Langsung ke konten utama

19 Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Patut Dicoba

Rasa kantuk yang sering terjadi di pagi hari memang mengganggu. Tubuh yang mestinya siap diajak beraktivitas akan terasa berat saat rasa kantuk itu masih ada. Besarnya keinginan untuk masih berlama-lama di tempat tidur jadi penyebabnya.

Jangan sampai kegiatan penting terganggu akibat Anda terlalu sering menguap. Mengantuk di pagi hari akan menurunkan semangat dan motivasi untuk belajar dan bekerja. Rasa ngantuk di pagi hari biasanya bermula dari jam istirahat Anda yang tidak teratur. Jangan khawatir, karena banyak solusi mudahnya.

19 Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Patut Dicoba

Berikut beberapa cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari yang efektif.

1. Minum Air Putih


Air putih selalu baik untuk kesehatan. Saat tidur tubuh banyak kehilangan cairan. Meminum segelas air putih setelah bangun tidur dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Tubuh akan terasa segar dan kantuk pun akan hilang. Cara inilah yang paling mudah dan aman untuk  dilakukan.

2. Olahraga Ringan


Beberapa kali push up, sit up atau lari-lari kecil akan membuat pagi hari lebih bersemangat. Sedikit berkeringat di pagi hari akan mengusir rasa kantuk Anda yang masih tersisa. Tubuh yang bugar akan selalu siap untuk beraktivitas. Jadi tak ada salahnya menyisikan 10 menit waktu pagi Anda untuk berolahraga.

3. Mandi Air Dingin


Rasa kantuk yang membandel di pagi hari dapat dilawan dengan yang satu ini. Ya, mandi. Mandi di pagi hari dapat membuat tubuh terasa segar. Apalagi dengan air dingin. Badan yang terasa lesu setelah bangun tidur akan hilang saat air dingin membasuh seluruh tubuh. Badan yang bersih dan sehat akan siap beraktivitas.

4. Sarapan


Rasa kantuk biasanya disebabkan kurangnya energi tubuh. Sarapan pagi akan membuat perut terasa nyaman dan kebutuhan energi tubuh terpenuhi. Menu sarapan sehat gizi seimbang menjadi pilihan tepat pagi hari Anda. Orang yang tak pernah melewatkan sarapan pagi akan lebih siap menghadapi harinya.

5. Berjemur


Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan. Vitamin D dalam pancaran hangat mentari pagi bagus untuk pertumbuhan tulang dan memperlancar aliran darah. Rasa kantuk akan hilang saat badan hangat dan aliran darah ke otak lancar. Sunbathing atau berjemur merupakan salah satu caa yang efektif menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

6. Minum kopi


Solusi yang paling umum dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Di dalam kopi terdapat zat kafein yang dapat membuat jantung berdenyut lebih cepat. Inilah yang membuat tubuh senantiasa terjaga. Rasa dan aroma kopi yang nikmat cocok untuk mengawali hari Anda dengan penuh semangat.

7. Mengunyah Permen Karet


Cara menghilangkan rasa kantuk di pagi yang cukup efektif adalah dengan mengunyah permen karet. Kebiasaan yang satu ini ternyata memiliki banayak manfaat. Rutin mengunyah permen karet dapat menghilangkan bau mulut, menguatkan rahang dan mencegah stres. Disarankan memilih permen karet yang rendah gula.

8. Mengatur Waktu Tidur


Orang membutuhkan 8-9 jam untuk waktu istirahat yang cukup. Saat tidur malam tubuh akan melakukan regenerasi sel dan memulihkan stamina. Kebiasaan begadang sampai larut membuat berkurangnya waktu tidur. Penting mengatur waktu tidur agar rasa antuk di pagi hari tidak melAnda.

9. Mendengarkan Musik


Music dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Mendengarkan music berirama cepat bisa membuat pagi Anda lebih bersemangat. Jenis music rock, country, RAP dapat menjadi pilihan. Perpaduan irama yang cepat dan lirik yang bergairah akan mengusir kantuk dan rasa malas di pagi hari.

10. Menggunakan Aromaterapi


Cara menghiangkan rasa kantuk dipagi hari lainnya adalah dengan menggunakan aromaterapi. Menghirup aromaterapi bias menyegarkan pikiran dan mengurangi rasa kantuk. Hal ini karena efek bau harum dari aromaetrapi ini akan menstimulasi otak. Anda dapat memilih aromaterapi sesuai selera.

Baca Juga: 11 Tips Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku yang Paling Jitu

Selain 10 tips di atas, masih banyak cara menghilangkan rasa kantuk di pagi hari yang efektif lainnya, yaitu:

Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Lainnya


11. Menahan Nafas Sejenak
12. Menghindari Tidur Siang
13. Matikan Lampu Sebelum Tidur
14. Minum Teh Herbal
15. Minum Air Lemon
16. Meregangkan Tubuh
17. Mencuci Muka
18. Melakukan Aktivitas Favorit Setiap Pagi
19. Menjauhkan Diri dari Alat Elektronik Sebelum Tidur

Mengantuk merupakan hal yang normal bagi seseoarang yang merasa lelah. Namun mengantuk di waktu yang tak tepat terkadang cukup mengganggu. Cara-cara dan tips di atas dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantuk pada pagi hari secara efektif. Karena pagi hari harusnya diselimuti dengan semangat bukan malah rasa kantuk. Anda juga disarankan untuk memulai gaya hidup sehat agar paginya tidak mudah mengantuk.