Langsung ke konten utama

28 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu Diketahui

Peredaran akan minuman keras sudah sangat dibatasai bahkan dilarang keras diperjual belikan secara bebas. Alasanya adalah untuk menghilangkan penyakit masyarakat agar tidak gaduh dan menimbulkan polemik pada strata akar rumput. selain itu, bahaya alkohol didalamnya bisa saja menimbulkan permasalahan baru bagi penggemarnya.

Bisa menyebabkan kematian atau menyelakakan orang lain akibat hilangnya kesadaran. Berikut ini ada beberapa jenis minuman beralkohol yang bisa membuat Anda kehilangan kesadaran dan menyebabkan berbagai penyakit khususnya organ dalam. Bahkan ada juga kandungan yang lebih dari 70% alkohol  sehingga api bisa langsung menyala apa bila dibakar.


28 Jenis Minuman Beralkohol yang Perlu Diketahui

1. Bir


Memang banyak kalangan pemuda menyukai minuman jenis ini. Berbagai macam bir yang beredar sudah tidak bisa di indentifikasi lagi. Bahkan penyedia sudah melakukan impor terhadap minuman ini. Biasanya ditemukan di berbagai kafe atau minimarket khusus. Walapaun kadar alkoholnya sekitar 4-5%, minuman ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan hilangnya kesadaran.

2. Rum


Bisa dikatakan sebagai minuman tradisional dari fermentasi air tebu. Minuman ini sangat lekat pada budaya masyarakat dulu untuk dikonsumsi sebagai jamu atau obat tradisional. Tetapi, sekarang ini keberadaan rum susah gampang untuk dicari. Secara medis rum ini memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. pada kisaran 25-40 %. Jadi wajar, apabila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan mabuk dan rusaknya ginjal.

3. Sofi


Minuman ini hampir mirip dengan rum. Sofi merupakan fermentasi dari air pohon aren. Cukup lama membuat ini karena harus didiamkan dalam jangka waktu 3-6 bulan. Sofi ini terkenal di kalangan indonesia timur sejatinya. Kadar alkohol dalam minuman ini lebih tinggi dari rum yaitu diatas 40 %.

4. Sagero


Minuman ini juga sangat tradisional dan melekat pada budaya orang timur Indonesia. Wilayah Papua, maluku, ambon, P.Buru dan Halmahera adalah komoditi dari minuman ini. Sagero terbuat dari sari pohon sagero yang difermentasi. Sebenarnya minuman ini hanya diperuntukan untuk pesta adat. Sehingga sangat dibatasi peruntukanya. Apalagi kadar alkohol yang belum jelas secara medis akan berbahaya jika dikonsumsi secara berkelanjutan dan dosis tinggi.

5. Wine


Banyak orang mengenal minuman ini. Wine sendiri berasal dari fermentasi sari buah  anggur yang panjang. Produsen terbesar minuman ini berasal dari belAnda.  Banyak sekali jenis dari wine dan tingkatan kadar alkoholnya. Berikut ini beberapa klasifikasi wine yang umum beredar di pasaran :

a. Fortified wine dengan kadar alkohol 15-20%
b. Sparkling wine dengan kadar alkoho diatas 20.5%
c. Red Wine dengan kadar 18-20% dan populer di Indonesia
d. Sweet Wine dengan kadar alkohol dibawah 11 %
e. Rose Wine dengan kadar alkohol dibawah 20 %
f. white wine dengan kadar alkohol diatas 25%
g. Tequila

Orang bar pasti tau minuman yang wajib ada dalam setiap menu. Penggemar tequila sendiri juga sangat banyak karena memiliki banyak rasa. Biasanya minuman ini disajikan dengan campuran lemon dan air garam. Tetapi minuman ini juga bisa memabukan karena tequila sendiri sudah memiliki kadar alkohol lebih dari 20%.

7. Wiski


Sangat terkenal sebagai raja dari minuman beralkohol. Wiski adalah sebuah minuman dari fermentasi serealia dengan dicampur air dan dipanaskan. Produksinya ada banyak didaratan eropa dan disimpan dalam tong tong besar. Kadar alkohol dari minuman ini cukup tinggi dikisaran 20-50%.

8. Ciu


Bagi orang kampung minuman ini merupakan minuman beralkohol yang merakyat. Memang harganya murah dan banyak dijumpai di warung remang atau produsen. Ciu ini berasal dari fermentasi ketela pohon cair atau sisa pembuatan tape. Minuman ini sangat berbahaya karena secara medis kadar alkoholnya sangat tinggi.

9. Tuak


Minuman beralkhol dari fermentasi beras, nira atau buah yang mengandung gula. Kadar alkohol didalamnya berbeda beda tergantung produsen dan lama penyimpanan. Tuak ini akan berbahaya jika diminun dan dicampur dengan minuman energi yang bisa langsung menghentikan kerja jantung Anda.

10. Vodka


warnanya yang bening menjadi ciri khas minuman ini. Vodka ini merupakan fermentas dari gandum yang melewari beberapa proses penyulingan. Kadar alkoholnya juga sangat tinggi dikisaran 40%. Sehingga akan berbahaya bagi Anda khususnya lambung yang bisa terobek.

Baca Juga: 16 Efek Buruk Teh Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa minuman beralkohol lainya adalah :

11. Sake
12. Jaggermaster
13. margarita
14. Soju
15. Malibu
16. Koktail
17. Absinite
18. Captikus

Minuman beralkohol memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jauhkan keluarga Anda dari berbagai minuman tersebut agar kesehatan tetap terjaga. Ingat, saat ini banyak juga minuman beralkohol yang dikemas dalam bentuk yang menarik sehingga anak Anda akan terancam keselamatan masa depanya.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …