Langsung ke konten utama

20 Obat Sakit Kepala Sebelah Alami Paling Manjur

Obat Sakit Kepala Sebelah - Sakit kepala tidak selalu terasa pada seluruh bagian organ. Terkadang nyeri hanya terasa pada bagian depan, belakang, kiri, atau kanan. Namun, sakit kepala sebelah dapat disembuhkan dengan obat kepala sebelah yang akan dibahas kali ini.

Seseorang lebih beresiko atau lebih sering mengalami sakit kepala sebelah ketika sedang depresi, mengalami gangguan tidur, obesitas, cemas, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, dan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala. Berikut adalah obat sakit kepala sebelah.

Obat Sakit Kepala Sebelah Alami Paling Manjur

1. Daun Alpukat


Buah yang berasal dari Amerika Tengah dengan nama latin Persea Americana ini dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala sebelah. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah daunnya. Rebus daun alpukat, saring dan minum ramuan ini secara rutin.

2. Akupuntur


Akupuntur adalah teknik pengobatan dari Cina yang dilakukan dengan cara menusuk titik-titik tertentu di tubuh dengan jarum. Pengobatan ini termasuk kategori pengobatan alternatif dan dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sakit kepala sebelah.

3. Akupresur


Akupresur memang terdengar kurang akrab dibanding dengan akupuntur. Tapi, manfaatnya tidak kalah dengan akupuntur. Keduanya dapat merangsang peredaran darah, sistem syaraf, dan dipercaya dapat melepaskan energi tubuh melalui meridian. Hasilnya, tubuh terasa lebih segar dan dipercaya dapat mengatasi banyak kondisi kesehatan.

Teknik pengobatan akupresur dilakukan dengan menggunakan siku, tangan, atau alat bantu khusus. Penekanan dilakukan di beberapa titik akupresur. Ada beberapa titik akupresur, namun titik yang paling umum digunakan antara lain LR-3 atau titik hati 3, berada di bagian lunak antara ibu jari kaki dan jari kedua pada kaki.

Ada juga titik LI-4 atau titik usus besar berada di jari tangan, di bagian lunak antara jari telunjuk dan ibu jari. Kemudian, titik SP-6 atau titik limpa 6. Titik ini berada sekitar tiga jari di atas tulang pergelangan kaki, tepatnya bagian lunak atau otot betis bagian bawah.

4. Suplemen


Suplemen, terutama kalsium, memiliki fungsi sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks, dan tentu saja mengurangi rasa sakit kepala sebelah. Akan lebih baik lagi jika mengkonsumsi suplemen yang juga mengandung magnesium.

5. Memijat Kepala


Prinsip utama dari pijat adalah menekan titik-titik tertentu pada tubuh untuk memperlancar aliran darah ke titik tersebut. Jika aliran darah tidak lancar, biasanya akan mengakibatkan rasa sakit. Sangat disarankan untuk memijat kedua sisi pelipis, pundak, dan bagian dalam pergelangan tangan.

6. Pereda Rasa Sakit


Ada beberapa obat pereda rasa sakit yang dapat digunakan untuk mengurangi sakit kepala sebelah dan dibeli bebas di apotek. Untuk tingkat awal, sangat disarankan untuk mengkonsumsi Paracetamol yang memiliki fungsi ampuh untuk meredakan sakit kepala. Tylenol dan Ibuprofen merupakan obat-obatan yang bisa meredakan tahap awal migrain.

7. Obat Anti Muntah


Jika migrain sudah mencapai titik tertentu, penderita akan merasa ingin muntah-muntah. Inilah saat yang tepat untuk mengkonsumsi obat anti muntah. Obat anti muntah buatan sendiri, seperti sup sayuran yang banyak mengandung kaldu ayam.
Selain bisa menghentikan sensasi mual dan ingin muntah, kaldu ayam juga bisa dengan cepat mengganti cairan yang terbuan ketika muntah.

8. Es Batu


Kompres es batu bisa secara instan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain. Cara membuatnya pun cukup mudah, bungkus sebongkah es dalam handuk yang cukup tebal. Setelah itu, gunakan untuk mengkompres bagian belakang leher dan sisi kepala yang terasa sakit. Akan lebih baik lagi jika mengkompres kepala sambil berbaring dalam keadaan mata tertutup.

9. Kopi


Sebenarnya, kafein adalah zat yang dapat menyebabkan sakit kepala. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun kafein hanya bisa mengakibatkan sakit kepala apabila terlalu banyak dikonsumsi. Namun, jika dosisnya tepat, kafein justru dapat berfungsi sebagai painkiller atau penghilang rasa sakit.

10. Minyak Kayu Putih


Minyak kayu putih, yang berasal dari tanaman gelam atau kayu putih (Melaleuca leucadendron) adalah obat sakit kepala sebelah selanjutnya. Oleskan pada bagian kening sambil melakukan pijatan, atau bisa juga dengan cara dihirup.

Sakit kepala sebelah merupakan kondisi yang bisa menyerang banyak orang dan kerap dianggap sakit kepala biasa. Sepuluh hal di atas merupakan obat sakit kepala sebelah.

Obat Sakit Kepala Sebelah Lainnya :


11. Bunga Matahri
12. Triptan
13. Peppermint
14. Chamomile
15. Minyak Lavender
16. Apel
17. Cuka Sari Apel
18. Lada Cayenn
19. Jahe

Baca Juga :  5 Penyebab Kepala Pusing Setelah Minum Kopi yang Perlu Diwaspadai

Waspadai sakit kepala sebelah, entah sebelah kiri ataupun sebelah kanan. Jika terus terjadi dan tak kunjung sembuh, bisa jadi terdapat potensi penyakit kronis. Obat sakit kepala sebelah alami di atas dapat digunakan saat dilanda sakit kepala sebelah.