Langsung ke konten utama

21 Ciri-Ciri Insomnia Paling Sering Dialami

Ciri-ciri Insomnia - Insomnia mungkin bukan merupakan kata yang asing, semua orang pasti mengetahui arti dari insomnia. Insomnia adalah ketidak mampuan untuk mendapatkan untuk mendapatkan waktu yang cukup. Bermasalah dengan gangguan kualitas dan kuantitas tidur yang menyebabkan tubuh lemas, lelah, dan tidaak nyaman. Orang yang mengalami insomnia dapat di tandai dengan adanya ciri-ciri insomnia.

Walaupun banyak orang yang mengatakan insomnia hanyalah masalah biasa tetapi menurut psikieater ilmu psikiatri, insomnia di golongkan dalam klasifikasi gangguan jiwa (DSM 4).  Pasalnya insomnia dapat membawa dampak negative lain seperti begi kesehatan juga dapat menyebabkan kematian. Agar anda waspada kenali ciri-ciri insomnia di bawah ini.

Ciri-Ciri Insomnia Paling Sering Dialami


1. Rasa Lelah yang Berlebihan


Lelah merupakan hal yang normal dan terjadi hampir setiap hari, namun normalnya lelah karena aktivitas yang di lakukan terlalu lama atau melakukan aktivitas yang berat. Namun pada orang yang mengalami insomnia biasanya lelah yang di alami akan berlebihan dan dan sedikit-sedikit akan merasa lelah. Lelah yang di derita orang insomnia juga akan di iringi rasa megantuk ketika saat beraktivitas.

2. Depresi


Orang yang mengalami kurang waktu tidur akan mengalami stress bahkan jika berlebihan akan menyebabkan depresi. Bisa kita logika, ketika kita kesulitan untuk tidur pastinya otak kita akan bekerja dan berfikir tentang aktivitas yang harus di lakukan esok harinya di khawatirkan ketika melakukan aktivitas akan merasakan mengantuk. Sehingga kerja tidak bisa secara maksimal, padahal hal ini akan mengakibatkan tidur menjadi bertambah sulit.

3. Susah Tidur


Susah tidur pasti terjadi, karena insomnia merupakan ketidak mampuan untuk mencukupi waktu tidur. Tepatnya pada malam hari hal ini di sebabkan orang yang mengalami insomnia pada saat siang harinya mengalami rasa ngantuk dan di turuti untuk tidur dengan waktu yang cukup lama. Sehingga rasa ngantuk di malam hari akan berkurang.

4. Kehilangan konsentrasi


Ciri-ciri insomnia selanjutnya adalah kehilangan konsentrasi. Kesulitan tidur pada malam hari maka siang harinya pasti akan menyebabkan ngantuk, sehingga saat berfikir sangat sulit berkonsentrasi atau konsentrasi menurun dari pada biasanya. Konsentrasi sangatlah megganggu dalam hal pekerjaan sebaiknya jika anda mengalami hal seperti ini segeralah mencari cara untuk bisa menghilangkan insomnia.

5. Obesitas


Insomnia dapat di tandai dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Alasannya  dalam tubuh kita impuls rasa lapar dan kenyang di atur oleh hormone, dan harus ada keseimbangan antara kedua hormone agar berfungsi dengan baik. Sedangkan saat orang mengalami insomnia atau kurang tidur dapat mendistorsi keseimbangan kedua hormone. Sehingga menyebabkan orang yang mengalami insomnia merasa lapar walaupun tubuh sudah kenyang.

6. Ingin Tidur Siang


Rasa ingin tidur berhubungan dengan ciri susah tidur, dimana orang yang insomnia pastinya waktu tidur yang tepat di malam hari akan terganggu sehingga waktu istirahat tidak tercukupi. Akibatnya saat siang hari penderita ada nafsu ingin tidur pada waktu siang, apa lagi ketika melakukan aktivitas karena kurangnya energy ketika malam hari pastinya di siang hari akan merasa lelah dan ingin tidur.

7. Mendengkur


Tidak semua orang yang mengalami insomnia akan mengalami tidur mendengkur tetapi bagi anda yang mengalami insomnia, memberi peringatan bahwa kondisi tidur anda sedang terganggu. Medengkur akan membuat nafas anda terhambat, jika nafas anda terhambat otomatis tidur anda akan tidak nyaman maka anda akan mengalami sering bangun. Mendengkur bukan hanya merugikan anda yang mengalami insomnia tetapi juga akan mengganggu orang yang berada di samping anda.

8. Berkeringat di Malam Hari


Berkeringat di malam hari memang sebenarnya tidak wajar apa bila tidak melakukan aktivitas yang berat dan tidak berada pada suhu yang panas. Pasalnya suhu pada malam hari rendah di bandingkan saat siang hari, jika anda mengalami keringat di malam bukan karena anda mengalami penyakit berat bisa juga karena anda mengalami insomnia.

9. Sakit Kepala


Orang yang mengalami insomnia kebanyakan akan mengalami sakit kepala. Hal ini di karena kan saat malam hari susah tidur dan saat siang di haruskan melakukan aktivitas. Sehingga menjadikan lelah yang di sebabkan oleh metabolisme tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menjadikan kepala sakit. Kepala nyeri ini di iringi dengan rasa kantuk di saat siang tetapi aktivitas di paksa untuk terus berjalan dan ketika malam hari mengalami susah tidur lagi.

10. Nyeri Pada Leher


Ketika mengalami sakit kepala pastinya pada bagian leher juga akan mengalami sakit. Alasannya ketika otot leher melekat dengan dasar tengkorak dan saraf di leher yang terhubung di kepala. Di tambah lagi anda bekerja pada posisi duduk dan kepala dalam keadaan sedikit maju, maka tulang leher akan mengalami banyak tekanan pada tulang belakang leher.


Ciri-Ciri Insomnia Lainnya :


11. Mudah Marah
12. Nyeri Perut
13. Tangan Berkeringat
14. Sesak Nafas
15. Stress
16. Sering Terbangun
17. Mengalami Tekanan Darah Tinggi
18. Pelupa
19. Perubahan Waktu dan Pola Tidur
20. Sukar Memulai Tidur

Nah itulah beberapa ciri-ciri insomnia, bagi anda yang mengalami insomnia segeralah di atasi atau anda juga bisa meminum obat yang bisa anda dapat di apotek. Walaupun insomnia di anggap hal yang ringan tetapi dapat merusak aktivitas sehari-hari dan juga lama-kelamaan akan membawa dampak negative.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …