Langsung ke konten utama

6 Cara Mencegah Bibir Sumbing Pada Bayi Secara Alami

Mencegah Bibir Sumbing - Bibir Sumbing adalah sebuah kelainan yang kerap terjadi pada bayi yang baru lahir, kelainan ini ditandai dengan bentuk bibir yang tidak seperti pada umumnya, terdapat bagian bibir seperti terluka. Hal ini terjadi karena adanya tekanan dan hambatan dalam perkembangan pada bayi di dalam janin. Jadi perlu untuk mengetahui pencegahan bibir sumbing.

Pada sebagian kasus, bibir sumbing terjadi karena adanya faktor genetik yang diturunkan dari orang tua si bayi, jadi akan sangat susah untuk melakukan pencegahan terhadap bibir sumbing. Lantas, apakah tidak ada cara untuk pencegahan bibir sumbing? Ternyata ada cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan pencegahan terhadap bibir sumbing.

mencegah Bibir Sumbing



Penyebab Bibir Sumbing


Menurut dokter, yang menyebabkan terjadinya bibir sumbing pada bayi adalah saat dia kekurangan asam float yang mungkin bisa anda dapatkan dalam susu ibu mengandung atau bisa anda dapatkan pada makanan secara alami. Sebenarnya, anak yang akan mengalami bibir sumbing dapat dideteksi saat sedang dalam kandungan, dengan menggunakan alat yang bernama ultrasound scan. Ibu hamil dapat melakukan pendeteksian menggunakan alat tersebut di saat usia kehamilan 18 hingga 20 minggu. Berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah bibir sumbing.

1. Jaga asupan gizi agar tetap seimbang dan sehat


Pencegahan bibir sumbing yang pertama adalah dengan menjaga asupan makanan anda agar tetap memenuhi gizi hari ibu hamil dan tetap mengonsumsi makanan sehat. Minumlah susu ibu hamil yang di dalamnya sudah terdapat nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Namun tiada salahnya apabila menggunakan makanan alami yang lebih sehat tanpa bahan kimia apapun.

Gizi seimbang yang diperlukan tubuh antara lain, vitamin, lemak, protein, karbohidrat, mineral dan kalsium untuk tetap menjaga janin anda dalam keadaan sehat. Hal tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dengan tambahan susu untuk ibu hamil agar nutrisi lainnya juga terpenuhi.

2. Berhenti merokok bagi calon ibu


Merokok akan sangat merugikan siapa saja, begitu pula dengan orang sekitar anda. Dengan tidak merokok, dapat mengurangi risiko yang mungkin menyebabkan terjadinya bibir sumbing pada bayi. Untuk anda yang sedang hamil dan perokok berat, lebih baik berhenti merokok apabila anda mendambakan buah hati yang sehat. Selain itu, merokok dapat berbahaya bagi kesehatan paru-paru yang mungkin akan menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya.

3. Mengonsumsi makanan kering pada usia kandungan 3 bulan pertama


Saat usia kandungan 1 hingga 3 bulan ada baiknya anda para ibu mengonsumsi makanan kering, karena ibu hamil masih menyesuaikan pada kehamilan. Hal ini, ditandai dengan terjadinya, mual, hilang nafsu makan, muntah dan lain-lain. Makanan kering dengan gizi yang tetap dijaga sangat disarankan bagi anda yang sedang hamil pada 3 bulan pertama.

4. Menggunakan obat anti kejang


Ibu hamil yang menderita epilepsi sangatlah disarankan untuk mengonsumsi obat anti kejang, yang akan berguna untuk mengurangi risiko terjadinya bibir sumbing. Hal ini disebabkan oleh penggabungan zat anti convulsants dan berguna untuk menurunkan risiko bibir sumbing. Akan tetapi, untuk mengonsumsi obat ini anda harus mengikuti resep dokter dan tidak berlebihan dalam menggunakannya agar tidak berakibat menjadi hal yang lebih buruk dan berujung penyakit lain yang lebih berbahaya.

5. Hindari orang yang merokok di sekitar atau perokok pasif eksposur


Selain menjadi perokok, anda juga harus menghindari perokok lain yang akan mengancam keselamatan bayi anda nantinya. Sebagai ayah perokok, anda juga harus tahu diri untuk menjauhi istri anda saat sedang merokok. Walaupun ibu dari bayi bukan perokok, dia akan tetap terpapar asap rokok saat berada di sekitar perokok aktif. Lakukan pembersihan diri, pakaian dan mulut hingga zat dalam rokok tidak menempel pada diri anda.

6. Lakukan olahraga


Olahraga memiliki segudang manfaat yang bisa anda dapatkan. Dengan berolahraga tubuh anda akan lebih segar dan lebih sehat sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membuang zat-zat yang kemungkinan menyebabkan bibir sumbing. Olahraga dengan disertai pola makan yang sehat adalah hal wajib yang anda lakukan apabila sedang hamil.

Beberapa cara alami diatas untuk dapat mencegah timbulnya bibir sumbing. Segera lakukan kebiasaan dan pola hidup sehat apabila anda mendambakan bayi yang sehat dan normal. Tidak ada ruginya anda melakukan pola hidup sehat. Sumbing adalah cacat yang terjadi akibat kelainan deformitas kongenital. Hal tersebutlah disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi.