Langsung ke konten utama

11 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Jitu

Banyak penyebab yang membuat seseorang menjadi pecandu rokok. Mulai dari sekedar mencoba-coba, gengsi karena teman di lingkungan sekitar kebanyakan merokok, dan penghilang stres karena banyaknya tekanan yang membuat seseorang memalingkannya pada sebatang rokok.

Berawal dari mencoba merokok, seseorang akan ketagihan. Hal ini di sebabkan oleh senyawa nikotin yang  sangat berbahaya dan mengakibatkan seseorang menjadi candu. Namun bukan berarti kecanduan terhadap rokok tidak mungkin dapat di hilangkan. Bagi Anda perokok aktif yang sudah terlanjur kencanduan terhadap rokok, dan ingin mencoba berhenti.

11 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Jitu

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk menghilangkan ketergantungan pada rokok. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memualai berhenti merokok yakni :

1. Kekuatan Niat dan Tekat


Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok adalah dengan menguatkan niat dan tekat untuk berhenti merokok. Sesuatu yang kita kerjakan harus di awali dengan niat terlebih dahulu. Tanpa niat dan tekat yang bulat dalam memulai berhenti merokok, seseorang akan goyah dan gagal dalam langkah menuju tujuanya. Karena niat itu sendiri sebagai pondasi keteguhan kita dalam memulai berhenti merokok.

2. Bentuk Komitmen


Komitmen sangat diperlukan dalam memulai langkah untuk berhenti merokok. Komitmen ini akan mengingatkan kita, apa tujuan awal kita untuk berhenti merokok. Apabila kita sudah berkomitmen dandilAndasi dengan niat sepenuh hati, seorang perokok akan bisa memotivasi dirinya sendiri. Adanya komitmen bertujuan agar tidak terpengaruh hal-hal sepele yang menyebabkan  untuk berhenti merokok menjadi gagal.

3. Mencari Pergaulan Lingkungan Yang Tepat


Secara tidak langsung, lingkungan sekitar kita mempengaruhi dalam upaya kita untuk berhenti merokok. Apabila kita telah terbiasa berada dilingkungan perokok, sebaiknya kita mulai menghindari. Menghindari disini bukan berarti menjauhi, akan tetapi kita tetap bergaul tetapi dengan intensitas seperlunya. Karena, apabila kita berada di lingkungan perokok aktif secara terus-menerus maka komitmen awal untuk berhenti merokok akan goyah. Untuk itu kita harus mulai mencari pergaulan baru di lingkungan yang tidak perokok.

4. Mencari Kegiatan Positif


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok adalah dengan mencari kegiatan yang positif. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan yakni dapat menyalurkan hobi yang di miliki. Tujuan dari mencari kegiatan positif disini adalah agar perokok sibuk dengan kegiatan barunya sehingga tidak jenuh dan melupakan kebiasaanya menghisap rokok.

5. Temukan Fakta akan Bahaya Merokok


Menemukan fakta akan bahaya merokok merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk berhenti merokok. Fakta-fakta dari bahaya merokok bisa kita peroleh dari berbagai sumber, misalnya pergi kerumah sakit khusus kanker.

Dengan pergi kerumah sakit khusus kanker kita bisa bertemu secara langsung dengan pasien penderita kanker paru-paru. Kita bisa melakukan observasi dengan pasien secara langsung dengan pasien tersebut. Melalui hasil observasi tersebut kita bisa memperoleh pelajaran sekaligus peringatan akan bahaya yang di sebabkan oleh rokok.

6. Mengurangi Batang Rokok


Mengatasi kencanduan rokok bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah rokok setiap harinya. Ketika awalnya pecandu bisa menghisap rokok sehari 36 batang, bisa dikurangi dengan secara perlahan. Karena untuk berhenti secara permanet, untuk perokok aktif adalah hal yang sangat sulit.

7. Mentukan Target


Setelah mengurangi perbatang setiap harinya, kita harus menentukan target kedepannya. target untuk berhenti merokok ini erat kaitanya dengan komitmen awal untuk meninggalkan rokok sepenuhnya. Ketika kita sudah menentukan target untuk berhenti merokok dengan di sertai niat dan tekat, pastinya untuk berhenti merokok bukanlah hal yang sulit.

8. Mencari Kesibukan Sehabis Makan


Bagi sebagain perokok, waktu yang paling tepat untuk merokok adalah setelah selesai makan. Untuk itu kita bisa mengalihkan kesibukan sehabis makan dengan bercengkerama dengan keluarga dan menikmati waktu berharga bersama.

9. Cukupi Kebutuhan Air Putih


Kekurangan air putih mengakibatkan tenggorokan menjadi kering. Hal ini yang menyebabkan kita untuk menyalakan rokok. Ada baiknya kita cukupi kebutuhan air, dengan meminum minimal 12 liter seharinya. Anda juga akan terhindar dari dehidrasi.

10. Jauhkan diri dari rutinitas yang menyebabkan stres


Pada keadaan stres dan tertekan kita akan menghisap rokok. Untuk itu hindari kegiatan yang menyebabkan kebosanan pada diri Anda. Carilah rutinitas dengan berolagraga yang bisa menyehatkan badan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 11 Tips Mencegah Dehidrasi untuk Anak dan Lansia yang Paling Efektif

Dan beberapa cara lain yang bisa di gunakan untuk berhenti merokok, sebagai berikut :

Tips Mengatasi Kecanduan Rokok Lainnya


11. Hindari Kegiatan Pemancing Merokok
12. Simpan Bahaya Merokok di Tempat Terlihat

Kecanduan dan gaya hidup tidak sehat terhadap rokok, bukan tidak mungkin untuk di hentikan. Beberapa cara bisa Anda gunakan untuk berhenti merokok. Keberhasilan dalam memulai untuk berhenti merokok tergantung dari pribadi masing-masing. Apabila kita sudah membulatkani niat, tekat, dan komitmen, pastinya untuk berhenti merokok tidaklah sulit.