Langsung ke konten utama

15 Gejala Radang Usus Paling Sering Terjadi

Gejala Radang Usus - Radang usus adalah dimana kondisi usu sedang mengalami peradangan, kondisi radang usus di sebabkan oleh reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernssn yang normal dan sehat. Radang usus merupakan penyakit janga panjang dengan gejala yang muncul sesaat kemudian hilang selama beberapa waktu. Penderita yang mengalami radang usus awalnya akan mengalami gejala radang usus.

Setiap orang yang menderita radang usus tidak memiliki gejala yang sama antara penderita satu dengan yang lainnya. Radang usus dapat di sebabkan oleh bebrapa factor yakni bisa dari usia, keturunan, merokok dan juga pengobatan. Orang yang mengalami gejala radang usus biasanya akan mengalami beberapa atau salah satu yang terjadi seperti di bawah ini. Beberapa gejala radang usus yang sering orang alami.

Gejala Radang Usus


1. Demam


Demam sering kali di remehkan karena orang-rang mengira jika demam hanya sakit ringan dan bisa pulih dengan sendirinya. Kebanyakan orang-orang tidak menyadari jika demam merupakan suatu gejala akan datangnya penyakit yang lebih parah. Seperti typhus, demam derdarah dan juga radang usus. Biasanya orang yang mengalami demam karena radang usus bukan hanya terkena demam saja melainkan juga akan mengalami gangguan pencernaan, maka bila anda mengalami hal yang demikian bisa jadi anda sedang terkena infeksi pada usus.

2. Sembelit


Seperti yang kita bahas barusan, orang yang mengalami gejala radang usu juga akan mengalami gangguan pencernaan. Salah satunya sembelit atau di kenal dengan istilah kontipasi yang mana di sebabkan oleh pergerakan feses pada usus yang berjalan lambat sehingga konsistensinya feses menjadi keras dan kering.

3. Perut Terasa Perih


Sembelit menjadikan BAB tidak lancar sehingga mengakibatkan perut merasa mual dan kembung. Bahkan radang usus juga akan menjadikan rasa sakit perut menjadikan perih dan tidak tertahankan. Jika telah mengalami hal seperti ini jangan langsung mengonsumsi obat biasa yang hanya dapat menjadikan BAB normal kembali, karena dikhawatirkan obat yang anda konsumsi tambah menjadikan peradangan usus lebih parah. Maka dari itu sebaiknya anda ke dokter jika perut yang anda keluhkan lebih dari satu.

4. Keluar Darah Saat BAB


Sulitnya feses yang akan keluar sehingga menjadikan sembelit dan perut akan terasa perih. Seperti yang telah kita bahas tadi konsistensinya sembelit menjadikan feses kering dan keras sehingga saat feses keluar akan akan keluar sedikit darah juga. Keluarnya darah di akibatkan oleh bagian pencernaan mengalami luka.

5. Kram Perut


Karena banyaknya keluhan di perut sehingga perut menjadi kram, kram perut menurut istilah medis di sebut juga dengan colic abdomen. Kram perut ini menggambarkan rasa sakit perut melilit akibat kontraksi otot polos yang terdapat pada organ dalam rongga perut atau abdomen. Kram perut karena radang usus ini disebabkan kaarena proses pencernaan bekerja berlebihan untuk menghaluskan makanan, sehingga menjadikan hal ini beban berat bagi usus. Usus akan memberikan respon terhadap diri dengan cara merasakan kram perut.

6. Hilangnya Nafsu Makan


Banyak keluhan yang terjadi di perut karena sakit otomatis nafsu makan juga berkurang. Hal ini di gambarkan dengan sistem pencernaan sudah mulai ngambek karena peradangan yang sangat menyiksa. Sehingga untuk bekerja kembali sudah tidak mampu hal ini yang menjadikan nafsu ingin makan menurun.

7. Diare


Bukan hanya terjadi sembelit jika mengalami gejala radang usus tetapi diare juga akan di alami. Diare terjadi karena pathogen (organisme penyebab) bergerak lebih jauh ke dalam saluran pencernaan, sehingga kan menjadikan diare, diare ini juga bisa di akibatkan oleh iritasi pada usus atau dapat juga tubuh sedang berusaha untuk memberssihkan kotoran lewat BAB.

8. Berat Badan Menurun


Karena nafsu makan yang menurun otomatis berat badan menjadi turun. Karena saat nafsu makan menurun nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga akan berkurang di tambah lagi tubuh masih harus di tuntut dengan adanya pekerjaan. Sehingga tubuh menjadi kurus dan mengeluarkan keringat yang tidak sehat.

9. Anemia


Bukan hanya menyebabkan berat badan menurun saja tetapi anemia juga akan datang. Anemia di sebabkan karena kurangnya nutrisi dan zat besi sehingga mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Zat besi sangat di perlukan oleh tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah yang di sebut juga dengan hemoglobin. Hemoglobin di gunakan untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ.

10. Sakit Kepala


Saat terjadi anemia pasti akan merasakan sakit kepala, hal ini terjadi karena transportasi sel darah merah terganggu dan jaringan tubuh penderita akan mengalami kekurangan oksigen yang berguna untuk menghasilkan enerdgi. Sehingga inilah yang menjadikan anemia menjadi sakit kepala, terkadang juga akan merasa cepat, lelah, pucat dan gelisah.

Gejala Radang Usus Lainnya :


11. Adanya Benjolan di Perut
12. Mual-mual
13. Berkeringat Saat Malam
14. Kehilangan Siklus Haid

Radang usus bisa saja terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Gejala radang usus diatas biasa terjadi pada umumnya. Penyakit radang usus memang awalnya hanya sakit yang ringan-ringan saja sehingga kerap kali di remehkan oleh orang-orang. Jika anda mengalami gejala-gejal di atas yang tak kunjung sembuh sebaiknya segeralah periksakan ke dokter untuk di diagnosa dan di beri obat yang sesuai dengan sakit yang anda derita. 

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …