Langsung ke konten utama

4 Perbedaan Asam Urat dan Rematik yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan Asam Urat dan Rematik - Asam urat dan rematik merupakan jenis penyakit yang sering umum dialami oleh orang yang memiliki pekerjaan berat. Banyak orang yang masih belum memahami secara benar tentang kedua penyakit ini sehingga banyak yang menganggap bawah kedua penyakit ini sama. Namun pada kenyataannya ada banyak sekali perbedaan asam urat dan rematik yang terjadi pada penderitanya.


Perbedaan Asam Urat dan Rematik


Asam Urat


Penyakit asam urat sangat erat kaitannya dengan mengonsumsi zat purin yang berlebihan. purin yang dikonsumsi oleh tubuh akan diubah menjadi asam urat. Namun apabial kadarnya berlebihan, ginjal tidak mampu untuk mengeluarkannya sehingga kristal asam urat akan menumpuk pada daerah persendian. Hal inilah yang disebut dengan asam urat dimana akan di tandai dengan nyeri pada sendi, bengkak, dan terjadi peradangan.

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang dikonsumsi. Zat purin sendiri merupakan zat yang terkandung dalam tubuh makhluk hidup lainnya. Hal ini berarti zat purin yang berada pada makhluk hidup, akan masuk kedalam tubuh manusia apabila dikonsumsi.

Zat purin paling banyak berasal dari sayuran, buah- buahan, ataupun daging yang sering dikonsumsi. Selain dari bahan – bahan tersebut, purin juga bisa di peroleh dari hasil perusakan sel – sel tubuh yang terjadi secara ilmiah secara normal ataupun disebabkan karena penyakit. Biasanya terjadinya penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan zat purin tersebut di dalam tubuh.


Baca Juga: 17 Pencegahan dan Pengobatan Asam Urat

Rematik


Rematik merupakan penyakit yang sangat menyakitkan karena akan menimbulkan nyeri, bengkak, dan peradangan pada sendi atau otot. Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh yang normal.

Penyakit rematik ini menyerang pada bagian tubuh anggota gerak, seperti sendi, tulang, otot, dan jaringan sekitar sendi. Biasanya penderita akan merasakan anggota gerak terasa nyeri dan sangat menyakitkan serta kaku untuk digerakkan.


Baca Juga : 30 Obat Tradisional Rematik Yang Paling Ampuh

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan asam urat dan rematik yang perlu kamu tahu. Dengan adanya pengetahuan tentang perbedaan tersebut, Anda akan bisa menanganinya secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
  1. Salah satu perbedaan asam urat dan rematik yaitu dari pengertian penyakit rematik memiliki arti yang lebih luas dari pada asam urat. Asam urat merupakan salah satu gejala dari penyakit rematik. Namun rematik belum tentu di sebabkan oleh asam urat. Hal ini yang masih menjadi salah kaprah banyak orang.
  2. Gejala rematik biasanya hampir dirasakan pada seluruh bagian tubuh seperti bahu, pinggang, leher, pengapuran di sendi, infeksi atau sebagainya. Sedangkan asam urat lebih spesifik pada rasa nyeri yang terjadi di persendian tulang. 
  3. Ditinjau dari penyebabnya, kedua penyakit tersebut juga memiliki perbedaan yang mencolok. Asam urat disebabkan oleh kandungan kadar asam yang ada di dalam darah sehingga terjadi penumpukan asam urat pada daerah persendian dan tulang.
  4. Sedangkan penyebab dari penyakit asam urat bisa akibat dari pengapuran sendi, reaksi dari sistem kekebalan tubuh, infeksi, atau masalah lainnya.
  5. Rematik bisa dihilangkan dengan cara memijatnya pada daerah yang sakit, sedangkan asam urat cenderung lebih susah untuk dihilangkan. Kamu dapat

Itulah beberapa perbedaan asam urat dan rematik yang perlu Anda tahu. sebaiknya apabila ragu tentang penyakit yang dialami segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis penyakit sejak dini. Penyakit tersebut apabila tidak segera diobati akan memicu timbulnya penyakit berbahaya lain.

Untuk mencegah datangnya penyakit tersebut, tentu yang perlu Anda lakukan pertama kali yaitu menjaga pola hidup sehat, dengan mengatur pola makan, memilih makanan yang sehat, istirahat yang cukup, kurangi begadang, serta olahraga dengan teratur. Minum air putih yang cukup juga akan membantu melemaskan otot, tulang, dan sendi .

Dengan menjaga pola hidup sehat seperti itu, bukan hanya terhindar dari penyakit rematik dan asam urat saja. Namun kamu akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Jangan lupa pula untuk memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan gejala – gejala tersebut agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang cepat serta tepat. Anda juga dapat membaca artikel tentang penyakit lainnya.