Langsung ke konten utama

9 Cara Mencegah Penyakit Batu Empedu Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Batu Empedu - Empedu adalah organ dalam tubuh manusia yang berukuran relatif lebih kecil dibandingkan organ lainnya. Empedu memiliki banyak manfaat bagi tubuh dibalik ukurannya yang kecil. Empedu menghasilkan cairan empedu yang kemudian diekskresikan kedalam usus dan berguna untuk melakukan pencernaan lemak. Diperlukan pencegahan batu empedu agar fungsinya tetap normal.

Banyak masalah yang kerap terjadi pada empedu, salah satunya adalah batu empedu yang disebabkan oleh pengerasan pada bagian empedu. Untuk melakukan pencegahan terhadap batu empedu bisa dilakukan dengan bantuan medis, ataupun melakukannya sendiri agar dapat diobati dan menghindari terjadinya batu empedu. Berikut cara ini cara-cara mencegah timbulnya penyakit batu empedu.

Cara Mencegah Penyakit Batu Empedu


1. Melakukan diet sehat


Cara pertama untuk melakukan pencegahan batu empedu adalah dengan melakukan diet sehat. Diet yang sehat memiliki manfaat yang sangat berlimpah bagi tubuh anda, termasuk mencegah pengerasan pada organ empedu. Dengan melakukan diet anda tidak disarankan untuk mengurangi porsi makan, tetapi untuk mengurangi asupan lemak dan karbohidrat dalam tubuh, dan tetap cukupi asupan terhadap zat lain, seperti vitamin, mineral dan protein agar tubuh tetap sehat.

2. Hindari mengonsumsi alkohol


Alkohol akan sangat merugikan tubuh anda, jadi berhentilah mengonsumsi nya sejak dini agar mendapat tubuh yang sehat. Hal ini juga akan berguna untuk melakukan pencegahan batu empedu. Alkohol juga akan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada organ vital manusia, yaitu otak dan jantung.

3. Lakukan olahraga rutin


Dengan berolahraga secara rutin anda akan mendapatkan manfaat yang tak ternilai harganya. Olahraga yang rutin bisa menjadi investasi kesehatan bagi anda untuk melalui kehidupan yang lebih sehat dan fit di masa tua anda. Olah raga juga dapat mengurangi risiko pengerasan organ empedu dengan cara membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh anda. Lakukanlah olahraga rutin selama minimal 22 menit dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

4. Istirahat yang cukup dan tidak begadang


Dengan melakukan istirahat yang cukup, anda akan merasa sehat dan selalu terlihat segar bugar setiap harinya. Dengan begadang anda akan mendapati fungsi organ yang menurun saat begadang, karena jam yang seharusnya dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh anda setelah beraktivitas seharian, anda harus memaksanya bekerja lebih berat lagi. Hal tersebut akan berakibat buruk bagi kesehatan, termasuk untuk memicu terjadinya pengerasan terhadap empedu yang akan merugikan diri anda.

5. Jaga pola makan agar tetap sehat


Dengan mengatur pola makan anda yang sehat, akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengurangi risiko pengerasan terhadap organ empedu. Lakukan makan dalam 3 kali sehari dengan porsi yang tidak berlebihan dan asupan zat seperti vitamin, mineral dan protein tetap harus dijaga agar tetap sehat.

6. Mengurangi asupan kafein


Kafein pada kopi memang akan berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dibatasi dengan penggunaan wajar. Karena, kopi dapat menyebabkan risiko yang dapat memicu pengerasan pada empedu dan akhirnya terjadi batu empedu. Jadi batasi konsumsi kafein anda untuk melakukan pencegahan batu empedu.

7. Kurangi asupan karbohidrat


Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia yang sangat pending keberadaannya untuk tubuh. Namun, karbohidrat yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh anda yang akan menyebabkan kadar lemak tidak stabil, sehingga beresiko pengerasan empedu dan berujung batu empedu.

8. Batasi konsumsi lemak


Dengan membatasi asupan lemak dalam tubuh anda, anda akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Seperti, mengurangi berat badan dan mengurangi risiko kolesterol yang akan berbahaya bagi tubuh anda. Dengan mengurangi konsumsi lemak akan mengurangi risiko pengerasan terhadap empedu.

9. Mengurangi asupan gula


Asupan gula yang berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan tubuh yang pada umumnya dapat menyebabkan risiko diabetes. Selain itu, gula yang berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya pengerasan terhadap empedu. Hal ini dikarenakan kadar lemak yang tidak seimbang dikarenakan kadar gula yang tinggi.

Beberapa cara alami diatas dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit batu empedu. Tetap jaga pola hidup sehat dan periksakan diri anda secara berkala untuk menghindari adanya batu empedu. Lakukan penanganan yang tepat saat anda terkena penyakit batu empedu agar efeknya tidak memburuk dan batu empedu dapat teratasi.