Langsung ke konten utama

13 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh yang Paling Efektif

Daya tahan tubuh adalah suatu sistem yang di pengaruhi banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk membantu dalam menjaga kondisi daya tahan tubuh agar tetap bugar harus diimbangi dengan makanan dan minuman yang sehat dan alami. Minuman penambah daya tahan tubuh alami yang dapat dipilih adalah yang tanpa adanya tambahan pemanis buatan serta zat pengawet didalamnya.

Manfaat yang di peroleh dari minuman penambah daya tahan tubuh alami adalah membuang toxin yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh terbebas dari penumpukan racun yang berbahaya, tidak mudah terserang flu dan virus dari orang lain serta mempertahankan konsentrasi dan daya ingat seseorang.

13 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh yang Paling Efektif

Adapun jenis minuman yang dapat di jadikan sebagai penambah daya tahan tubuh alami, sebagai berikut :

1. Teh hijau


Teh hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat polifenol pada teh hijau sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. ada baiknya meminum teh hijau pada pagi hari, karena manfaatnya akan langsung terasa pada sorenya.

2. Yogurt


Yogurt merupakan minuman dari fermentasi susu sapi dan di campur perasa buah-buahan. Yogurt dapat dijadikan sebagai minuman untuk penambah daya tahan tubuh, karena minuman ini termasuk dalam probiotik. Yogurt di dalamnya terdapat bakteri baik yang di perlukan tubuh untuk menambal sel darah putih dan kekebalan tubuh.

3. Jus jeruk


Jus jeruk sangat baik untuk penambah daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C pada jeruk, bagus meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan bakteri jahat. Selain itu vitamin C berguna untuk memperbaiki kerusakan sel dan menjaga imunitas tubuh.

4. Jus brokoli


Sayuran brokoli kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. meminum jus brokoli dapat berguna untuk menambah dya tahan tubuh. hal ini dikarenakan kandung dalam sayuran brokoli kaya akan vitami, kalsium dan protein nabati.

5. Jus wortel dan tomat


Gabungan dari jus wortel dan tomat sangat bermanfat untuk memperkuat daya tahan tubuh. kandungan vitamin A, B komplek, zat besi, matrium dan fosfor pada wortel dan tomat mempunyai fungsi untuk meningkatkan fungsi hati. Selain jus ini nikmat, ternyata mempunyai banyak manfaat.

6. Jus mangga dan jambu bijin merah


Minuman jus dari mangga dan jambu merah sangat di gemari anak muda. Minuman ini berguna untuk meningkatkan daya tahan pada tubuh. kandungan vitamin A dan C pada kedua buah ini berguna untuk  meningkatakan sistem imun pda tubuh.

7. Susu kacang kedelai


Susu kacang kedelai di peroleh dari sari pati dalam penggilingaan kedelai. Nutrisi yang terkandung dalam sari susu kacang kedelai dapat meningkatkan daya tahan pada tubuh. kandungan yang terdapat susu kedelai adalah tinggi akan protein, kalsium, vitamin B komplek, serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

8. Air kelapa hijau


Air kelapa hijau mengandung isotonik alami yang didalamnya terdapat kalium, magnesium, kalsium, natrium, dan fosfor  yang baik untuk tubuh. manfaat meminum air kelapa hijau dapat mengembalikan daya tahan tubuh dengan cepat, karena kandungan elektrolit alami didalamnya. Air kelapa hijau sangat bagus di minum oleh orang yang sedang sakit atau keracunaan. Karena air kelapa hijau dapat menetralisir racun yang masuk dalam tubuh.

9. Jahe


Minuman jahe sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. kandungan minyak atsiri dalam jahe dapat menyehatkan pencernaan, pembuluh darah dan menangkal radikal bebas. Jahe dapat diperoleh dengan mudah dan harganya murah sangat murah. Tidak mengherankan minuman jahe, banyak di manfaatkan oleh zaman dahulu sebagai jamu tradisional.

10. Kunyit


Sejak dahulu kunyit telah dikenal sebagai ramuan untuk penambah daya tahan tubuh. banyak yang memanfaat kunyit sebagai jamu. Kandungan anti oksidan, vitamin C dan kurkumin dalam kunyitdapat menambah kualitas daya tahan tubuh. kunyit daqpat di peroleh dengan mudah di pasar, dan harganyapun tergolong murah.


Baca Juga: 15 Dampak Buruk Penggunaan Tindik Lindah untuk Kesehatan Mulut

Masih banyak lagi minuman yang dapat kita jadikan sebagai penambah daya tahan tubuh secara alami.

Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh Lainnya


11. Madu asli dan lemon
12. Jus apel
13. Jus alpukat

Banyak minuman alami yang dapat kita jadikan sebagai penambah daya tahan tubuh.  Selain itu kita harus jeli dalam memilih bahan yang akan kita pakai sebagai bahan dasar pembuat minuman. Jangan sampai bahan yang kita peroleh banyak mengandung bahan berbahaya, seperti pestisida.