berbicara. Keadaaan akan semakin bertambah buruk apabila penderita myasthenia gravis kelelahan. Saat tersebut menandakan ada otot yang ingin diistirahatkan.

10. Kehamilan


Penyebab badan lemas yang khusus terjadi pada perempuan bisa jadi disebabkan oleh kehamilan. Pada saat hamil, perempuan cenderung melepaskan banyak hormon. Ketidakseimbangan hormon ini dapat memicu berbagai reaksi, salah satunya badan terasa lemas.

Selain sepuluh hal yang telah diuraikan di atas, badan lemas juga dapat disebabkan foktor-faktor lain. Penting untuk mengetahui penyebab badan lemas, untuk menentukan pengobatan yang tepat guna penanganannya.

Penyebab dan Gejala Badan Lemas Lainnya : 


11. Gangguan mental organik.
12. Stres
13. Gangguan kepribadian.
14. Penyalahgunaan obat-obatan maupun alkohol.
15. Pengaruh cuaca
16. Masalah kehidupan sehari-hari.
17. Kurang olahraga
18. Masalah percintaan.
19. Sedih
20. Tekanan dalam pekerjaan.
21. Kehilangan bayak darah
22. Efek samping obat-obatan
23. Kurang tidur.
24. Kebanyakan tidur.
25. Kurang makan.
26. Penyakit yang berhubungan dengan organ hati.

Banyaknya penyebab badan lemas, menjadikan anda harus lebih waspada untuk terhindar dari hal ini. Meski terlihat ringan, badan yang lemas tentu akan menggagu kinerja anda. Selain penyebab badan lemas, anda juga patut mengetahui gejala badan lemas seperti tidak semangat, selalu merasa mengantuk, kurang bergairah dan otot terasa lemas. Dengan mengetahui penyebab dan gejala badan lemas anda dapat lebih mawas diri untuk mencegah tejadinya badan lemas.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …