Langsung ke konten utama

21 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Paling Mujarab

Obat Radang Tenggorokan - Sakit tenggorokan merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada organ tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau virus pada saluran pernapasan tersebut. Penyakit ini umumnya dapat menyerang siapa saja terutama anak – anak dan remaja. Mengingat penyakit ini sangat mengganggu perlu adanya penanganan dengan cepat untuk mengobati sakit tenggorokan, salah satunya menggunakan obat radang tenggorokan yang alami.

Tenggorokan, Radang Tenggorokan, Penyakit Tenggorokan


Biasanya sakit pada tenggorokan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun apabila penyakitnya masih belum sembuh dalam waktu satu minggu, segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang menyebabkan peradangan pada tenggorokan tersebut. Penanganan radang tenggorokan dapat segera diatasi dengan menggunakan obat radang tenggorokan berikut.

1. Air garam


Salah satu obat radang tenggorokan yang sangat ampuh yakni air garam. Dalam garam mengandung antiseptik yang dapat mengobati radang dengan cepat. Cara membuatnya yaitu cukup menyeduh beberapa garam dengan air hangat, kemudian jadikan campuran ini sebagai obat kumur setiap hari.

2. Sup ayam


Sup ayam merupakan makanan yang sangat lezat dan sehat. Hal ini dikarenakan sup hangat yang masuk tenggorokan akan meredakan radang di dalam tenggorokan. Namun janganlah menambahkan dengan merica dan sambal karena akan menyebabkan peradangan semakin besar.

3. Wedang jahe


Wedang jahe merupakan minuman hangat yang dibuat dengan cara mencampurkan air panas dengan beberapa jahe. Minuman yang kaya akan zingiberi ini akan menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat. Namun untuk menggunakan obat dari bahan ini jangan terlalu berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

4. Minyak kayu putih


Minyak kayu putih memang terkenal khasiatnya untuk menghangatkan badan. Hal inilah yang akan membantu mengatasi masalah radang tenggorokan. cara menggunakannya yaitu dengan meneteskan minyak kayu putih pada air hangat atau panas, kemudian hirup uapnya secara perlahan. Uap tersebut akan masuk ke dalam tenggorokan dan memulihkan kondisi radang.

5. Air putih


Air merupakan unsur yang terbesar yang ada di dalam tubuh manusia. Apabila kekurangan air maka akan menyebabkan masalah serius seperti dehidrasi dan gangguan pada tenggorokan. oleh sebab itu minumlah air putih dengan cukup agar tenggorokan kembali lancar. Anjuran untuk minum air putih ini adalah sebanyak 8 gelas setiap harinya atau lebih.

6. Madu


Madu yang diperoleh dari lebah asli tanpa dicampur dengan bahan tambahan lain memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Kandungan yang ada di dalamnya akan membunuh kuman dan virus dengan cepat. Radang pada tenggorokan pun sangat mudah diatasi dengan madu murni tersebut.

7. Cengkih


Bahan herbal yang satu ini sangat efektif untuk memperkecil radang pada tenggorokan. Cara penggunaannya yakni dengan menjadikannya sebagai obat kumur bersama air hangat. Dengan melakukan cara ini secara rutin, risiko radang pada tenggorokan bisa hilang dengan cepat.

8. Teh hangat


Teh hangat juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tenggorokan. Teh yang sangat ampuh dan memiliki manfaat yakni teh yang tidak ditambahkan gula atau teh tawar. Untuk menciptakan rasa manis, kamu bisa menggunakan madu alami yang aman dan menambah manfaat dari teh tersebut.

9. Cuka sari apel


Makanan yang berasal dari hasil fermentasi apel ini mengandung zat yang bersifat antioksidan dan antibakteri yang cukup banyak. Sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin, gejala peradangan pada tenggorokan akan mudah untuk dihilangkan dalam hitungan hari.

10. Jeruk lemon


Lemon merupakan buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. Buah ini juga memiliki rasa yang menyegarkan sehingga apabila dikonsumsi setiap hari akan menyebabkan tenggorokan menjadi lega dan terhindari dari risiko peradangan.

Baca Juga : 36 Makanan Tidak Sehat Penyebab Radang Tenggorokan


Obat Radang Tenggorokan Lainnya :


11. Bawang putih
12. Kayu manis
13. Buah delima
14. Jeruk nipis
15. Belimbing
16. Daun kemangi
17. Buah pisang
18. Buah apel
19. Cuka sari apel

Baca Juga: 6 Langkah Cepat Mengobati Radang Tenggorokan


Beberapa jenis obat radang tenggorokan alami diatas sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi. Bahan-bahan untuk membuat obat radang tenggorokan tersebut sangat mudah untuk didapatkan, sehingga kamu harus menyediakannya di rumah agar keluarga bisa terhindar dari penyakit semacam radang tenggorokan ini.