Langsung ke konten utama

15 Penyebab Jamur Kuku dan Cara Mudah Menghilangkannya

Penyebab Jamur Kuku dan Cara Menghilangkannya - Dalam istilah medis, infeksi jamur kuku disebut dengan onikomikosis atau Tinea unguium. Ini merupakan infeksi jamur yang menyerang kuku, baik kuku jari tangan ataupun kuku jari kaki.


Jamur Kuku


Infeksi berkembang secara perlahan dan menyebabkan kuku menjadi berubah warna, menebal, dan terdistorsi. Seringkali menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Kadang-kadang, kulit terdekat juga dapat terinfeksi dan menjadi gatal dan retak atau merah dan bengkak. Berikut adalah penyebab jamur kuku.

1. Menderita penyakit diabetes


Penyebab jamur kuku yang pertama adalah karena menderita diabetes. Diabetes adalah salah satu penyekit kronis yang disebabkan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Tingginya kadar gula ini diawalli adanya produksi insulin yang rendah, sehingga tidak dapat menyerap dan memproses glukosa  menjadi energi.

Kondisi tingginya kadar gula ini juga menjadikan penderita diabetes rentan pada  onikomikosis. Jamur akan masuk dan menginfeksi kuku, menjadikan kuku terlihat kusam dan buruk. Bila dibiarkan tidak hanya menyerang pada kuku, tetapi juga dapat menginfeksi jari.

2. Sepatu terlalu sempit


Sepatu terlalu sempit juga menjadi penyebab lain jamur kuku. Pemakaian sepatu yang terlalu sempit menjadikan kaki sulit untuk bergerak dan bernafas, lebih dari itu kakipun akan lebih mudah berkeringat.

Jamur kuku sendiri pada dasarnya lebih sering menyerang tangan dari pada kaki. Ditambah kondisi sepatu terlalu sempit akan dapat menjadikan jamur lebih rentan menginfeksi. Jamur mudah hidup pada area gelap, hangat dan lembab, menjadikan sepatu sempit dapat digolongkan sebagai penyebab jamur tumbuh pada kuku.

3. Berada di lingkungan yang lembab


Lingkungan lembab adalah lingkungan yang disukai untuk tempat tumbuh jamur. Oleh karenanya, sering berada di lingkungan yang lembab bisa meningkatkan resiko kuku terinfeksi jamur. Gejala yang sering tampak karena infeksi ini adalah lapisan kuku yang menebal, berwarna kehitaman, dan rapuh.

Untuk menghindari resiko terkena jamur kuku, biasakan untuk mengelap kaki terlebih dahulu sebelum memakai kaos kaki ataupun sepatu dan gunakan alas kaki pada tempat-tempat umum yang bersifat lembab, sepeti kamar mandi atau pinggiran kolam renang.

4. Usia tua


Usia lanjut juga dapat menjadikan kuku mudah terinfeksi jamur.  Jamur akan mudah tumbuh karena adanya aliran darah yang tidak lancar.  Meski tidak terdengar serius kondisi ini bila dibiarkan terus berkelanjutan penderita akan mengalami kesulitan untuk memakai sepatu ataupun berjalan.

Jika infeksi jamur sudah terlanjur terjadi obat poles kuku, obat krim kuku dan obat anti-jamur oral dapat digunakan. Selain itu, pengobatan medis seperti pencabutan kuku dan terapi laser dan cahaya juga dapat membatu adanya infeksi jamur pada kuku.

5. Kerusakan pada kulit dan kuku kaki


Kerusakan pada kulit adan kuku juga dapat menjadi penyebab kuku terinfeksi jamur. Kuku akan menebal dan lebih parah lagi kuku dapat berubah warna menjadi hitam, akibat penumpukan kotoran pada jaringan kuku.

Jamur berkembang pada lingkungan lembap dan hangat.  Selain itu, Jamur juga dapat masuk ke dalam kulit melalui luka sayatan yang sangat kecil  dan menimbulkan masalah jika kuku sering terpapar kondisi hangat dan lembab.

6. Rutin memakai kosmetik pada kuku


Kosmetik kuku memang menjadikan kuku terlihat cantik dan menarik. Tidak hanya sekedar  cat kuku, saat ini sudah dikembangkan kosmetik kuku nail art dimana kadang kala kuku juga ditempel beberapa aksesoris untuk terlihat lebih indah. Namun, yang perlu disadari adalah kuku yang sering terkena zat kimia akan menjadi tidak sehat dan mudah terinfeksi jamur.

7. Sering menggigit kuku


Sering menggigit kuku memang bukanlah kebiasaan yang baik. Kuku yang tidak dipotong dengan gunting kuku akan mudah mengalami cidera. Adanya permukaan kuku yang tidak rata atau terkelupasnya lapisan kuku atas karena gigitan juga menjadikan kuku mudah terinfeksi.

Baca Juga : 35 Cara Pencegahan dan Pengobatan Kuku Kuning


Cara Mengatasi Jamur Kuku 


Metode paling efektif untuk membersikan atau mengatasi supaya jamur pada kuku anda hilang yaitu dengan obat alami. Obat alami pembersih jamur kuku yaitu bawang putih, minyak zaitun, kunyit, minyak kelapa dan baking soda.

Timbulnya jamur pada kuku mungkin terdengar sepele, namun bila terus berkelanjutan tanpa penanganan dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah.