Langsung ke konten utama

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kuku Kuning

Penyebab Kuku Kuning - Kuku yang berwarna dan berbentuk aneh bisa menjadi salah satu indikator penyakit serius seperti penyakit liver, paru-paru, ginjal, atau kekurangan nutrisi. Meski begitu, kuku yang berwarna kuning bisa jadi tidak menunjukkan masalah organ tubuh bagian dalam.

Kuku yang sehat pada umumnya berwarna merah muda. Perubahan warna dan kondisi kuku jarang menjadi petunjuk pertama dari adanya penyakit serius dalam tubuh. Pada kebanyakan kasus, penderita akan menunjukkan tanda-tanda atau gejala penyakitnya, sebelum perubahan warna pada kuku menjadu terlihat jelas. Simak penyebab dan gejala kuku kuning berikut ini.

Kuku Kuning


1. Bronkitis kronis


Penyebab dan gejala kuku kuning memang harus diwaspadai sebagai bentuk pencegahan adanya penyakit kronis lain. Penyebab pertama adalah masalah pada paru-paru, bronkitis kronis adalah keadaan peradangan dan juga iritasi pada paru-paru yang memicu bronkus memroduksi lendir secara berlebihan. Sebagai reaksinya akan mengeluarkan mukosa/lendir tersebut melalui batuk dan perubahan warna kuku menjadi kuning turut timbul.

2. Diabetes


Penyebab kuku kuning yang lainnya adalah karena adanya diabetes. Diabetes adalah  jenis penyakit kronis yang terjadi karena tingginya gula darah. Selain kuku menjadi kuning, diabetes juga disertai keluhan lain seperti, berkurangnya massa otot, pandangan yang kabur, luka yang tidak lekas sembuh, dan lain-lain.

3. Efusi pleura


Efusi pleura adalah kondisi penyakit pada selubung paru yang terdapat penumpukan cairan. Sebenarnya cairan tersebut berguna sebagai pelumas yang membantu kelancaran pergerakan paru-paru ketika bernapas.Akan tetapi terlalu banyak cairan juga dapat menyebabkan gejala-gejala tertentu, salah satunya adalah kuku menjadi kuning.

Efusi pleura juga bisa terjadi akibat rembesan cairan yang keluar dari pembuluh darah, yang dipicu oleh rendahnya kadar protein dalam darah dan tekanan balik di dalam pembuluh darah. Selain kuku menjadi kuning, gejala lain yang dialami adalah demam, batuk, sesak napas serta nyeri dada.

4. Rematik/Rheumatoid Arthritis


Rematik adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit pada otot ataupun persendian, karena adanya peradangan dan pembengkakan. Rheumatoid Arthritis adalah salah satu jenis dari rematik, dimana kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Penyakit ini berpotensi untuk menyerang bagian sendi manapun.

Rheumatoid arthritis bila tidak segera diatasi akan berkembang dan menyebabkan kerusakan dan perubahan bentuk permanen pada sendi. Sehingga,  pergerakan sendi mulai terbatas dan yang paling ekstrem adalah fungsi sendi bisa hilang sepenuhnya.

5. Lymphedema


Lymphedema adalah penyebab lain dari berubahnya warna kuku menjadi kuning.  Lymphedema adalah kondisi pembengkakan yang terjadi karena adanya hambatan atau gangguan sistem limfatik. Pembengkakan biasanya terjadi pada salah satu atau kedua lengan dan tungkai. Penyakit ini lazim ditemukan pada wanita yang menjalani perawatan kanker payudara.


6. Sinusitis kronis


Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding sinus. Penyakit ini perlu diwaspadai karena bisa menjangkit semua umur termasuk anak-anak.

Sinusitis dapat disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Sedangkan pada anak-anak, disebabkan oleh alergi, tertular penyakit dari anak-anak lain, menggunakan dot dengan berbaring, dan berada pada lingkungan berasap.

7. Merokok


Kuku kuning juga dapat disebabkan dari kebiasaan merokok  akut. Kandungan pada rokok yang membahayakan kesehatan dapat merusak kesehatan organ paru-paru. Kebiasaan ini bila berkelanjutan dapat memicu kanker paru-paru, merusak kesehatan kulit dan kuku.

8. Infeksi jamur


Infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab kuku kuning. Infeksi dapat terjadi karena kebiasaan tidak sehat seperti mengenakan sepatu ketat, menggunakan kaos kaki basah ataupun tidak menjaga kebersihan kuku. Pada kondisi ekstrem infeksi jamur juga menyebabkan kerapuhan dan terlepasnya kuku dari jaringan kulit.

9. Sering mengacat kuku


Sering mengecat kuku menjadi penyebab kusus untuk perempuan yang mengalami kuku kuning. Kebiasaan mengecat kuku lazim dilakukan oleh kaum hawa, untuk memperindah warna pada permukaan kuku. Faktanya, terlalu sering menggunakan cat kuku akan merusak warna natural pada kuku itu sendiri. Penyebabnya terjadi karena kandungan pada cat kuku dapat menghilangkan oksigen yang berguna untuk mempertahankan warna pada kuku.

Meski terlihat sepele kesehatan kuku wajib anda perhatikan. Adanya perubahan sekecil apapun pada kondisi tubuh normal dapat menjadi penanda adanya organ dalam yang mungkin bermasalah. Selain mengetahui penyebab, gejala kuku kuning juga harus diwaspadai. Gejala ini sering diawali dengan hilangnya warna natural kuku, menebalnya kuku dan pertumbuhan kuku baru yang lambat.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …