Langsung ke konten utama

23 Cara Menurunkan Gula Darah Alami Paling Manjur

Menurunkan Gula Darah - Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu pada tingkat glukosa di dalam darah. Terlalu banyak gula, terutama pada darah, dikaitkan dengan banyak penyakit serius, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes dan kanker. Terlebih lagi, kebanyakan orang mengkonsumsi terlalu banyak gula tanpa disadari. Cara menurunkan gula darah yang  mudah adalah mengganti pemanis masakan dengan bahan lainnya.

Gula olahan seperti gula pasir tidak mengandung protein, lemak esensial, vitamin dan mineral. Tidak benar-benar ada kebutuhan untuk itu dalam diet. Gula juga mengganggu hormon dalam tubuh yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori dan berat badan, yang pada akhirnya, memicu peningkatan gula darah. Lakukan cara menurunkan gula darah di bawah ini untuk membantu mengatasinya.

Gula Darah


1. Mengkonsumsi Bawang Putih


Mengkonsumsi bawang putih adalah salah satu cara menurunkan gula darah. Bawang putih mengandung zat yang dapat mencegah dan menyembuhkan kerusakan hormon insulin di dalam tubuh.

2. Menggunakan Daun Kemangi


Kandungan daun kemangi dapat membantu sekresi hormon insulin pada tubuh, sehingga kadar gula darah akan tetap stabil. Cukup dikonsumsi biasa atau digunakan sebagai lalapan.

3. Memanfaatkan Pare


Tanaman pare atau Momordica charantia berasal dari India bagian barat. Pare sangat baik dijadikan sebagai obat menurunkan gula darah karena dapat menyehatkan pankreas yang berfungsi memproduksi insulin. Jika produksi insulin normal, maka akan menekan kadar gula darah dan akan dibakar dengan baik sehingga tidak lagi terjadi penumpukan gula dalam darah.

4. Menggunakan Brotowali


Brotowali merupakan tanaman obat yang sudah dikenal lama. Daun ini rasanya pahit dan sering dibuat sebagai campuran jamu. Salah satu manfaat ajaib jamu ini adalah dapat menyembuhkan penyakit gula darah. Ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari. Tambahkan satu genggam akar papaya dan rebus kedua bahan alami tersebut sampai mendidih. Biarkan hingga dingin, lalu minum air rebusannya.

5. Memanfaatkan Lidah Buaya


Penelitian awal menunjukkan bahwa asupan jus lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah sehingga dapat berperan dalam mengobati diabetes melitus atau kencing manis secara alami.

6. Menggunakan Kayu Manis


Kayu manis biasa dijadikan rempah masakan serta dapat dijadikan obat menurunkan gula darah. Kayu manis dapat menangkal radikal bebas dan menangkal racun yang dapat menyerang tubuh karena mengandung antioksidan yang sangat baik.

7. Mengurangi Makanan Manis


Adiksi gula dapat merugikan metabolism tubuh karena menyebabkan peningkatan insulin dan penyimpanan lemak. Bahkan, banyak penelitian telah menemukan hubungan kuat antara gula dan obesitas.

Jika mengurangi makanan manis masih dirasa terlalu berat, gantilah bahan pemanisnya. Pengganti gula alami contohnya, stevia, xylitol atau gula jagung, sirup yacon, gula aren, madu, sirup mapel, dan molasses.

8. Olahraga


Aktivitas olahraga sedang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan membantu tubuh memanfaatkan gula yang ada di dalam darah agar masuk ke dalam sel-sel tubuh sehingga tubuh lebih efisien dalam menggunakan gula darah tanpa harus menyebabkan lonjakan gula. Olahraga sedang yang baik untuk menurunkan gula darah adalah jalan cepat, renang, bersepeda, dan aerobik.

9. Menggunakan Ketan Hitam


Cuci ketan hitam secukupnya. Kemudian, masukkan 2-3 sendok ketan hitam ke dalam gelas belimbing. Seduh dengan air panas hingga gelas penuh. Tutup gelas, biarka sampai dingin. Minum air seduhan tiga kali sehari. Biarkan ampas ketan hitam tetap di gelas, bisa digunakan untuk dua kali seduhan lagi.

10. Minum Teh Hijau


Teh hijau berbeda dari jenis teh lainnya karena tidak melalui proses fermentasi. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin.

Kombinasikan hal-hal di atas agar dapat mengatasi kelebihan gula darah secara optimal. Selain sepuluh macam cara di atas, di bawah ini  merupakan alternatif cara menurunkan gula darah yang patut juga untuk dicoba.

Cara Menurunkan Gula Darah Lainnya :


11. Minum Air Putih
12. Memakai Daun Mangga
13. Memanfaatkan Daun Kari
14. Memakai Jamun/Indian Blackberry
15. Mengkonsumsi Daun Kelor
16. Memakai Biji Rami
17. Tidur Cukup
18. Tidak Melewatkan Jam Makan
19. Makan Alpukat
20. Mengkonsumsi Karbohidrat Sehat
21. Buah Merah

Gula dalam darah sebenarnya bermanfaat bagi tubuh sebagai salah satu sumber kalori yang dapat dijadikan tenaga. Namun, jika kadar gula melebihi batas normal justru akan sangat berbahaya. Jika tidak dicari cara menurunkan gula darah, maka dapat mengakibatkan tubuh terserang penyakit yang lebih serius.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …