Langsung ke konten utama

25 Obat Batuk Berdahak Tradisional dan Alami Paling Mujarab

Obat Batuk Berdahak - Batuk sebenarnya bukan termasuk penyakit, melainkan hanya respon tubuh dalam hal melindungi saluran pernapasan terhadap benda asing yang masuk seperti debu, asap atau lainnya. Ada dua macam batuk, batuk kering (nonproductive cough) dan batuk berdahak (productive cough). Batuk jenis kedua bisa ditanggulangi dengan obat batuk berdahak tradisional.

Batuk juga bisa menjadi respon tubuh terhadap suatu penyakit yang sedang diderita oleh seseorang, seperti bronkitis, TBC, asma, atau penyakit dalam lainnya. Seperti yang disebutkan pada paragraf pembuka, ada dua macam jenis batuk. Namun, artikel kali ini hanya membahas tentang batuk berdahak. Lebih khususnya, berikut ini macam dan jenis obat batuk berdahak tradisional.


Obat Batuk Berdahak Tradisional dan Alami Paling Mujarab

1. Jahe


Karena kandungan antihistamin dan kemampuan dekongestannya, jahe dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak tradisional. Didihkan dua belas iris jahe dalam tiga gelas air selama lima belas menit, lalu angkat dan saring. Bisa ditambahkan dengan perasan lemon dan sesendok madu. Minum selagi hangat.

2. Daun Sirih


Sirih (Piper betle) merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sirih juga dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak tradisional. Caranya, rebus daun sirih secukupnya, bisa direbus bersama jahe. Lalu, minum rebusan tersebut tiga kali sehari agar tubuh tetap hangat dan sehat.

3. Bunga Mawar


Selain sebagai tanaman hias, bunga mawar ternyata mempunyai khasita untuk meredakan batuk. Ambil bunga mawar yang masih segar kira-kira seberat 10 gram lalu hancurkan bersama air secukupnya. Tambahkan sedikit gula batu. Minum olahan bunga mawar ini sebanyak dua kali sehari sampai batuk benar-benar reda.

4. Lemon


Siapkan satu buah lemon, lalu belah menjadi dua bagian. Bisa juga diiris sesuka hati. Pada bagian daging buah, taburi dengan merica bubuk dan garam. Hisap lemon sampai cairannya habis. Selain itu, sebagai obat batuk berdahak tradisional, lemon juga dapat dikonsumsi sebagai jus hangat. Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis.

5. Jeruk Nipis


Banyak yang menyamakan jeruk nipis dengan lemon, padahal dua buah yang berbeda. Lemon berwarna kuning, sedangkan jeruk nipis berwarna hijau. Meskipun begitu, keduanya sama-sama dapat dijadikan sebagai obat batuk berdahak tradisional.

Siapkan satu buah jeruk nipis, kecap secukupnya, dan sendok makan. Peras jeruk nipis di atas sendok, tuangkan sedikit kecap. Campurkan kedua bahan tersebut sebelum meminumnya dua sampai tiga kali sehari selama batuk belum berhenti.

6. Belimbing Wuluh


Buah ini menyerupai belimbing namun lebih kecil dan berasa masam. Campurkan belimbing wuluh bersama beberapa butir adas, sedikit gula dan secangkir air. Kemudian rebus semua bahan dan saring airnya saat ramuannya mendingin. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk meredakan batuk berdahak.

7. Kacang Almond


Sediakan delapan butir kacang almond. Kemudian rendam di dalam air selama dua belas jam. Karena durasi merendamnya yang lama, dapat dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan diangkat keesokan harinya.

Setelah itu, haluskan kacang almond dengan menumbuknya hingga menjadi pasta yang lembut. Lalu, tambahkan satu sendok the mentega. Buat jadwal untuk mengkonsumsinya tiga hingga empat kali dalam sehari. Lakukan sampai batuk mereda.

8. Buah Anggur


Anggur juga dapat digunakan sebagai penyembuh batuk berdahak. Anggur memiliki sifat ekspektoran yang mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan di dalam saluran pernapasan. Anggur bisa dikonsumsi langsung atau dijus.

9. Jus Wortel


Bersihkan empat buah wortel, lalu masukkan ke dalam blender. Tuang air secukupnya. Tambahkan beberapa sendok teh madu untuk memberikan sensasi manis. Blender sampai halus agar mudah dikonsumsi. Minum jus wortel sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari dapat meredakan batuk.

10. Daun Mint


Hasil penelitian kesehatan di berbagai negara membuktikan bahwa daun mint atau mentha dapat menyembuhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan karena kandungan daun mint dapat menenangkan otot trakea dan ilea pada saluran pernapasan. Cara mengkonsumsinya pun bisa secara langsung atau diolah menjadi teh.

Obat Batuk Berdahak Alami Lainnya :


11. Sup Ayam
12. Daun Kemangi
13. Air Putih Hangat
14. Air Garam
15. Daun Asam Muda
16. Madu
17. Kunyit
18. Lada Putih
19. Kapulaga
20. Daun Sembung
21. Daun Pare



Baca Juga : 7 Obat Batuk Alami untuk Mengatasi Gejala Batuk

Mengatasi batuk berdahak dengan obat batuk berdahak tradisional sebenarnya cukup mujarab, meskipun bisa jadi kalah pamor karena tidak ada iklan tentang obat tradisional sehingga sering dilupakan. Beberapa obat batuk berdahak tradisional di atas sudah sepatutnya dicoba.