Langsung ke konten utama

14 Minuman Penambah Stamina Pria dan Wanita yang Patut Dicoba

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Meluangkan waktu berolahraga, istirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi, dan menjauhi rokok adalah serangkaian aktivitas gaya hidup sehat demi memperoleh tubuh bugar dan berstamina.

Namun saat Anda butuh tambahan energi ekstra dalam waktu yang relatif cepat, minuman berenergi penambah stamina yang alami dan sehat adalah pilihan tepat. Mengkonsumsi minuman penambah stamina dapat segera mengembalikan energi tubuh yang hilang.

14 Minuman Penambah Stamina Pria dan Wanita yang Patut Dicoba

Berikut 14 minuman sehat penambah stamina bagi pria dan wanita.

1. Susu Kacang Kedelai


Kedelai yang direbus kemudian digiling dan diambil sarinya akan menghasilkan susu yang baik dan aman bagi kesehatan. Kandungan vitamin B kompleks, protein dan zinc dalam susu kedelai adalah asupan energi komplit bagi tubuh. Stamina yang drop akan kembali pulih dengan meminum segelas susu kacang kedelai.

2. Air Madu


Khasiat madu terhadap kesehatan tak perlu diragukan lagi. Mencampurkan madu murni dalam minuman hangat bisa menjadi alternatif asupan energi saat tubuh terasa lelah. Energi yang hilang akan segera terganti dengan vitamin, mineral dan glukosa alami dalam madu. Mengkonsumsi air madu secara rutin juga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda akan tidak mudah sakit.

3. Air Jeruk


Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan mineral. Selain nikmat dikonsumsi langsung, buah jeruk dapat dibuat minuman penambah stamina. Dengan cara ini, nutrisi dalam buah jeruk akan lebih mudah dan cepat di serap oleh tubuh. Rutin mengkonsumsi air jeruk setiap pagi dan malam dapat membuat tubuh senantiasa terasa segar dan berstamina.

4. Susu dan Apel


Bosan dengan rasa susu yang setiap hari diminum. Anda dapat membuat minuman penambah stamina yang tetap terasa nikmat. Campuran susu dengan jus apel adalah asupan energi yang baik bagi tubuh. Susu kaya akan protein dan kalsium sedangkan buah apel kaya akan vitamin C dan serat. Rasa sedikit asam dari buah apel akan menimbulkan efek segar pada minuman ini.

5. Jus Pisang


Buah pisang mengadung berbagai vitamin diantaranya, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium dan zat lainnya. Daging buah adalah bahan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Setiap 100 gram pisang mengandung sekitar 90-93 kalori. Sehingga jus pisang mampu menjadi jawaban untuk tubuh yang memerlukan energi dengan segera.

6. Kunyit Asem


Umum tergolong sebagai minuman jamu tradisional khas Indonesia. Ramuan herbal yang terbuat dari rempah kunyit dan asam jawa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Zat anti peradangan dan vitamin C dalam kunyit bertindak sebagai antioksidan yang menangkal berbagai virus dan bakteri. Rutin meminum kunyit asam akan mampu meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh.

7. Air Kelapa


Tubuh yang lelah dan tak berstamina biasanya di sebabkan karena dehidrasi. Air kelapa mengandung banyak isotonik alami yang mampu me-rehidrasi tubuh dengan segera, dengan begitu sistem metabolisme tubuh akan bekerja secara normal. Energi dalam tubuh pun akan tersalurkan dalam berbagai jaringan tubuh seperti syaraf, otot, tulang maupun sendi.

8. Minuman Jahe Merah


Selain sebagai penambah stamina, minuman berenergi yang satu ini juga mampu menghangatkan badan. Minuman jahe atau orang biasa sebut wedang jahe ini memang cocok di minum saat cuaca dingin atau saat badan sudah terasa tidak enak. Jahe merah mengandung lebih banyak minyak atsiri dibanding jahe biasa. Senyawa inilah mampu membuat badan terasa hangat, mempercepat denyut jantung, dan memperlancar peredaran darah.

9. Jus Mengkudu


Mungkin tak banyak yang tahu kalau jus mengkudu juga adalah minuman penambah stamina yang baik. Meminum jus mengkudu secara rutin akan menjaga kesehatan ginjal, liver, pankreas dan lambung. Selain itu vitamin, mineral, protein dan senyawa terpenoid mampu memulihkan sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga tubuh akan cepat kembali bugar. 

10. Kopi


Minuman kopi sering dijadikan sebagai pembuka mengawali hari. Alasannya minuman hitam yang satu ini mampu membuat orang lebih bersemangat dan berenergi. Kandungan kefein dalam kopi memang mampu membuat denyut jantung lebih cepat, peredaran darah lancar dan meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh. Sehingga kalori akan cepat terbakar menjadi energi.


Baca Juga: 13 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh yang Paling Efektif

Beberapa minuman penambah stamina lainnya adalah :

Minuman Penambah Stamina Lainnya


11. Teh Manis Hangat
12. Sekoteng
13. Beras Kencur
14. Jus Wortel

Saat kondisi tubuh menurun badan akan terasa lemas, pegal-pegal, fokus dan konsentrasi terganggu, serta malas beraktivitas. Untuk mengatasinya Anda dapat meminum minuman penambah stamina. 14 minuman penambah stamina di atas dapat Anda coba untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang serta menjaga kesehatan.