Langsung ke konten utama

15 Terapi Mata Juling Alami Paling Mujarab

Terapi Mata Juling - Mata juling dalam istilah kedokteran di kenala dengan nama strabismus, yang mana pada masalah ini penglihatan ke dua bola mata tidak dapat melihat pada saatu titik yang sama dengan focus yang tepat. Kelainan mata seperti ini muncul ketika masih anak-anak, anda dapat bisa memantau perkembangan mata anak sejak berusia 6 bulan. Jika tidak segera di atasi akan terbawa hingga dewasa. Mata juling dapat di atasi dengan cara terapi mata juling.

Terapi Mata Juling


Menggunakan dengan cara mentrapi sebenarnya memang bisa sembuh tetapi alangkah baiknya jika dapat di atasi ketika masih berusia bayi. Mengalami mata juling ternyata juga dapat mengakibatkan komplikasi sehingga tidak bisa di sembuhkan, sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk dapat di sembuhkan. Menggunakan metode terapi mata juling sebaiknya jangan bosan-bosan supaya kelainan mata anda cepat teratasi. Berikut ini adalah bebrapa macam terapi untuk mengobati mata juling.

1. Latihan Relaksasi


Latihan relaksasi atau palming yang mana dengan menggunakan latihan ini dapat melemaskan mata dan juga meningkatkan sirkulasi, dengan cara menggunakan kehangatan tangan. Cara mentrapi mata juling dengan latihan relaksasi, pertama-tama gosokan kedua telapak tangan anda hingga terasa hangat kemudian letakan di atas mata yang tertutup. Tetapi jangan sampai menekan mata dan usahakan agar leher dan bahu tetap terasa rileks, tahan posisi relaksasi ini hingga 5 menit.

2. Terapi dan Latihan Fusi


Menggunakan terapi ini sebaiknya di terapkan masih berusia balita, tetapi menggunakan terapi ini akan menjadikan sedikit rasa sakit pada mata. Kebanyakan orang yang mengalami mata juling dan terbawa hingga dewasa akan tidak mengambil tindakan ini. Dengan terapi dan latihan fusi atau konvergen yaitu memberikan metode pembelajaran khususnya pada anak agar mampu menggunakan matanya secara bersamaan.

3. Latihan Fokus Benda yang Jauh dan Dekat


Dengan melatih mata dengan focus benda yang jauh dan dekat akan membantu menormalkan lagi penglihatan secara bertahap. Cobalah melihat suatu objek yang cukup dekat selama beberapa detik lalu beralihlah ke objek lain yang berada lebih jauh sedikit dengan cepat. Pastikan ke dua mata anda focus pada satu target sebelum anda melakukan gerakan penglihatan mata secara berpindah-pindah.

4. Lensa Mata


Anda bisa meminta tolong atau berkonsultasi dahulu ke pada ahli medis untuk menggunkan lensa mata. Penderita mata juling lebih sering menggunakan terapi ini karena tidak menimbulkan rasa sakit selama di gunakan. Sebelum menggunakan pastikan anda telah memriksakan pada dokterterlebih dahulu agar lensa yang anda gunakan sesuai hal ini supaya meminimalisir gangguan mata yang terjadi.

5. Latihan Memindah Target


Setelah tadi anda membahas latihan focus benda yang jauh dan dekat kini anda juga perlu melatih untuk memindah target. Latihan ini tujuannya agar otot mata kuat sehingga kedua mata bisa focus pada objek yang sama walaupun bergeraknya lebih jauh dan secara bertahap.

Cara melatihnya, rentangkan tangan kedepan dan pegang objek setinggi mata, lalu gerakan secara perlahan ke depan menuju ujung hidung. . Jauhkan kedua focus mata dari objek ketika penglihatan telah buram.Untuk melakukan gerakan ini usahakan anda meminta bantuan orang lain agar memberi tahu ketika terjadi penyimpangan.

6. Plester Mata


Terapi dengan menggunakan plester mata pastikan anda dalam wawasan orang yang ahli. Terapi dengan menutup salah satu mata sesuai dengan yang di anjurkan para ahli sebaiknya dalam kurun waktu yang berkala. Dengan menggunakan latihan satu ini di fokuskan bagi penderita mata juling dengan kemungkinan disebabkan oleh pelemahan otot mata. Terapi ini hanya efektif jika dilakukan pada anak utamanya saat berusia dini.

7. Memijat Mata


Orang-orang biasanya memijat mata dengan tujuan agar pengllihatan tidak terlalu rabun, hal itu memang benar. Selain itu memijat mata juga dapat dijadikan terapi bagi orang yang mengalami kelainan mata juling. Caranya, cukup anda pijat bagian kelopak mata dengan perlahan dan jangan terlalu menekan dalam kondisi mata terpejam. Gunakan metode ini secara rutin selain dapat menyembuhkan mata juling juga akan merilekskan mata.

8. Game Tetris


Kebanyakan memainkan game memang dapat merusak mata, tetapi kini di luncurkan game yang di gunakan untuk terapi mata juling. Pernah di lakukan penelitian terdapat dua kelompok, kelompk A di bagikan kaca mata khusus dan di jadwalkan memainkan game tetris secara rutin. Sedangkan kelompok B hanya di bagikan kaca mata khusus tanpa di suruh memainkan game tetris. Setelah beberapa waktu di lakukan pemeriksaan, kelompok A memiliki perkembangan mata yang meningkat di banding kelompok B.

9. Operasi


Mengambil tindakan yang instan agar mata dapat normal kembali dengan cara mengoperasi. Karena disimpulkan jika mat juling di derita lantaran kelainan genetk akan anatomi organ mata secara garis besar maka tindakan pembedahan. Bagi anda yang ingin mengambil tindakan ini janganlah tut, operasi yang di lakukan hanya operasi kecil-kecilan dengan meyayat bagian putih mata untuk meneyrasikan utamanya otot mata yang berperan enting dalam mengendalikan mata normal.

10. Asupan Nutrisi


Jika anda hanya melakukan terapi saja tetapi asupan nutrisi yang anda makan tidaklah sehat tetap saja terapi yang anda gunakan tidak akan berjalan mulus. Anda perlu mencukupi asupan nutrisis yang mengandung zinc dan riboflavin yang mana kedua kandungan itu sangatlah bagus untuk merilekskan syaraf dan otot organ penglihatan. Juga riboflavin yang di sebut juga dengan vitamin B2 sangat bags untuk mengatasi mata lelah. Adapun kandungan seperti ini dapat di temukan di beberapa sayuran yaitu bayam, tomat, serta brokoli.

Terapi Mata Juling Lainya :


11. Kaca Mata Prisma

12. Penyambungan dan Pemendekan Otot Mata

13. Olah Raga Mata

14. Gerakan Memutar mata


Beberpa tips untuk mengenai terapi mata juling diatas dapat anda coba. Usahakan ketika melakukan terapi tersebut ada orang yang tepat dan mengerti supaya terapi yang di lakukan dapat membawakan hasil yang memuaskan. Jika anda ingin hasil yang lebih cepat anda juga bisa gunakan cara medis yang di berikan oleh dokter nantinya.