Langsung ke konten utama

11 Bahaya Badan Terlalu Gemuk Paling Beresiko

Bahaya Badan Terlalu Gemuk - Badan terlalu gemuk bukanlah hal yang menyenangkan. Selain membuat penampilan tidak menarik, kegemukan juga menjadi sumber dari berbagai penyakit. Di zaman yang serba instan dan cepat saji ini, kelebihan berat badan rentan terjadi untuk semua kelompok usia. Dengan mengetahui bahaya badan terlalu gemuk mungkin dapat memotivasi Anda untuk menjaga angka timbangan Anda.

Anak-anak,remaja, dewasa dan usia lanjut banyak mengeluhkan sakit yang ditimbulkan obesitas. Tidak hanya sakit yang ditimbulkan langsung karena badan yang harus menopang bobot berlebih, namun juga sakit akibat komplikasi karena  timbunan lemak. Berikut adalah bahaya badan terlalu gemuk pada tubuh Anda.

Bahaya Badan Terlalu Gemuk, Dampak Bahaya Badan Terlalu Gemuk,

1. Beresiko komplikasi serangan jantung


Bahaya badan terlalu gemuk yakni lebih beresiko komplikasi serangan jantung. Obesitas mengakibatkan penebalan pada dinding ventrikel kiri jantung yang dapat memicu penyakit jantung. Ditambah lagi, sel-sel lemak dapat mengumpulkan molekul lemak yang dapat mempersempit permukaan dari pembulu arteri ke pembulu vena. Ini menjadikan organ bekerja keras  untuk memompa ke seluruh tubuh, yang bisa berakibat serangan jantung.

2. Memiliki kolesterol tinggi


Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi dalam hati. Namun, jika jumlahnya melebihi kebutuhan tubuh zat ini akan bercampur ke dalam darah dan menempel pada dinding pembulu darah. Hal ini dapat menghambat aliran darang dalam tubuh, akibatnya dapat memicu komplikasi penyakit kronis. Untuk itu badan gemuk erat kaitannya dengan produksi berlebih jumlah kolesterol.

3. Terkena gangguan punggung


Sakit ataupun nyeri yang sering Anda rasakan di bagian punggung erat kaitannya dengan angka berat badan Anda. Tulang belakang berfungsi untuk menopang rangka, serta menahan berat badan. Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebihan, maka dapat menjadikan tulang belakang harus bekerja ekstra untuk menahan bobot Anda. Akibatnya, timbullah gangguan punggung.

4. Siklus menstruasi yang terganggu


Untuk kasus ini obesitas yang langsung berkaitan dengan perempuan. Perempuan yang memiliki masalah dengan berat badan, siklus menstruasinya akan terganggu. Hal ini disebkan obesitas akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon, terutama hormon estrogen.

5. Memicu terkena stroke


Kolesterol yang mengeras menjadikan penyempitan dan pengerasan pada bembulu darah. Apabila dibiarkan terus-menerus, oksigen yang mengalir bersama darah juga menjadi terhambat untuk masuk ke dalam satu organ. Hal ini juga berlaku untuk organ pembuluh darah pada otak. Apabila pasokan oksigen tidak diterima secara maksimal akan memunculkan penyakit stroke.

6. Beresiko darah tinggi di usia muda


Kelebihan berat badan juga dapat memicu tekanan darah tinggi. Tingginya kalori yang masuk dalam tubuh akan berbahaya bila tidak diimbangi dengan olahraga. Kalori yang tidak terbakar dapat menjadi tumpukan lemak. Tumpukan lemak yang berlebih dapat menekan organ yang lain. Apabila kinerja jantung terhambat karena tekanan lemak tersebut,maka dapat menyebabkan hipertensi.

7. Pemicu penyakit gula (gejala)


Timbulnya penyakit diabetes juga dapat disebabkan kelebihan berat badan. Komplikasi yang disebabkan karena terlalu gemuk dapat mengganggu kerja pankreas untuk menghasilkan insulin, yang berguna untuk mempertahankan kadar glukosa darah pada tingkat yang normal. Akibatnya timbul resitensi insulin yang beresiko memunculkan penyakit gula.

8. Mengalami sleep apnea


Sleep apnea adalah kondisi yang mengacu pada terganggunya pernapasan selama sepuluh detik atau bahkan lebih yang dapat mengganggu waktu tidur Anda. Kondisi ini rentan terhadap orang dengan masalah kegemukan. Hal ini dipengaruhi oleh hilangnya massa otot pada jaringan otot tenggorokan karena adanya penumpukan lemak.

9. Biasanya memiliki gangguan lutut


Penyakit persendian pada lutut tentu akan mengganggu kinerja Anda. Penyakit ini bisa muncul karena badan terlalu gemuk. Seseorang dengan masalah obesitas, lututnya mendapat tekanan 3 sampai 6 kali lebih besar daripada orang dengan berat badan normal. Kerja yang terlalu keras pada lutut dapat mengakibatkan gangguan lutut.

10. Lebih rentan terkena gejala osteoporosis


Kegemukan erat kaitannya dengan osteoporosis. Lemak dalam tubuh yang berlebih akan disimpan di dalam tulang. Akibatnya sumsum tulang menjadi tidak kuat dan mudah keropos. Itu sebabnya terlalu gemuk rentan terkena gejala osteoporosis.

11. Tidak menarik


Badan yang terlalu gemuk tidaklah sedap dipandang mata. Anda akan terbatas untuk dapat berekspesi dengan banyak jenis pakaian, yang akibatnya pakaian yang Anda kenakan selalu monoton. Pakaian dengan bahan kaos ataupun dengan model yang sedikit terbuka juga bukanlah pilihan karena dapat menonjolkan gelambir lemak pada tubuh. Hal ini akan membuat penampilan Anda kurang menarik.

Setelah mengetahui bahaya badan terlalu gemuk, masikah Anda abai dengan adanya timbunan lemak pada tubuh Anda? Semoga dengan uraian diatas Anda akan lebih sadar bahwa kegemukan tidaklah baik untuk kesehatan Anda.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …