Langsung ke konten utama

6 Jenis Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh untuk Tubuh

Riwayat penyakit gula darah memang perlu diwaspadai karena penyakit ini cukup serius dan sering terjadi pada seseorang yang tidak mengatur pola makan dan aktiitas keseharian. Tingginya kadar gula dalam darah bisa  diakibatkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tanpa diimbangi dengan olahraga apalagi sering mengkonsumsi makanan yang manis manis.

Bagi perempuan penyakit ini juga sering menerjang akibat konsumsi pil KB atau mengalami stres berat. Jika kadar gula sudah naik, maka kondisi tubuh akan merasa sakit dan tidak fit. Melakukan aktivitas terganggu terlebih lagi penyakit ini sangat rentan pada usia lanjut.

6 Jenis Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh untuk Tubuh

Namun ada cara mengatasi tingginya kadar gula dalam darah hanya dengan beberapa minuman dibawah ini. Berikut ulasanya :

1. Teh Hijau


Biasa  orang mengenal dengan sebutan green tea. Minuman khas orang jepang ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, konsumsi gree  tea juga mampu mengurangi resiko penuaan dini dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anti oksidan yang tinggi dalam setiap tetes green tea berguna bagi keberlangsungan hidup.

Fungsi teh hijau ini sebagai minuman penurun kadar gula dalam darah juga sangat efektif. Dimana jika dikonsumsi secara teratur setidaknya 2 x dalam sehari mampu mengurangi resiko diabetes. Bahkan bagi penderita diabetespun yang kadar gula darahnya tinggi dapat diatasi dengan minuman ini. Teh hijau dapat mencegah penderita diabetes tipe 1 agar tidak naik level pada tipe 2. Sangat bermanfaat bukan.

2. Ekstrak Kulit Manggis


Minuman dari ektrak kulit manggis sangat efektif sebagai alternatif alami penurun gula darah. Kulit manggis memiliki zat detoksifikasi tinggi dan antioksodan. sehingga mampu menurunkan kadar gula darah sangat cepat dan efisien. senyawa xanthone yang sudah terkenal bahkan mampu menyembuhkan penyakit diabetes.

Senyawa ini mampu meningkatkan zat insuline tubuh sehingga kembali pada kadar normal. Caranya adalah cukup merebus beberapa kulit manggis yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus dengan air secukupnya. Dinginkan dan konsumsi 2x sehari. Jika kadar gula darah Anda sudah turun segera hentikan.

3. Minuman Bawang Putih


Terdengar aneh memang jika bawang putih dibikin dalam sebuah minuman. padahal fungsi utama dari bawang putih adalah bumbu dapur yang membuat masakan menjadi lebih  enak. Tetapi senyawa dalam bwang putih mampu menghancurkan kadar gula dalam darah yang menumpuk. sehingga, kadar insulin dalam tubuh mampu dalam keadaan normal dan metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Senyawa dalam bwang merah ini diantaranya adalah aliicin, propil disulfida, sulfoxide dan senyawa allylcynnie. Cara membuat minuman ini cukup mudah hanya dengan menghancurkan 2-3 siung bawang merah dalam blender. Campurkan sedikit lemon dan seduh dengan air hangat. Minum setidaknya 2 x sehari jika Anda mengalami tingkat kadar gula dalam darah tinggi.

4. Minuman Buah Mengkudu


Minuman ini terbilang paling efektif sebagai penurun gula dalam darah. Senyawa terpenoid didalam mengkudu terbukti secara klinis mampu merevitalisasi sel sel beta dalam pankreas. sehingga produksi insulin dapat sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Hal ini akan mengurangi resiko kenaikan gula darah ataupun mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Cukup membuat jus buah ini dan minum setidaknya 2 x sehari. Ketika kadar gula darah sudah normal, segera hentikan konsumsi ini karena bisa berbahaya jika berlebihan.

5. Khasiat minuman Kayu manis


Minuman ini mampu mencegah kadar gula darah yang sedang naik. Hal ini berkaitan dengan sari kayu manis yang memiliki senyawa trigliserida yang efektif meningkatkan insulin dalam tubuh. Apalagi, senyawa tersebut juga bermanfaat mengurangi lemak jenuh yang bisa mengakibatkan penyakit kolesterol.

Anda dapat membuat minuman ini dengan mudah hanya merendam 3 batang kayu manis pada segelas air panas. Tunggu hingga hangat dan minumlah 2x sehari.

6. Minuman daun Insulin


Sudah tertera dalam namanya bahwa daun ini dikenal sebagai daun insulin. Pohon ini tumbuh cepat dan memiliki ciri seperti pohon singkong. Daunya melebar bertangkai 5 seperti jari. daun ini sangat efektif sebagai penurun gula darah.

Cukup merebus 3-5 lembar daun insulin dengan 2 gelas tunggu hingga menyusut menjadi 1 gelas. Konsumsi selama paling tidak 2 x sehari dengan jarak 3 hari saja. Pasti kadar gula Anda langsung turun dan hentikan jika Anda sudah merasa normal.


Baca Juga: 11 Efek Samping Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Penyakit gula darah yang sering menyerang sangat rentan akibat kurangnya aktivitas yang menguras tenaga. Apalagi sering makan cemilan dilarut malam memicu penyakit ini. Hindari makanan manis manis dan atur pola makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan lebih bermanfaat untuk mencegah penyakit ini.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …